Konsep Sedan Listrik Volkswagen ID.7 Pamer Diri di CES

Konsep Sedan Listrik Volkswagen ID.7 Pamer Diri di CES

Volkswagen (VW) membawa sesuatu yang baru di ajang Consumer Electronic Show (CES) 2023. Pameran mengenai teknologi terkemuka tersebut dimanfaatkan pabrikan asal Jerman itu untuk memperlihatkan mobil listrik konsep sedan ID.7.

KEY TAKEAWAYS

  • Sedan listrik VW ID.7

    Akan menjadi kendaraan listrik pertama VW yang menggunakan platform modular eletric drive matrix (MEB)
  • Sedan konsep ini akan menjadi kendaraan listrik pertama VW yang menggunakan platform modular eletric drive matrix (MEB). Penampakan luarnya cukup menarik. VW menggunakan cat multi lapis untuk menghadirkan efek pencahayaan di beberapa bagian kendaraan. Fitur ini menjadi simbol langkah selanjutnya VW menuju era digitalisasi lewat model ID.

    Kehadiran ID.7 ini melanjutkan konsep ID.Aero, kendaraan konsep yang hadir di Tiongkok beberapa waktu lalu. Konsep ini memperlihatkan desain aerodinamis pada model terbaru VW dan diklaim bisa menempuh jarak hingga 700 kilometer lewat klaim WLTP.

    Sedan listrik VW ID.7

    "Kehadiran ID.7, kami memperluas model elektrik kami yang ditujukan untuk segmen menengah ke atas. Sedan ini akan menawarkan teknologi dan kualitas terbaik. ID.7 merupakan satu dari 10 model kendaraan listrik yang kami rencanakan untuk diperkenalkan pada 2026. Tujuan kami jelas untuk mengantarkan produk yang cocok untuk konsumen kami di setiap segmentasi," ucap Thomas Schafer, CEO Volkswagen Passenger Car dalam keterangannya.

    Baca juga: Hyundai Ioniq 5 Otonom Siap Melayani Publik Akhir 2023

    Kembali soal ID.7. Sedan ini membawa inovasi terbaru sebagai standar. Sebut saja kehadiran konsep display terbaru, head up display dengan augmented reality, layar 15 inci, pengaturan AC yang terintegrasi pada sistem hiburan serta illuminated touch slider.

    Menarik soal teknologi AC terbaru. Ini merupakan fitur pintar dengan beberapa fungsi misalnya, saat pengemudi hendak memasuki kendaraan, ID.7 dapat menyalakan AC untuk mendinginkan atau menghangatkan kabin sesuai dengan cuaca saat berkendara. Desain "Smart Air Vent" juga dapat mengontrol aliran udara sehingga pengemudi dan penumpang dapat merasakan kenyaman lebih cepat.

    Fungsi-fungsi canggih ini terintegrasi pada layar berukuran besar di bagian tengah. Pengaturannya pun bisa sesuai kebutuhan pengemudi. Beberapa fitur dapat diaktifkan dengan perintah suara. Pengemudi hanya menguncapkan "Hello Volskwagen" diikuti beragam perintah suara lainnya.

    Sedan listrik VW ID.7

    Bicara soal cat kamuflase yang digunakan pada ID.7, Volkswagen harus menggunakan sekitar 40 lapisan cat. Total ada 22 area pada kendaraan yang disematkan penggunaan cat dengan fitur electroluminescence alias menyala. Menariknya, jika dihubungkan dengan sistem audio, ritme musik akan divisualisasikan lewat cahaya di beberapa bagian.

    Soal platform MEB terbaru, ID.7 mengikuti bahasa desain model kendaraan listrik yang digunakan pada ID. Karakter sedan cukup kental lewat bentuk aerodinamis di bagian depan dan atap. Air intake diletakkan di bagian front end untuk mengarahkan udara ke bagian bawa dan samping kendaraan hingga ke belakang dengan lancar. Platform modular matrix yang digunakan memberikan keunggulan dalam sisi interior yang lebih lapang.

    Lewat ID.7 ini, VW menegaskan rencana untuk masuk ke dalam era elektrifikasi. Sebelumnya, VW sudah mengumumkan strategi Accelerate untuk bertarung dengan model-model kendaraan listrik. Sejak model ID pertama, ID.3 hadir di 2020, VW sudah memproduksi 500.000 kendaraan dari model ID dan mengantarkan ke seluruh dunia.

    Setelah ID.3, ID.4, ID.5 dan ID.6, model ID.Buzz, sedan ID.7 merupakan model keenam dan model kedua yang menggunakan platform MEB setelah ID.4. Sedan ini rencananya akan hadir di pasar-pasar utama EV yakni Tiongkok, Eropa dan Amerika. Sedan listrik ini rencananya akan diproduksi di pabrik VW di Emden.

    (STA/TOM)

    Baca juga: Manipulasi Jarak Tempuh, Tesla Didenda Rp34 Miliar di Korea Selatan

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    IIMS 2023

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature