Jokowi Dijadwalkan Buka GIIAS 2021, Jadi Angin Segar Industri Otomotif

Jokowi Dijadwalkan Buka GIIAS 2021, Jadi Angin Segar Industri Otomotif

Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) edisi 2021 akan digelar pada 11 sampai 21 November mendatang. Orang nomor satu di Tanah Air, Presiden Joko Widodo (Jokowi) diharapkan bisa membuka acara tersebut.

Ketua Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Yohannes Nangoi menyebut, GIIAS menjadi pameran otomotif terbesar pertama di kawasan Asia Tenggara yang akan berlangsung setelah dihantam pandemi COVID-19.

"Dan ini (GIIAS) mudah-mudahan bisa menjadi suatu tolak ukur ataupun barometer daripada kemajuan ekonomi yang bisa kita capai setelah adanya COVID-19. Dan di GIIAS kali ini mengusung tema 'Wheels The Move', luar biasa semua orang bilang dalam kondisi ekonomi yang sangat terpuruk industri yang akan mati adalah industri otomotif. Tapi dengan sangat bangga saya katakan industri ini bisa bertahan," kata Nangoi di GIIAS Press Conference di Jakarta, Kamis (21/10).

Dia melanjutkan, pameran otomotif GIIAS tahun ini mendapat dukungan penuh dari pemerintah. Presiden Jokowi sudah dijadwalkan untuk bisa membuka pameran tersebut pada Kamis 11 November mendatang.

"Pameran kali ini menjadi tolak ukur, mudah-mudahan kami sudah meminta dukungan pemerintah Bapak Jokowi pribadi yang akan membuka pameran kali ini dan tentunya dengan dukungan khusus dari Kementerian Perekonomian dan Kementerian Perindustrian, pameran ini menjadi titik kebangkitan ekonomi Indonesia," katanya.

pameran otomotif

Dukungan Pemerintah ke Industri Otomotif

Nangoi juga melanjutkan, industri otomotif Indonesia jadi salah satu yang bisa bertahan di masa pandemi COVID-19. Ini tak lepas dari peran dan dukungan pemerintah memberikan sejumlah insentif dan relaksasi.

"Di tahun 2021 setelah pandemi yang luar biasa di Agustus-September penjualan kita sudah kembali di angka 85 ribu unit (per bulan). Ini menjadi sorotan, sebab Thailand, Vietnam, dan Malaysia terpuruk justru kita yang bangkit duluan.

Nangoi juga mengatakan, meski ada penurunan penjualan kendaraan cukup signifikan efek dari pandemi, seluruh anggota dari Gaikindo tak melakukan PHK pada pegawainya. Meski memang ada beberapa karyawan kontrak yang harus dihentikan kerjanya karena masa kontrak telah usai.

Baca juga: GIIAS 2021: Ragam Mobil Baru Bakal Meluncur, Termasuk World Premiere!

pameran otomotif

24 Merek Kendaraan Terlibat

Dari pemaparan materi yang disampaikan oleh Gaikindo, setidaknya ada 24 merek kendaraan yang akan menghiasi lantai GIIAS bulan depan. Di antaranya adalah merek dari mobil penumpang, komersial, dan juga sepeda motor. Tak lupa juga, ratusan brand dari aftermarket atau pendukung industri otomotif akan hadir di pameran kali ini.

Sebagai informasi, merek mobil yang ikut pameran GIIAS 2021 di antaranya adalah Audi, BMW, Daihatsu, DFSK, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, Volkswagen (VW), Wuling, Sementara dari divisi komersial melingkupi Hino, Isuzu, Mitsubishi Fuso, dan Scania. Kemudian untuk sepeda motor, sayangnya di gelaran tahun ini tak terlalu banyak. Hanya ada 2 roda dua saja yang dipastikan ikut yakni AHM (Astra Honda Motor, dan Benelli Indonesia.

Rizwan Alamsjah, Ketua III yang juga menjadi Ketua Penyelenggara Pameran Gaikindo mengatakan, GIIAS 2021 akan digelar dengan protokol kesehatan yang sangat ketat. Tak ada lagi kerumunan pengunjung sampai membagi 3 sesi pameran setiap harinya.

“Kita harus ikut dalam peraturan yaitu bahwa, kali ini GIIAS diselenggarakan dengan protokol COVID-19 yang sangat ketat dan sesuai anjuran pemerintah. Dan ini menjadi pameran pertama yang bisa digelar dan diizinkan oleh pemerintah, mudah-mudahan lancar di tanggal 11 sampai 21 November nanti.” katanya.

Bicara harga tiket, untuk pengunjung yang datang di weekdays dikenakan biaya Rp 50 ribu, sementara jika datang di weekend harus membayar Rp 100 ribu. Semua pembelian tiket dilakukan secara online mulai 25 Oktober 2021 lewat aplikasi GIIAS Auto360. Syarat lainnya adalah sudah divaksin dosis 2, memiliki aplikasi PeduliLindungi, dan melarang anak di bawah 12 tahun untuk ikut. (Kit/Raju)

Baca juga: Hanya Ada Dua Merek Motor yang Ikut Pameran Otomotif GIIAS 2021, Apa Saja?

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil