MMKSI Lewati Capaian Penjualan 2020 Dalam Satu Semester, Optimis Target Gaikindo Bisa Terpenuhi

MMKSI Lewati Capaian Penjualan 2020 Dalam Satu Semester, Optimis Target Gaikindo Bisa Terpenuhi

Setelah sempat terkoreksi cukup dalam, pemulihan industri otomotif di 2021 ini mulai terlihat. Salah satu yang merasakan adalah PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI). Selama satu semester ini mereka sudah lewati capaian setahun penuh 2020. Membukukan total penjualan ritel sekitar 57 ribu unit dari Januari sampai Juli 2021.

Ya, dampak dari pandemi memang cukup berat bagi industri otomotif. Mempertontonkan penurunan tajam volume industri, sampai sekitar 45% di 2020. Namun pemulihan mulai terlihat. Seperti MMKSI, per Juli lalu mereka torehkan angka penjualan ritel 56.903 unit dan kembali menduduki posisi ketiga terlaris secara keseluruhan setelah sempat disusul Suzuki. Pun torehan satu semester ini sudah lebih besar dari total 54.768 unit selama setahun penuh di 2020.

Kabar ini cukup menggembirakan. Menurut Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Irwan Kuncoro salah satu pendorongnya adalah program PPnBM. “Jadi seperti kita ketahui bersama,khususnya segmen passenger car, ini didorong oleh program PPnBM diskon 100% untuk model Xpander,” jelas Irwan dalam kesempatan konferensi pers virtual bertajuk Sales & Marketing PT MMKSI, Rabu (18/8/2021).

New Pajero Sport

Ia juga menambahkan bahwa torehan ini jadi dampak atas diterimanya model teranyar Pajero Sport. Sebagai pengingat, SUV ladder frame buatan Tiga Berlian itu mengaspal Februari lalu dengan bermacam penyempurnaan. Juga di samping itu, ia sebutkan bahwa penjualan turut didongkrak oleh pemulihan ekonomi dan beberapa industri lain sehingga turut berdampak positif bagi Light Commercial Vehicle (LCV) seperti L300 dan Triton di pasaran.

Bukan itu saja, beberapa modelnya juga diklaim tunjukkan peningkatan kekuatan lewat penambahan market share. Disebut Xpander dan Xpander Cross berhasil melahap 33% pasar small MPV, meningkat dari sekitar 25% saja di tahun lalu. Juga tak ketinggalan Pajero Sport. “Segmen Medium SUV khususnya 2,5 liter di mana Pajero Sport dengan new modelnya berhasil meningkatkan market share menjadi 47%. Jadi kalau dibandingkan tahun lalu itu sekitar 34-35%. Ini juga tentunya menjadikan Pajero Sport lebih kuat bersaing di posisi atas segmen medium SUV 2,5 liter,” papar Irwan.

Irwan optimis bahwa pemulihan pasar bisa memenuhi target awal GAIKINDO. “Kita lihat di 2021 ini khususnya semester pertama sampai dengan Juli itu pasar sudah mengalami recovery dengan TIV (Total Industry Volume) sekitar 450 ribu unit sampai dengan Juli. Jadi kalau kita tahu bahwa target GAIKINDO di awal tahun itu sekitar 750 ribu unit ya ini bisa kita perkirakan target ini bisa terlampaui,” jelas Irwan. Tapi bukan tanpa tantangan. Meski didorong kebijakan pemerintah, di lain sisi ada kebijakan PPKM yang ketat sehingga disebut juga menekan permintaan dan penjualan. (Krm/Raju)

Baca juga: Mitsubishi Janjikan Kenyamanan Layanan Purna Jual Selama Masa PPKM

Model Mobil Mitsubishi

  • Mitsubishi Xpander
    Mitsubishi Xpander
  • Mitsubishi Pajero Sport
    Mitsubishi Pajero Sport
  • Mitsubishi L300
    Mitsubishi L300
  • Mitsubishi Triton
    Mitsubishi Triton
  • Mitsubishi Xpander Cross
    Mitsubishi Xpander Cross
  • Mitsubishi Eclipse Cross
    Mitsubishi Eclipse Cross
  • Mitsubishi Outlander PHEV
    Mitsubishi Outlander PHEV
  • Mitsubishi Xpander 2021
    Mitsubishi Xpander 2021
  • Mitsubishi Colt
    Mitsubishi Colt
  • Mitsubishi Xpander Cross 2021
    Mitsubishi Xpander Cross 2021
Mobil Mitsubishi

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

Video Mobil Mitsubishi Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Mitsubishi