Nissan Berencana Lahirkan Mobil Listrik Seharga Rp 100 jutaan

Nissan Berencana Lahirkan Mobil Listrik Seharga Rp 100 jutaan

Tiongkok merupakan pasar mobil terbesar di dunia. Dalam periode Januari hingga Juni 2017 saja, sudah 13 juta unit mobil lebih terjual. Tidak hanya mobil berbahan bakar konvensional, di negeri tirai bambu ini, penjualan mobil listrik tengah mengalami peningkatan.

Dari data Asosiasi Produsen Mobil Cina (CAAM), sebanyak 200 ribu unit mobil listrik terjual tahun ini. Melihat potensi yang sangat besar itu, Nissan Motor Company mengungkapkan, ingin memasarkan mobil listrik di Tiongkok. Menariknya, mobil listrik diplot sebagai mobil murah.

Dilansir dari Nikkei, mobil yang diciptakan Nissan berada di segmen A. Mobil ini bakal menyasar kota-kota besar seperti Beijing dan juga Shanghai yang sangat padat. CEO Nissan Hiroto Saikawa, menyatakan, mobil listrik yang diciptakan itu hanya bisa digunakan untuk jarak pendek saja. Sehingga cocok untuk pemakaian dalam kota.

Diharapkan mobil ini dijual seharga 1,5 juta yuan atau setara Rp 175 jutaan atau setengah dari harga Nissan Leaf. Dan dijadwalkan sudah bisa mengaspal tahun fiskal 2018 mendatang.

Untuk menekan harga, Nissan memiliki strategi dalam pengembangan dan juga produksi. Pabrikan asal Jepang ini, memanfaatkan aliansi bersama Renault-Mitsubishi. Seperti yang diketahui, Renault memiliki platform mobil murah yang mereka pasarkan di beberapa negara seperti di Indonesia dengan nama Kwid. Dengan harga hanya Rp 117 juta, Kwid berani bersaing dengan segmen Low Cost Green Car (LCGC) Nah, Renault Kwid menjadi platform tepat untuk mobil listrik murah itu.

Sementara untuk Renault sendiri, sudah memiliki rencana untuk melahirkan mobil listrik Kwid di 2019 mendatang. Renault Kwid bertenaga listrik, rencananya juga turut dipasarkan di Tiongkok. Selain memanfaatkan aliansi, Nissan juga diuntungkan dengan kebijakan pemerintah Tiongkok yang memberikan subsidi pada setiap penjualan mobil listrik.

Selain itu, Nissan juga memproduksinya di Tiongkok dengan memanfaatkan kemitraan dengan Dongfeng Motor Group. Tidak hanya Nissan, pabrikan mobil asal Jepang lain seperti Honda dan Toyota, juga menghadirkan mobil listrik di Cina. Namun nampaknya, hanya Nissan yang berencana menjual dengan harga murah.

Baca Juga:  Renault Kwid Listrik Dikembangkan Khusus Pasar Tiongkok

Model Mobil Nissan

  • Nissan Livina
    Nissan Livina
  • Nissan Navara
    Nissan Navara
  • Nissan Juke
    Nissan Juke
  • Nissan Magnite
    Nissan Magnite
  • Nissan Serena
    Nissan Serena
  • Nissan X Trail
    Nissan X Trail
  • Nissan Kicks e-Power
    Nissan Kicks e-Power
  • Nissan March
    Nissan March
  • Nissan Terra
    Nissan Terra
Mobil Nissan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Nissan Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Nissan