MG ZS Kantongi Nilai Sempurna dalam Uji Tabrak Asean NCAP

MG ZS Kantongi Nilai Sempurna dalam Uji Tabrak Asean NCAP
Gambar
Review Pengguna

MG boleh berbangga soal hasil uji tabrak crossover ZS. Versi mesin berbahan bakar bensin buatan Thailand melakoni pengetesan Asean NCAP. Itu dilakukan menjelang akhir tahun lalu dengan mencetak total 81 poin. Artinya kendaraan blasteran Cina - Inggris ini memperoleh peringkat 5 bintang yang mengesankan. Rating sempurna dianugerahkan, bisa menjadi selling point bagi sang pesaing Honda HR-V. Perlu dicatat, varian mobil percobaan merupakan kasta terbawah.

Tepatnya varian C + yang mengantongi spesifikasi dasar. Lantas apa saja yang membuatnya bisa mendapat peringkat sempurna? MG ZS melakoni uji tabrak hanya dilengkapi dengan dua kantong udara depan, sabuk pengaman depan (pretensioner) dengan pembatas beban, kontrol traksi, kontrol stabilitas, ISOFIX child seat anchor, hill start/descent control atau dikenal pula sebagai HSA. Dalam hal perlindungan hunian orang dewasa. Ia mencetak 32,27 poin dari total 36 dengan perlindungan yang baik dalam uji offset frontal. Lalu bagian pelindung dada dinilai cukup memadai.

Untuk perlindungan penghuni anak skornya 40,96 dari 49 poin. Kemudian 11 dari 18 teknologi bantuan keselamatan. Sementara varian ZS yang lebih tinggi malah lebih aman. Unit mendapatkan kantong udara samping dan di bagian tirai, kamerea 360 derajat dan sistem pemantauan tekanan ban. MG tidak menawarkan teknologi keamanan canggih apa pun di ZS vaersi Thailand.

MG ZS crash test ASEAN NCAP

Baca juga: MG Motor Indonesia Resmikan Outlet Bekasi, Jadi Diler ke-14 di Seluruh Indonesia

Harga dan Spesifikasi

Bagaimana dengan produk serupa di sini? MG Motor Indonesia sementara ini masih mengimpor produk dari Negeri Siam. Spesifikasinya pun mirip. Varian ZS Excite dilepas Rp 261,8 juta. Sementara MG ZS Ignite dijual Rp 295,8 juta on the road Jakarta. Dilihat dari angkanya relatif lebih murah dari lawan sepadan. Jika dibandingkan dengan Suzuki S-Cross. Ia ditawarkan Rp 302 juta untuk tipe manual 5-speed dan SX4 S-Cross AT Rp 317 juta. Kemudian Honda HR-V dijajajakan Rp 303 juta sampai Rp 424 juta. Jadi, pendatang baru memiliki harga jauh lebih kompetitif dengan sisipan fitur jauh lebih komplet.

ZS menggendong mesin 1.498 cc naturally aspirated. Unit berkode 15S4C punya konfigurasi DOHC 4-silinder 16 katup VTi-TECH. Hasil pembakaran sistem injeksi multi-point memberi tenaga maksimum sebesar 114 PS. Torsi puncaknya 150 Nm. Distribusi tenaga lewat transmisi otomatis 4-speed dengan sistem triptonic. Dan tidak tersedia girboks manual.

Walau harganya miring, kelengkapan peranti keamanannya bisa diadu. Sebagai standar di dua varian tersedia: AntiLock Braking System and Electronic Brakeforce Distribution, EBA (Electronic Brake assist), SCS (Stability Control System) plus CBC (Curve Brake Control). Ditambah juga dengan TCS (Traction Control System), HAS (Hill Start Assist System), ESS (Emergency Stop Signal), Follow Me Home Light, Isofix. Lalu Front Seat Belt With Pretensioners and Load Limiters, 3 Point Rear Seat Belts 3 Points, Front Airbags dan khusus TMPS (Tire Pressure Monitoring system) hanya di Ignite.

MG ZS Ignite

Perusahaan memberi garansi MG ZS selama 5 tahun tanpa mengenal batasan jarak tempuh. Setiap pembelian MG ZS disertai dengan layanan MG Care. Mencakup garansi kualitas produk terhitung dari tanggal pengiriman kendaraan baru kepada pemilik pertama. Gratis pula biaya jasa perawatan reguler sampai dengan 50.000 km atau 4 tahun. Tergantung salah satu yang terlebih dahulu tercapai.

Di sisi lain, mereka juga menjanjikan layanan 24-hour on-road assistance untuk panggilan mobil derek jika terjadi kerusakan, menuju pusat layanan MG resmi terdekat. Tersedia pula layanan perbaikan di tempat di wilayah perkotaan. Misal untuk penggantian ban, aki atau kabel jumper. Melihat segmentasi produk, ZS cocok bagi kawula muda yang suka mobil kompak. Juga untuk masyarakat urban yang ingin mobil premium, penuh gaya, tapi harga ramah kantong. (Alx/Tom)

Sumber: ASEAN NCAP

Baca juga: Ini 5 Layanan Purna Jual yang Diberikan MG Care Bagi Konsumen

Jelajahi MG ZS

MG ZS Rp 261,8 - Rp 295,8 Juta Cicilan : Rp 5,97 Juta

Model Mobil MG

Bandingkan & Rekomendasi