5 Hal Menarik dari Sportscar Listrik Porsche Taycan Turbo S Terbaru

5 Hal Menarik dari Sportscar Listrik Porsche Taycan Turbo S Terbaru

Era mobil listrik di Indonesia sepertinya sudah dimulai. Hal ini dibuktikan dengan keberanian para pemegang merek untuk menghadirkan mobil setrum tersebut ke Tanah Air. Salah satunya sportscar Porsche Taycan yang resmi mengaspal lewat agen pemegang merk Porsche Indonesia, Eurokars Artha Utama (EAU) secara resmi pada pekan lalu.

Sejak debut globalnya pada tahun lalu, Taycan langsung menjadi bahan pembicaraan di kalangan pecinta otomotif. Bukan hanya soal tampangnya yang terinspirasi dari Porsche Mission e-Concept yang futuristik, tetapi juga performa yang dihasilkan dari dua motor listrik di balik bodinya.

Porsche Taycan tersedia dalam beberapa varian di antaranya Taycan, Taycan 4S, Taycan Turbo, Turbo S dan rencananya model Cross Turismo juga akan diluncurkan di Indonesia. Jika ingin menebusnya, anda harus menyiapkan dana sekitar Rp 2,5 Miliar – Rp 5 Miliar (off the road). Harga tersebut tergantung model dan personalisasi apa yang Anda gunakan untuk disematkan pada Porsche Taycan.

Sedikit informasi saja, sebelum diluncurkan secara resmi di Indonesia, Porsche Taycan bahkan sudah dipesan sejak tahun lalu sebanyak 20 unit dari berbagai varian dan mulai diantar pada Februari 2021. Nah, untuk konsumen yang baru memesan pada tahun ini kabarnya harus mengantri untuk pengiriman di periode berikutanya atau sekitar 3-4 bulan lagi.

Sebelum Anda melirik atau bahkan meminang supercar listrik besutan Porsche ini tentu saja banyak pertimbangan yang ada di kepala Anda. Kami mencoba merangkum beberapa hal – hal menarik mulai dari desain, performa hingga pada fitur-fitur yang ditanamkan pada Porsche Taycan Turbo S yang baru saja diluncurkan di Indonesia.

Baca juga: Porsche Taycan Turbo S 2020 Masuk Indonesia, Harga Mulai dari Rp 2,5 Miliar

Porsche Taycan Turbo S

1. Performa (Torsi Maksimal 1.050 Nm)

Porsche Taycan Turbo S 2020 yang diluncurkan oleh PT Eurokars Artha Utama ini menggunakan dua motor listrik yang ditenagai oleh baterai 93,4 kWh. Kombinasi ini menghasilkan outpout jempolan. Porsche Taycan Turbo S mampu menggelontorkan tenaga hingga 623 hp dan torsi maksimal 940 Nm. Karena menggunakan transmisi otomatis dua speed, torsi tersebut tersedia secara penuh untuk menggerakan semua rodanya.

Bahkan kalau Anda masih merasa kurang dengan tendangan torsinya, Porsche Taycan Turbo S menyediakan fitur Launch Control yang menambah tinjuan torsinya hingga 1050 Nm. Sedangkan kecepatan puncaknya bisa maksimalkan hingga jarum speedometer menyentuh angka 260 km/jam. Berbicara soal akselerasi, Taycan Turbo S memang dirancang untuk memberikan performa maksimal khas Porsche namun melalui sumber tenaga listrik. Ia mampu melesat dari posisi diam hingga ke 100 km/jam dalam 2,8 detik saja.

2. Fitur (Suspensi Adaptif)

Demi mengimbangi kemampuan dengan kenyamanan berkendara dari dalam kabin, Porsche Taycan Turbo S sudah dibekali dengan ragam fitur. Salah satu fitur yang menjaga kestabilan adalah Adaptive Air Suspension dan Porsche Active Suspension Management. Selain itu, terdapat fitur Porsche Stability Management pada fungsi remnya.

Berbicara soal rem, Porsche Taycan Turbo S ini dibekali dengan Porsche Ceramic Composite Brake di keempat rodanya, untuk roda depan berukuran 420 mm dan roda belakang 410 mm. Rem berkelir kuning tersebut bertengger di dalam roda berukuran 265/35 dan 305/30. Meskipun sebuah Supercar listrik, Porsche Taycan Turbo S tetap menghasilkan suara mekanis saat berakselerasi, paling tidak deru andrenalin Anda akan meningkat seiring hantaman performa saat menginjak pedal gas.

