Pakai Toyota Land Cruiser, Pemerintah Qatar Imbau Warga Tetap di Rumah

Pakai Toyota Land Cruiser, Pemerintah Qatar Imbau Warga Tetap di Rumah

Bahaya pandemi virus corona mendorong banyak negara untuk mengambil langkah ekstrem. Warga diimbau untuk tetap di rumah. Qatar menjadi salah satunya. Pemerintah setempat pun sampai mengerahkan armada khusus, berupa mobil yang dipasangi pengeras suara dan ditempeli stiker pencegahan. Sebanyak 10 unit Toyota Land Cruiser disiapkan dan disebar ke berbagai area di Ibukota Doha.

Qatar memang tak masuk dalam 10 besar negara penderita virus Corona terbanyak. Namun, kasus yang dipastikan positif tetap mencapai 494. Untuk menekan penyebaran agar tak meluas cepat, pemerintah bahkan sampai mendeklarasikan larangan bagi warganya untuk berkumpul di luar rumah. Bagi yang melanggar bisa mendapat sanksi berupa penahanan.

Toyota Land Cruiser Qatar

Penggunaan mobil publikasi menjadi upaya jemput bola. Armada yang atapnya dipasangi dua pengeras suara besar itu secara konsisten menyampaikan imbauan. Sekaligus menjadi petugas patroli, untuk memperingatkan langsung kepada warga yang berkerumun di luar rumah.

"Di bawah pengawasan Kementerian Kebudayaan dan Olahraga, Pusat Kebudayaan dan Warisan Budaya Qatar telah mengalokasikan 10 mobil yang dilengkapi dengan amplifier dan speaker. Untuk meningkatkan kesadaran tentang bahaya virus corona di sejumlah daerah dengan kepadatan tenaga kerja yang tinggi, sekaligus bekerjasama dengan sejumlah agensi dan penyiar asing," kata kementerian dalam unggahannya di Twitter, seperti diwartakan Thepeninsulaqatar (24/03).

Model mobil yang dipakai tak tanggung-tanggung. Pemerintah setempat memercayakan Toyota Land Cruiser untuk mengemban tugas ini. Melihat dari foto di situs resmi dan media sosial, varian yang digunakan LC200 VXR 5.7L seharga QAR 325.000 atau Rp 1,4 miliar. Tunggangan yang sangat cocok dengan kondisi geografis Qatar. Melibas jalan berbatu atau berkontur tak rata bukan jadi masalah, lantaran ground clearance 230 mm. Dan Land Cruiser salah satu yang tersohor punya fitur serta kemampuan melaju di medan off road.

Konfigurasi jantung mekanisnya luar biasa. Meminum bensin, mesin V8 yang disematkan berkubikasi 5,7 liter. Teknologi Dual VVT-i diimplementasikan, untuk mengoptimalkan keluaran tenaga. Berdasarkan data fakta, outputnya mencapai 367 PS. Sementara momen puntir tertingginya 529 Nm yang sudah hadir sejak putaran mesin 3.200 rpm.

Fitur canggih mempermudah pengemudi dibenamkan. Land Cruiser menganut Full-time 4WD System, dengan Crawl control dan turn assist function. Ground clearance bisa diatur sesuai kebutuhan, agar area bawah mobil tak bertumbukan dengan objek asing. Ini berkat 4-wheel Active Height Control Suspension dan Adaptive Variable Suspension System. (Hfd/Tom)

Sumber: thepeninsulaqatar

Baca Juga: Pakai Mobil Listrik Mengurangi Risiko Penyebaran Covid-19, Bagaimana Bisa?

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store