• Wishlist

Nissan GT-R50 Rancangan Italdesign Mendebut di Italia

Nissan GT-R50 Rancangan Italdesign Mendebut di Italia

Berawal dari konsep, akhirnya Nissan GT-R50 versi produksi mendebut di Sirkuit Tazio Nuvolari, Italia (20/5). Hasil kolaborasi rumah desain Italdesign dengan Nismo ini hadir sebagai edisi terbatas. Hanya 50 unit diproduksi dengan kustomisasi livery sesuai keinginan konsumen. Meski terdampak virus korona, jadwal pengiriman dikabarkan tetap sesuai rencana.

“Ini merupakan hari spesial setelah minggu-minggu terberat bagi semua orang. Setelah gagal mendebut di Geneva Motor Show, dan setelah penghentian sebagian aktivitas produksi karena COVID-19, pada awal Mei kami telah kembali 100% dan mengonfirmasi pengiriman mobil pertama antara akhir tahun ini atau awal 2021, sesuai rencana. Bukan ketidaksengajaan kami mempresentasikan mobil ini di sirkuit ‘Tazio Nuvolari’: disinilah kami secara rutin melakukan tes dinamis agar memenuhi perizinan untuk berbagai pasar dan kami hampir menyelesaikan untuk GT-R50,” jelas CEO Italdesign, Jörg Astalosch.

Nissan-GT-R50 side

GT-R50 datang untuk merayakan eksistensi 50 tahun GT-R pada 2019, dan Italdesign pada 2018. Kolaborasi antara Italia dan Jepang ini menggunakan basis Nissan GT-R Nismo edisi termutakhir. Estetika Eropa terhadap Nissan GT-R diinterpretasikan di atas rangka ini. Eksotis. Secara garis besar wujud ‘Godzilla’ masih mudah dikenali. Hanya saja guratan detail dibuat lebih sibuk.

Baca Juga: Begini Hasil Render Nissan X-Trail Terbaru, Diekspektasikan Mendebut 2020

Di bagian wajah, area grille dipahat saling bertumpukan dan didominasi oleh kelir hitam. Seakan terlihat sedang membuka mulut dengan lebar berisi bukaan kanal udara. Proporsi atap direndahkan dan ruang kokpit seakan lebih memanjang ke belakang. Persis di belakang sepatbor depan terdapat elemen ‘pedang samurai’ sebagai jalur udara.

Nissan-GT-R50 rear

Lebih unik lagi di bokong. Komposisi rancangan seolah mencirikan struktur tulang belulang GT-R standar. Menyisakan empat lingkaran lampu khas GT-R mengambang di buritan. Sama seperti eksekusi wajah, fasad belakang dikelir hitam mengilap seperti bayangan. Pun permukaan bodi tidak dibiarkan polos, kontur bergelombang diaplikasikan pada atap sampai spoiler.

Sebagai mobil edisi spesial, jantung mekanis tidak dibiarkan apa adanya oleh Nismo. Unit 3,8 liter V6 twin-turbo mengusung turbocharger dari mobil kompetisi GT3 disertai berbagai ubahan jeroan. Hasilnya, output tenaga mencapai 720 PS dan torsi puncak dicatat sampai 779,6 Nm.

Nissan-GT-R50 cabin

Disebutkan bahwa permintaan versi produksi ini cukup kuat. Sudah banyak konsumen menyerahkan deposit dan sebagian lain tengah memilih spesifikasi personal. Ya, konsumen dapat memadukan livery dari berbagai GT-R yang mencatatkan sejarah bagi Nissan. Melansir Top Gear, GT-R50 ini dibanderol 885 ribu Poundsterling atau sekitar Rp 15,86 miliar. Dan belum habis terjual, masih tersisa slot untuk melakukan reservasi. (Krm/Odi)

Sumber: Top Gear, Nissan

Baca Juga: Nissan Kicks e-Power Dijual Mulai Rp 400 jutaan, Diprediksi Kuat Masuk Indonesia