Ini Spesifikasi Pertamax Turbo Dengan Standar Emisi Euro-4

Ini Spesifikasi Pertamax Turbo Dengan Standar Emisi Euro-4

Biro Humas Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), April 2017 lalu merilis rencana pemberlakuan standar emisi Euro-4 mulai tahun depan. Regulasi ini dituang dalam Permen (Peraturan Menteri) LHK No. 20/Setjen/Kum.1/3/2017 tentang Baku Mutu Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Tipe Baru yang ditandatangani 10 Maret 2017.

Mulai 10 Oktober 2018, setiap kendaraan bermotor tipe baru berbahan bakar bensin yang diproduksi, harus memenuhi standar emisi Euro-4. Siapkah Indonesia menerapkan regulasi baru ini? Beberapa produsen mobil di Indonesia mengaku siap mengikuti aturan baru ini. Meski beberapa, seperti Daihatsu, misalnya, menyayangkan karena peraturan ini diberlakukan pada semua kendaraan.

Lalu bagaimana dengan kualitas bahan bakar di Indonesia, apakah mampu mencapai standar BBM (Bahan Bakar Minyak) kualitas Euro-4? Vice President Corporate Communication Pertamina, Adiatma Sardjito, menyatakan saat ini Pertamina siap memasarkan Pertamax Turbo hasil produksi kilang Refinery Unit (RU) VI Balongan dengan kualitas lebih baik menuju standar Euro 4.

euro 4

“Kami secara bertahap terus berusaha mencapai standar BBM kualitas Euro- 4 sebagaimana yang diterapkan di negara Eropa. Pertamax Turbo memiliki kualitas tinggi dengan RON 98 dan kandungan sulfur lebih rendah mencapai maksimal 50 parts per million (ppm). Kandungan sulfur yang semakin rendah, maka dampak negatif dari emisi yang dihasilkan juga semakin rendah,” kata Adiatma pada acara peringatan HUT (Hari Ulang Tahun) ke-60 Pertamina pada acara Pertamina Commitment Exhibition yang diadakan di SPBU (Sarana Pengisian Bahan Bakar Umum) Pertamina 31.126.01 Lenteng Agung Timur (20/12).

Menurutnya, spesifikasi baru Pertamax Turbo telah diuji emisi oleh LAPI ITB (Institut Teknologi Bandung) yang mengindikasikan Pertamax Turbo dengan spesifikasi terbaru ini dapat mengurangi kadar Carbon Monoxide (CO), Hydrocarbons (HC) dan Nitrogen Oxides (NOx).

Lebih lanjut Adiatma juga mengatakan, Pertamax Turbo dengan spesifikasi baru, sudah bisa didapat secara bertahap pada SPBU di wilayah Jabodetabek, Banten dan Jawa Barat. Selanjutnya, Pertamina berupaya agar Pertamax Turbo baru dapat dinikmati konsumen di seluruh wilayah Indonesia.

Regulasi standar emisi Euro-4 memang baru berlaku untuk kendaraan bermotor tipe baru yang berbahan bakar bensin. Sementara peraturan ini baru diberlakukan untuk kendaraan bermotor bermesin diesel mulai 10 Maret 2021. (RS/Odi)

Baca Juga: Jemput Bola, Pertamina Lubricants Sebar Bengkel Keliling

GIIAS 2021

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil