Land Rover Defender Lontarkan Tenaga Buas dengan Opsi Baru Mesin V8

Land Rover Defender Lontarkan Tenaga Buas dengan Opsi Baru Mesin V8

Mesin V8 dan Land Rover Defender sempat saling mengenal namun tidak dekat. Eksis di era 1970-an sebagai model orisinal Stage I, lanjut versi spesifik Amerika Utara di 1990-an, hingga belakangan lahir edisi spesial Defender Works. Tersedia hanya di beberapa market dan tidak terdengar selazim unit diesel atau bensin empat silinder.

Kendati begitu, seiring pergantian generasi, hubungan itu ikut berubah. Kini Defender dan enjin V8 lebih platonis. Yep, pabrikan kenalkan varian tambahan bertenaga besar di ‘jip’ legendaris mereka. Memberikan pelanggan lebih banyak opsi, apalagi dikenalkan dalam versi pintu dua maupun empat. Bahkan bukan hanya itu, disediakan pula edisi spesial dengan sentuhan eksterior unik.

"Perkenalan mesin V8 ini menambah dimensi baru dalam mendorong keterlibatan dan kemampuan offroad Defender. Kencang dan menyenangkan untuk dipakai berkendara, merepresentasikan puncak keluarga Defender, dan sama menyenangkan di jalan beraspal sekaligus mumpuni untuk keluar dari itu. Kami juga meluaskan daya tarik seluruh jajaran Defender dengan turunan baru, paket opsi dan peningkatan konektivitas, sehingga Defender ada untuk semua orang," komentar Chief Product Engineer Jaguar Land Rover, David Hemming.

Land Rover Defender V8 revealed

Senjatanya memanfaatkan keluarga mesin V8 5,0 liter supercharged di balik bonnet. Lontarkan daya sebesar 525 hp dan torsi 625 Nm. Angka yang fantastis untuk sebuah offroader. Tentu kapabilitas penggerak empat roda tidak luntur, putaran diantar melalui girboks otomatis delapan percepatan. Yang jelas, di atas aspal performanya semakin mumpuni. Mampu menuntaskan akselerasi ke 100 kpj dalam tempo 5,2 detik.

Di atas aspal, kemampuan bermanuver didukung revisi sektor kaki-kaki. Mengenakan anti-roll bar lebih tebal dan kaku demi meminimalisir body roll saat menikung. Sementara itu, traksi ke aspal diatur sedemikian rupa oleh Electronic Active Rear Differential dengan Yaw Controller. Memungkinkan sistem untuk mengatur sikap menikung sampai ke titik batas selip.

Kian piawai berlari di atas aspal bukan berarti melupakan kodratnya sebagai pendaki medan terjal nomor wahid. Itu nilai utama Defender. Khusus di versi V8 ini ditanamkan mode Dynamic dalam peranti offroad Terrain Response System. Mode ini disebut dapat bantu pengemudi mengeksploitasi keseimbagan handling dan karakter mesin di permukaan aspal dan berkerikil.

Defender V8

Tak hanya itu, kalibrasi Dynamic Mode memberikan karakter yang lebih menyenangkan, lincah, dan responsif. Di settingan ini respons pedal gas lebih tajam sementara kelincahan pergerakan didukung setelan spesifik Continuously Variable Damping dan dudukan suspensi lebih kaku. DIsinergikan pula dengan Torque Vectoring via rem, Traction Control System, dan Yaw Controller.

Baca juga: 5 Hal Menarik dari Sportscar Listrik Porsche Taycan Turbo S Terbaru

Bukan sebatas menggendong kekuatan atlet lari, tampangnya ikut dibuat menyuarakan potensi. Sebagai pembeda, badging V8 ditempel ke tubuhnya. Itu mungkin kurang kentara. Diferensiasi utama bisa dilihat quad exhaust mejeng di area buritan. Lainnya adalah pelek 22 inci dengan finishing Satin Dark Grey berikut kaliper Xenon Blue nan kontras yang mendefinisikan kasta mesin terkuat di keluarganya. Seleksi warna Carpathian Grey, Yulong White, dan Santorini Black dengan opsi abu dan putih dipaketkan atap kontras Narvik Black.

Tersedia pula edisi spesial Carpathian Edition. Warna eksklusif Carpathian Grey dipadukan kelir kontras Narvik Black di atap, bonnet, dan pintu bagasi. Sorota visual lain ditemukan berupa jangkar towing Satin Black dan kaliper depan Xenon Blue. Khusus model spesial, eksterior dibungkus Satin Protective Film sehingga terlihat semi-doff sekaligus memberikan proteksi ekstra di tubuhnya.

Defender V8

Mau model V8 standar atau Carpathian Edition, semua kebagian penyesuaian desain. Bangku dibungkus Ebony Windsor Leather dengan campuran berbulu Dinamica suedecloth. Setir dibungkus alcantara dan kemudian dipasang pelindung sil pintu teriluminasi. (Krm/Tom)

Baca juga: Calon SUV Pertama Kuda Jingkrak, Yang Kita Tahu Dari Ferrari Purosangue

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil