• Wishlist

Mitsubishi Lancer JDM Street Racing, Modifikasi Mudah Tapi Signifikan

Mitsubishi Lancer JDM Street Racing, Modifikasi Mudah Tapi Signifikan

Sporty dan menawan, inilah wujud Mitsubishi Lancer yang selalu menarik perhatian. Desainnya pun masih dikembangkan. Pabrikan seolah memahami keinginan penggemarnya, yang tak jarang memodifikasi model ini. Banyak gaya bisa disematkan, salah satunya JDM Street Racing. Seperti yang diterapkan Aziz Saputra.

Pria yang tinggal di Batam ini mengubah Lancer CY4A miliknya makin apik. Konsep sengaja dipilihnya, lantaran mudah diaplikasikan. Namun, transformasinya signifikan. Terutama dalam menonjolkan aliran balap. Selain itu, fungsionalitas tak banyak terganggu, sehingga sangat mendukung untuk penggunaan harian.

Modifikasi Mitsubishi Lancer JDM Street Racing

"Proses pengerjaannya sederhana, tapi tetap membuat penampilan enak dipandang. Selain bisa dipakai untuk track day, harian juga masih nyaman," terangnya.

Aziz mengungkap, proses pemasangan komponen sebenarnya tak terlalu sulit atau memakan waktu panjang. Namun, karena dikerjakan secara santai, transformasinya terbilang cukup lama. Ditambah beberapa aksesori tak bisa langsung didapat. Semua sektor pun kena garap. Bahkan ia mengaku telah menghabiskan biaya Rp 100 jutaan untuk mempercantik wujud dan performanya.

Eksterior menjadi bagian pertama diotak-atik. Banyak bagian diganti dengan part Evolution X, seperti body-kit, kap mesin dan bagasi belakang karbon. Corak khas material yang ringan dan kuat itu tetap dibiarkan. Berpadu mesra dengan kelir putih yang mencakup seluruh tubuh. Lalu di-coating oleh TEVO. Tak lupa spoiler Evo X dipasang. Masih seputar part bawaan pabrik, sektor penerangan juga digantikan dengan versi dari model lebih bertenaganya. Buritan makin galak berkat muffler baru, Blitz Nur-Spec R Japan. Ukurannya masif, seolah menunjukkan seberapa kuat performanya. Ya, tentu ini turut berpengaruh pada performa mesin.

Mitsubishi Lancer JDM Street Racing

Baca juga: Transformasi Suzuki Ignis Gaya Rally Look, Performa Turut Naik

Usai mengerjakan eksterior, Aziz mengalihkan perhatian ke sound system. Guna mendukung kenyamanan bagi semua penumpang. Power Monoblock buatan Carpe Diem dibenamkan. Ini dihubungkan dengan Midbass 2-way Morel dan Subwoofer 12 inci Pioneer. Pengaturan multimedia dilakukan lewat head unit layar sentuh lansiran Pioneer.

Komponen audio terpasang rapi dalam kabin yang juga diubah joknya model bucket, dari Bride Low Max Japan. Sektor keselamatan diperkuat seat belt 4-titik Takata. Kombinasi itu mampu membangkitkan aura khas mobil balap, sekaligus memberikan pengalaman berkendara mantap. Rupa kabin juga dilengkapi pelapis pada door trim berwarna kontras.

Modifikasi kemudian bergeser ke luar lagi. Kali ini kaki-kaki yang diperkuat dengan konsep JDM Street Racing. Sistem peredam ditukar dengan coilover Tein Super Street. Ketinggian mobil pun sedikit lebih rendah. Ini bertujuan menyajikan pengendalian yang mumpuni, baik di jalan raya maupun trek balap.

Mitsubishi Lancer JDM Street Racing

Dihubungkan dengan pelek SSR Koenig Special berdimensi 18 inci dengan lebar 9 di depan dan 10 inci di buritan. Kemudian dibalut karet bundar Accelera 651 berspesifikasi 225/40 untuk depan, dan 235/40 di belakang. Terakhir sektor jantung mekanis. Tak diubah ekstrem, cuma menyematkan air intake Apex’I dan throttle controller E-Drive. Meski begitu, ini dapat meningkatkan keluaran tenaga, sekaligus responsnya.

"Sebenarnya modifikasi konsep ini tidak sulit. Pelek paling yang harus sabar. Karena mesti mencari model dan spesifikasi yang pas. Biar fitment enak di mobil," tutupnya. (Hfd/Tom)

Baca juga: X-Raid Ubah Tampilan MINI Countryman Bergaya Cross-Country

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store