Baca juga: All-New Mitsubishi Outlander Hadir sebagai SUV 7 Seater yang Canggih

Porsche Taycan Turbo S

3. Interior dan Fitur (Layar Sentuh Sepanjang Dashboard)

Sebenarnya tidak mengejutkan jika Porsche mendesain ruang kabinnya dengan begitu detail. Porsche Taycan sukses mengkolaborasikan nuansa sporty yang kental dengan tampilan yang elegan. Hal tersebut langsung tertuju pada jok bucket untuk penumpangnya yang dibalut material kulit sintetis. Meski demikian Anda tetap dapat memilih material kulit nappa untuk menutupi seluruh joknya.

Semua personalisasi bebas anda pilih untuk interior kabin kecuali bentuk setir dan tampilan layar hiburan yang bertengger di sepanjang dashboard dan konsol tengah. Porsche Taycan menghadirkan dua layar sentuh berukuran 12,3 inci pada dashboard tengah yang menampilkan layanan hiburan seperti radio, navigasi, hingga koneksi smartphone dengan Apple Car Play.

Sedangkan pada layar yang berada di konsol tengah, lebih fokus pada informasi tentang kendaraan seperti pengaturan AC, informasi baterai hingga pada mode pengendaraan yang ada pada Taycan Turbo S. Semua pengaturan fitur tersebut tanpa disertai tombol alias touch screen atau kalau mau lebih ringkas bisa menggunakan perintah suara Hey Porsche!

4. Perangkat Keamanan (Fitur anti maling)

Meskipun sebuah supercar yang juga kental akan aura sport, namun Porsche tetap menghadirkan kenyamanan ekstra di dalam kabin. Dengan kapasitas empat penumpang dan daya tampung yang mencapai 2.500 liter di dalam kabin, kursi baris keduanya ternyata cukup nyaman untuk sebuah sport coupe. Rasanya seperti berada di dalam kabin sedan saloon Porsche Panamera tapi dengan nuansa yang berbeda. Di tambah lagi atap kabinnya ditutupi dengan panoramic roof yang menjadi standar pada tampilan Porsche Taycan 2020.

Fitur menarik lainnya adalah Vehicle Anti-Thief System, sesuai namanya kendaraan ini didesain untuk mencegah dari tindak pencurian. Kalaupun berhasil dibawa kabur, secara otomatis sistem akan menginformasikan pada sistem dan aplikasi di smartpone Anda bahwa kendaraan telah dibawa kabur. Bahkan jika dibutuhkan, mesin kendaraan akan secara otomatis dinonaktifkan.

Beberapa fitur standar juga disematkan pada Porsche Taycan Turbo S 2020, diantarnya adalah cruise control, Lane Departure Warning dan Lane Keeping Assist yang menjaga kendaraan tetap pada jalurnya. Fitur keselamatan lain, automatic brake system atau pengereman otomatis terintegrasi dengan fitur Forward Collision Warning demi menghindari kecelakaan yang disebabkan oleh kelengahan pengendara.

Porsche Taycan Turbo S

5. Kemampuan dan Daya Tempuh (Jarak Tempuh 416 km)

Dengan bekal baterai lithium ion berkapasitas 93,4 kWh ini Porsche Taycan Turbo S mampu menjelajah hingga 390-416 km. Bahkan, secara otomatis sistem akan mengkalkulasikan total perjalanan Anda dengan daya baterai yang tersisa. Sehingga kemungkinan mogok di tengah jalan akibat kekurangan daya tidak akan kejadian buat pengguna Porsche Taycan.

Untuk pengisian daya baterai dengan arus AC 11 kW akan memakan waktu sembilam jam agar daya baterai mencapai 100%. Namun jika membutuhkan waktu yang lebih cepat, Anda dapat menggunakan arus listrik AC 270kW dan hanya membutuhkan 22,5 menit untuk pengisian hingga 80%.

Sayangnya beberapa stasiun pengisian di ibukota masih belum sesuai dengan rekomendasi Porsche Taycan. Namun jangan khawatir, sebelum memiliki unit Porsche Taycan, tim Porsche akan memastikan jaringan listrik di rumah dan akan dibangun saluran untuk pengisian daya baterai Taycan. Sehingga pengguna dapat melakukan pengisian secara mandiri dan memiliki bekal 400 km per harinya untuk memboyong Porsche Taycan menikmati hidup. (Ndo/Raju)

Baca juga: Prediksi Model Elektrifikasi BMW Indonesia di 2021, Apa Saja?

Model Mobil Porsche

  • Porsche Panamera
    Porsche Panamera
  • Porsche Cayenne
    Porsche Cayenne
  • Porsche Macan
    Porsche Macan
  • Porsche 911
    Porsche 911
  • Porsche 718
    Porsche 718
  • Porsche Taycan
    Porsche Taycan
Mobil Porsche

Jangan lewatkan

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

Tren Coupe