• Wishlist

Menakar Kemungkinan Daihatsu Rocky Anyar Masuk Pasar Indonesia

Menakar Kemungkinan Daihatsu Rocky Anyar Masuk Pasar Indonesia

Kembalinya nama Rocky di line up Daihatsu menjadi perbincangan hangat. Wajar, nameplate itu memiliki nilai historis tinggi di Indonesia, terkenal sebagai salah satu jip bandel di era 80-90an. Lantas, apakah ia bakal beraksi di lantai dansa ruas jalan kita? Mungkin saja.


Terkait jadwal Rocky untuk dapat mengaspal di Indonesia, dapat dipastikan tidak di tahun ini. Seperti dijelaskan Hendrayadi Lastiyoso, Marketing & Customer Relation Division Head PT Astra Daihatsu Motor, "Tidak masuk tahun ini. Kan setiap negara punya schedule, kalender produk launching yang berbeda-beda, itu saja. Jadi kalau di Indonesia, yang jelas Rocky tidak masuk di tahun ini." Pun kemudian ia pertegas bahwa tidak ada model gres di jajaran Daihatsu. Jadwal mereka di 2020 sebatas penyegaran produk saja.


Astra Daihatsu Motor belum niat jual Rocky baru tahun ini


Meski begitu, ada sedikit sinyal kalau Rocky bakal mengaspal di Indonesia walau belum tahu kapan. Belakangan sebuah model asing, Thor, tertangkap basah tengah melakukan pengujian. Tidak ada upaya menutupi, Daihatsu mengaku sedang mencoba unit 1.0 liter turbo di jalan raya.


"Itu bagian dari kami punya R&D untuk mempelajari yang namanya mesin 1.0 liter turbo. Namanya studi itu biasa saja, mau membandingkan mesin 1.0 liter turbo Daihatsu dengan kompetitor. Bagaimana performance-nya, ya itu studi biasa," ungkap Direktur Pemasaran PT Astra Daihatsu Motor, Amelia Tjandra. Dari hasil studi, ia yakin bahwa unit mesin seliter berbekal turbo cocok untuk kondisi Indonesia.


Baca Juga: Cara Daihatsu Mempertahankan Peringkat Kedua Penjualan Nasional


Jadi, apa hubungan uji coba jantung Thor dengan kejelasan eksistensi Rocky? Daihatsu membekali kedua mobil penumpang kompak ini pemacu daya 1.000 cc turbo 1KR-VET. Tak ada pembeda sama sekali dari data spesifikasi di luar sana. Jumlah silinder ada tiga dengan empat katup per ruang bakar. Komposisi jeroan atas mengenakan dua noken as alias DOHC. Bahkan mereka menghasilkan output identik sebesar 98 PS di 6.000 rpm, berikut torsi puncak 140 Nm di rentang 2.400-4.000 rpm.


Hal ini menggambarkan kalau Tubuh Thor diduga sebagai kamuflase persiapan Rocky, dimulai dari pemacu daya. Memang baru sebatas angan dan khayalan belaka tanpa dukungan keterangan resmi. Sebagai kalimat penghibur atas keberadaan yang belum jelas. Lantaran dikabarkan uji mesin ini terlaksana sebagai langkah antisipatif Daihatsu terhadap pergerakan dunia otomotif. Tak ada kepastian bakal tersemat di model apa.


Daihatsu Thor sempat tertangkap kamera uji jalan di Indonesia


"Karena tren ke depan kami melihat, terutama segmen millennial, turbo akan menjadi pilihan mereka. Daihatsu kan harus antisipatif. Kalau tren ini akan datang, mau tidak mau kami harus siapkan juga. Kalau sekarang kami melihat belum terlalu besar tapi sudah studi dari sekarang. Jadi ini bagian dari studi, dan menjadi normal karena R&D Indonesia, ADM, kerjanya seperti itu. Mempelajari apa yang menjadi kebutuhan untuk masyarakat Indonesia." jelas Amelia.


Untuk saat ini kita hanya bisa menunggu. Jangan khawatir, riset tetap dilaksanakan agar setiap model anyar dapat mendarat dengan mulus. Kendati begitu, Daihatsu punya perhitungan sendiri kapan harus meluncurkan produk baru. "Yang pasti mesin ini ada dulu. Mau disimpan di mana, nanti disesuaikan kebutuhan pasar. Kalau pasarnya itu besar itu akan lebih menarik untuk kami masuk daripada pasarnya kecil," pungkasnya. (Krm/Tom)


Baca Juga: Daihatsu Terios Siap Bersaing Dengan Suzuki XL7