Honda N7X Concept Lakoni Debut Global, Inikah Konsep Penerus Honda BR-V?

Honda N7X Concept Lakoni Debut Global, Inikah Konsep Penerus Honda BR-V?

Honda tunjukkan pergerakan optimis di tahun ini dengan meluncurkan berbagai produk anyar. Tapi bukan itu saja, mereka kenalkan sebuah konsep yang dirancang spesifik market regional. Adalah Honda N7X Concept, lakoni debut global perdana di Indonesia hari ini Senin (5/3/2021). Wujudnya bahkan sudah bisa dilihat secara langsung.

Berdasarkan nama, inilah sebuah konsep crossover 7 seater dari Honda. Merupakan singkatan dari New 7 Seater Excitement. Disebut mengawinkan esensi keunggulan dari MPV (multi purpose vehicle) pengangkut penumpang dengan karakter tangguh sebuah SUV (sport utility vehicle). Seakan berusaha membawa ramuan atraktif sesuai karakter market sini yang doyan 7 seater.

"N7X adalah konsep kami tentang bagaimana seharusnya sebuah mobil 7-seater, yang tidak hanya menawarkan performa berkendara yang menyenangkan tetapi juga ketenangan dan kenyaman sebuah mobil premium untuk seluruh penumpangnya. Kami sangat bangga menjadikan Indonesia sebagai yang pertama di dunia untuk memperkenalkan N7X Concept, sebuah konsep yang akan mendefinisikan ulang mobil di kategorinya dan juga kesenangan berkendara,” kata Takehiro Watanabe, President Director PT Honda Prospect Motor dalam keterangan resmi.

Honda N7X Concept

N7X tampak seperti album kompilasi berbagai model Honda yang dieksekusi dengan manis. Sedikit rasa Odyssey, sedikit CR-V, ada juga nuansa City Hatchback. Grille gambot menjorok ke bawah kental dengan guratan wajah MPV premium pabrikan. Profil tubuh dan permainan cladding kuat mencirikan SUV terlaris mereka. Sementara itu, mayoritas aransemen di area bokong mulai dari ujung jendela samping meruncing serta lampu membawa aura sang hatchback pengganti Jazz.

Akankah ia menjadi kabar baik dari kelanjutan BR-V? Sebab kalau diperhatikan, karakteristik umum N7X tampak sesuai dengan sang penerus LSUV Honda. Sanggup mengangkut tujuh penumpang dengan pakaian macho sebuah SUV. Menariknya ia juga digadang memadukan kenyamanan premium dan kelapangan khas dari MPV dengan ketangguhan dan gaya sebuah SUV. Terdengar seperti sebuah penyempurnaan model eksis bukan?

Kendati begitu, ditegaskan bahwa konsep ini tidak mengacu pada kontestan manapun. “Saat ini concept car ini tidak mengacu pada model tertentu. N7X ini merupakan konsep kami mengenai seperti apa mobil 7 penumpang seharusnya,” jelas Business Innovation and Sales & Marketing PT Honda Prospect Motor, Yusak Billy pada konferensi pers virtual (5/3). “Kali ini kami hanya melakukan world premiere concept car,” tegasnya.

Baca juga: Honda HR-V Generasi Baru, Tampilan Makin Ganteng dan Ada Versi Hybrid

Honda N7X Concept

Belum ada informasi terkait spesifikasi mendetail. Namun, dijelaskan bahwa dimensinya lebih besar dari Mobilio atau BR-V. “Sisi tinggi, panjang, lebar itu kalau kita bandingkan dengan pendahulunya Honda Mobilio dan BR-V ini lebih besar,” kata Yusak. Lebih lanjut lagi ia paparkan,” “Segmennya memang mengikuti, kalau dilihat seperti LSUV karena masih dalam batas light SUV – belum sebesar Honda CR-V.” Hal ini pun semakin memperkuat dugaan bahwa model konsep merupakan kelanjutan dari BR-V, apapun namanya nanti.

Terlepas dari model yang akan digantikan (atau tidak), yang jelas N7X dirancang dan dikembangkan oleh Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd. Terlaksana berdasarkan “studi ekstensif dari konsumen di berbagai negara, termasuk Indonesia”. Baru sebatas mempertontonkan desain. Bisa jadi lahir sebagai versi produksi, bisa jadi tidak – sangat banyak kemungkinan tersaji di masa mendatang. Minimal disebutkan Yusak bahwa concept car ini berpotensi besar diproduksi di Tanah Air.

Jika penasaran, N7X Concept tampil untuk umum di Dreams Cafe by Honda. Tepatnya berada di Lantai Dasar Mall Senayan Park, Jakarta, sampai dengan 6 Juni 2021. Setelah itu, ia siap sambangi kota besar lain seperti Bandung dan Surabaya. (Krm/Raju)

Baca juga: All-New Honda Civic Sedan 2022, Makin Mewah dan Dewasa