Lexus LS500h Siap Debut di Geneva

Lexus LS500h Siap Debut di Geneva

All new Lexus LS500 memang sudah melakukan debutnya pada Detroit Motor Show bulan lalu. Generasi kelima sedan flagship besar Lexus itu, membawa segenap peningkatan dan fitur-fitur mutakhir.

Tak cukup sampai di situ, Lexus juga merencanakan debut keluarga LS500 baru versi hybrid pada Geneva Motor Show 2017 Maret mendatang. Sedan besar ramah lingkungan itu berwujud sama dengan model mesin konvensional. Untuk membedakannya, emblem "Hybrid" sudah dipasangkan pada bagian bawah pintu bagasi belakangnya.

Lexus LS500h 2017 01

Desain eksterior Lexus LS500 sendiri tampil mengintimidasi. Grille besar khas Lexus berlapis chrome, lampu modern dengan aksen tajam, serta pahatan dan guratan pada bodinya meningkatkan penampilan serta fungsi aerodinamika. Tak sekadar elegan, nilai sporty juga hendak ditampilkan dari eksterior Lexus LS500.

Sektor interior pun, tampil menyerupai model non-hybrid. Hanya saja, pada model hybrid terdapat tombol EV Mode di bawah touchpad, dekat dengan tuas transmisi. Itu pun terdeteksi dari foto interior yang tanpa sengaja dipublikasikan saat Lexus meluncurkan LS500 bulan lalu.

Spesifikasi teknis memang belum dirilis Lexus. Prediksinya, di balik kap mesin adalah V6 3.5 liter twin-turbo dengan motor elektrik. Mengacu pada seri coupe LC500h, mesin bensinnya menghasilkan daya 295 hp sementara motor elektrik menyumbang tenaga 59 hp. Daya total gabungannya mencapai 354 hp. Sokongan daya listriknya bersumber dari baterai lithium-ion.

Lexus LS500h 2017 03

Sedang untuk distribusi tenaga, Lexus menggunakan sistem Multi Stage Hybrid System, yang memakai dua gearbox, 4-speed otomatis dan CVT. Menurut tradisinya, model-model hybrid Lexus memang dipadankan dengan transmisi otomatis CVT, alih-alih transmisi otomatis 10-speed seperti pada model bermesin non-hybrid.

Dengan adanya baterai lithium-ion dan gearbox ekstra, juga berarti bahwa bobot LS500h lebih berat ketimbang model standarnya. Padahal, LS generasi terbaru dibangun dengan material ringan termasuk lempeng baja ultra-high tensile dan aluminium untuk memangkas lebih dari 90 kg bobot dari pendahulunya.

Sedan Lexus LS500h menjadi jagoan Lexus untuk melawan kompetitor seperti Mercedes-Benz S500 Plug-in Hybrid dan BMW 740e. Spesifikasi detail masih harus menunggu debut resmi LS500h pada Geneva International Motor Show 2017 Maret depan.

Baca juga: Lexus siapkan mobil berbahan bakar hidrogen tahun 2019