Pabrik Tutup, Holden Akhiri Produksi di Australia

Pabrik Tutup, Holden Akhiri Produksi di Australia

Industri otomotif Australia dalam masa teramat suram. Setelah sebulan lalu Toyota mengumumkan berakhirnya produksi di pabrik Altona, Melbourne, sekarang disusul Holden. Sangatlah mencengangkan, mengingat brand Holden begitu tipikal negeri Kangguru. Selama 69 tahun kiprahnya, produksi Holden harus diakhiri oleh sedan Holden Commodore di pabrik Elizabeth, Adelaide.

Model terakhir ini bakal menyimpan sejarah panjang Holden yang masih menjadi bagian dari General Motors (GM). Kenangan dimulai pada 29 November 1948, saat Holden 48-125 keluar dari lantai pabrik Fishermans Bend. Kemudian dituntaskan oleh Holden Commodore VFII di pabrik Elizabeth 20 Oktober lalu. Sepanjang itu, Holden berkontribusi terhadap industri otomotif Australia, dengan total produksi 7.687.675 unit.

Holden-Commodore-VFII-02-e1442227560755-1200x539 Holden Commodore VFII

Merek berlambang singa ini tetap berkomitmen hadir di Australia, meski tidak produksi lagi di sana. Mereka menyatakan bakal mendiversifikasi bisnis agar 1.000 pekerja di Melbourne dan 6 ribuan karyawan yang tersebar di 200 jaringan diler masih tetap bekerja. Holden bahkan juga mempertahankan tim desain dan enjiniring dalam menjalankan program transportasi lokal maupun global.

Holden di Australia akan diimpor dari basis produksi yang ongkosnya lebih murah. Karena sejak 2013, semua model Holden sama dengan GM, bisa jadi produksi memanfaatkan GM Korea atau GM Thailand. Holden juga berencana meluncurkan 24 produk baru hingga 2020 sebagai bentuk komitmen mereka. Karena itu, studio desain Holden dan Lang Lang Proving Ground di Victoria tetap dipertahankan, dengan maksud mempertahankan karakter Holden yang sebenarnya.

Holden-Commodore-VFII-13-1200x800

“Berakhirnya Holden membuat mobil di Australia menjadi hari yang menyedihkan bagi pekerja dan semua warga. Inilah akhir sebuah era. Siapapun memiliki kisah bersama Holden,” komentar PM Australia, Malcolm Turnbull. Tingginya ongkos manufaktur di negara ini sudah memakan korban Ford, Toyota dan Holden.

Terlepas dari masa suram itu, Holden Commodore VFII Series produksi terakhir pabrik Elizabeth, menjadi model penuh makna dari Holden. Seri VFII, versi lebih kencang dari varian standar. Commodore VFII mendapatkan mesin lebih bertenaga dan suara knalpot menggelegar. Sumbernya berasal dari mesin LS3 V8 6,2-liter menggantikan unit 6,0-liter. Tenaga dihasilkan sebesar 407 hp dan torsi 507 Nm, yang dapat memacu 0-100 km/jam dalam 4,9 detik saja.

Baca juga: Bencana Pabrik Mobil di Australia

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil