• Wishlist

Mercedes-AMG Siap Luncurkan E-Class Paling Brutal

Mercedes-Benz kemarin (26/10) merilis spesifikasi model paling brutal dari generasi baru E-Class mereka. E63 yang disebut sebagai E-Class paling bertenaga yang pernah dibuat Mercedes-Benz sepanjang sejarah ini akan meluncur pada ajang Los Angeles Auto Show, November nanti.


“E63 generasi baru merepresentasikan kemajuan pesat yang pernah kami lakukan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Dinamika kendaraan sangat penting bagi kami, karenanya pada saat pengembangan, kami gabungkan sistem fully variable all-wheel drive yang dikombinasikan dengan performa mesin V8 4.0 liter Biturbo,” ujar Chairman of the Board of Management of Mercedes-AMG GmbH, Tobias Moers.


E63 launching November


Seperti biasanya, Mercedes-Benz akan merilis AMG E63 dalam dua opsi, E63 dan E63 S. Sedan 4 pintu ini dibedakan dengan output tenaganya. Model E63 mampu mengeluarkan daya hingga 563 PS, sedangkan model E63 S mampu memproduksi hingga 606 PS. Jumlah tenaga 606 PS tersebut membuat E63 S sebagai model E-Class paling bertenaga yang pernah dirancang Mercedes-Benz dan AMG.


Produksi tenaga ini sebenarnya cukup menarik, pasalnya Mercedes-AMG E63 generasi baru menggunakan unit mesin yang lebih kecil 1,5 liter dari pendahulunya, yakni hanya 4.0 liter. Masih menggunakan konfigurasi V8, mesin 4.0 liter dengan dua buah Twinscroll turbo ini bisa melesatkan E63 S 0-100 km/jam dalam tempo 3,3 detik saja, atau lebih cepat 0,1 detik dari Lamborghini Huracan yang harganya berkali lipat.


mesin E63 baru


Mesin ini dipadankan dengan transmisi AMG Speedshift MCT 9-speed yang disalurkan ke sistem gerak seluruh roda AMG Performance 4Matic+. Perbedaan 4Matic+ ini dengan sistem gerak seluruh roda sebelumnya adalah kemampuannya untuk menyalurkan tenaga secara variatif ke setiap sisi roda yang membutuhkan tenaga. Karakter penyaluran tenaga ini disebutkan Mercedes-AMG cukup berbeda dengan sebelumnya yang orientasinya lebih pada roda belakang.


Di sisi eksterior juga tentunya E63 tampil lebih modern dibanding generasi sebelumnya. Tampilan E63 lebih layak disebut sporti ketimbang disebut sebagai versi agresif E-Class. Bahkan uniknya untuk pertama kalinya, sedan AMG menggunakan potongan kap yang disajikan di bagian atas seperti model Coupe AMG.


E63 terbaru


Kemampuan E63 untuk melesat dengan cepat ternyata bukan hanya didukung oleh faktor mesinnya saja. Namun juga aerodinamika E-Class paling bertenaga ini juga ditingkatkan. Rendahnya hambatan angin, minimnya koefisien drag, hingga sepucuk spoiler kecil di bagian buritan, turut dirancang untuk menyajikan aerodinamika terbaik.


Model E63 paling brutal ini akan tampil perdana di ajang Los Angeles Motor Show. Nantinya, pengiriman di dealer global akan dilakukan pada Juni 2017, untuk kemudian dipasarkan ke publik.


Sambil menunggu, coba lihat bagaimana anggunnya 'monster berbulu domba' ini melenggok di lintasan sirkuit. Dan suaranya akan membuat para maniak mobil meneteskan air liur.



Baca Juga: Mercedes siap tantang Volvo