Hyundai Custo Mejeng Sebelum Resmi Berkenalan, Tampak Jauh Lebih Hebat dari Innova

Hyundai Custo Mejeng Sebelum Resmi Berkenalan, Tampak Jauh Lebih Hebat dari Innova

Satu pemain baru Hyundai bakal segera meramaikan segmen MPV. Adalah Custo yang kabarnya resmi berkenalan di Chengdu Auto Show 2021 akhir Agustus ini. Dekati momen peluncuran, Hyundai Beijing sudah rilis detail foto terkait. Pertama dipandang, tak salah kalau menilai ia sangat mewah dan canggih.

MPV teranyar Hyundai satu ini memang tidak asing lagi. Sudah cukup lama bocorannya beredar lewat Kementerian Industri dan Teknologi Informasi Cina sebagai proses homologasi. Kendati begitu, pabrikan kini sudah resmi mempertontonkan wujud aslinya pada situs microblogging Weibo. Memberikan gambaran sangat jelas bagaimana sang MPV akan terlihat.

Secara garis besar memang rancangan Custo tidak seglamor atau se-futuristis Staria. Cenderung lebih konservatif hanya saja sulit untuk mendefinisikan demikian secara umum. Ya, profilnya mengadopsi aransemen MPV berpintu geser namun dari sisi detail ia jauh lebih ekspresif. Terasa sentuhan bahasa desain teranyar yang doyan memainkan lipatan tubuh juga bermain kerlipan mata nan unik.

Hyundai Custo

Coba perhatikan fasad depan, bak Tucson dalam format mobil serbaguna. Lampu dan grille mengalun lembut dalam satu kluster. Tapi bukan itu saja, elemen patron tiga dimensi di dalamnya menyembunyikan unit DRL. Di samping itu, gaya lampu kombinasi belakang terkesan cukup futuristis lantaran melebar penuh menyekat kap bagasi.

Baca juga: Modal Rp 10 Juta Sudah Bisa Pesan Hyundai Staria

Penampilan ekspresif Custo pun berlanjut ke detail lekuk tubuh. Dari lipatan shoulder line hingga bukaan sepatbor dinamis menukik ke depan mirip Lamborghini Urus. Namun jadi sorotan utama adalah kuda-kuda ekstra panjang ala limousine. Menjanjikan ruang kaki penumpang belakang ekstra lapang dan terlihat sangat cocok dengan market Tiongkok yang punya fetish terhadap wheelbase panjang – beberapa pabrikan besar bahkan sampai berani meracik versi LWB secara khusus.

Dikabarkan ia punya jarak antarsumbu roda sejauh 3.055 mm. Belum resmi memang, namun bisa jadi benar adanya bila menilai dari gambar. Hal ini pun niscaya bakal memberikan Custo keunggulan berupa ruang ekstra lapang terutama untuk penumpang baris kedua. Jangankan Innova, Honda Odyssey saja tidak sampai sepanjang itu.

Hyundai Custo

Juga tak kalah menarik yakni dari sisi interior. Foto beredar menunjukkan seberapa futuristis dan mewah kabin Custo. Malah terlihat begitu kontras dengan image mobil keluarga sebab sopir seperti diberikan ruangan khusus dengan nuansa kokpit sport car masa depan. Layar besar 10,4 inci terintegrasi elegan dengan konsol tengah. Tak ketinggalan juga pemanfaatan monitor untuk instrumentasi. Selektor  transmisi model tombol menyudahi aransemen dasbor uniknya itu.

Tapi tentu ia bukan sebuah mobil performa dan turut dibuat untuk menyambut penumpang dengan baik. Siap mengangkut total 7 penumpang dengan komposisi dua di kabin depan, sepasang captain seat di tengah, dan diakhiri bench seat paling belakang. Mewah pula, tamu VIP bisa ditempatkan di captain seat komplet penopang betis yang konon dapat diatur secara elektris.

Kabarnya Hyundai membekali dua amunisi enjin lengkap perbantuan pemadat udara untuk Custo. Opsi paling loyo merupakan unit 1.500 cc empat silinder turbo dengan output sampai 170 hp. Di atas itu ekspektasikan jantung 2.000 cc empat silinder turbo berkekuatan 236 hp meramaikan. Kedua pemacu daya ini kemudian dikawin transmisi otomatis delapan percepatan untuk menyalurkan tenaga ke roda depan.

Hyundai Custo

Kalau bisa dipetakan di Indonesia, ia mungkin saja bermain di ranah Kijang Innova dan seleksi MPV high roof. Bertandang di pasar sekelas Nissan Serena dan Toyota Voxy. Atau, boleh jadi mewakili pabrikan sebagai opsi lebih terjangkau dari Odyssey. Bukan tidak mungkin hanya saja belum dapat dipastikan apakah Custo akan menyapa Tanah Air atau tidak. Setidaknya untuk saat ini baru bisa dipastikan ia mengaspal di Cina. (Krm/Tom)

Sumber: Gaadiwaadi

Baca juga: Daftar Mobil Baru yang Siap Meluncur hingga Akhir 2021 di Indonesia

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil