Honda City Hatchback RS Meluncur Gantikan Jazz di Indonesia, Berapa Harganya?

Honda City Hatchback RS Meluncur Gantikan Jazz di Indonesia, Berapa Harganya?

Setelah lama dinanti, akhirnya Honda merilis City hatchback. Untuk penetrasi di pasar Indonesia, pabrikan memboyong sebagai pengganti Jazz. Rancangan desain, menurut pabrikan sudah sesuai dengan karakter konsumen Tanah Air. Mereka ingin menyasar generasi muda yang gemar kendaraan urban berdesain sporty, serta bergaris tubuh tajam. Nah, untuk pasar sini mereka hanya menawarkan mesin 1,5 liter naturally aspirated. Betul, bukan turbo seperti di Negeri Siam.

“Nah, untuk harganya belum dirilis sambil menunggu menjelang pengiriman nanti April 2021. Dan Honda Jazz sudah tidak diproduksi lagi di Indonesia. Kami sudah melakukan studi sejak lama. Kalau kami lihat, City hactchback banyak memiliki nilai lebih. Karakter City hatchback lebih bagus juga. Desain sesuai dengan karakter konsumen sini, sangat sporty,” ujar Yusak Billy sebagai Business Innovation and Sales & Marketing Director PT Honda Prospect Motor, secara virtual (3/3).

Honda City Hatchback RS

Untuk diketahui, dalam Samsat PKB Jakarta. City hatchback tercantum memiliki Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) Rp 221 juta di tipe RS CVT. Kemudian Rp 213 juta di City RS MT. Dan angka itu belum termasuk dalam skema perpajakan maupun marjin perusahaan. Diprediksi, harga on the road bisa berada di kisaran Rp 300 jutaan. Mirip dengan rival sekelas.

Mesin

Mekanikal pacu City hatchback didukung oleh mesin bensin 4 silinder segaris 1.5L DOHC, 16 katup i-VTEC + DBW. Tarian pembakaran piston membuncah 121 PS di 6.600 rpm dan torsi maksimum 145 Nm pada 4.300 rpm. Angka itu diklaim terbesar di kelasnya. Penyaluran energi kinetik menggunakan opsi transmisi manual enam speed atau CVT. Enjin sudah sesuai ketentuan Euro 4. Selain itu, tersedia ECON Mode untuk pengaturan karakter berkendara lebih hemat bahan bakar. "Mesin naturally aspirated 1,5 liter VTEC DOHC menurut studi kami paling sesuai dengan kebutuhan konsumen. Performa mesinnya lebih baik dari Jazz (SOHC) kemarin. Kuat dan efisiensi bahan bakar baik. Untuk mesin 1,0 turbo (tiga silinder) sementara belum ditawarkan. Tapi tidak menutup kemungkinan juga," imbuh Billy.

Honda City Hatchback RS 

Honda City Hatchback RS dilengkapi fitur keselamatan yang bisa diadu. Ia menggunakan rangka G-CON + ACE™ dan dilengkapi 6 airbags untuk perlindungan lengkap. Fitur keselamatan lain berupa pengereman ABS, EBD + BA. Kemudian tersedia Brake Override System, Vehicle Stability Assist (VSA), Hill Start Assist, Parking Sensor, Seatbelt Reminder, Pretensioner with Load Limiter Seat Belt. Tak ketinggalan Emergency Stop Signal hingga APAR (Alat Pemadam Api Ringan). Sistem keamanan juga telah disesuaikan dengan standar keamanan Honda. Perangkat ini meliputi: Smart Key with Keyless Entry, Immobilizer dan Alarm System.

City Hatchback RS dirancang sebagai hatchback khas Honda. Ia bertugas melanjutkan dan mengemban citra sporty dari Jazz. Mengusung konsep Elevate Your Move, dibilang mewarisi berbagai keunggulan yang menjadi ciri khas hatchback Honda. Yaitu desain eksterior bergaya kontemporer. Pada sisi eksterior, mobil menerapkan cutting edge design. Wujudnya berupa garis pahatan tajam. Sorot mata depan menggunakan full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Foglight dan lampu buritan pakai Rear Combi Light with LED light bars. Warna hitam glossy melapisi beberapa bagian. Misalnya Front Upper Grille, Side Door Mirror, Shark Fin Antenna dan pelek 16 inci beraksen gelap.

Honda City Hatchback RS

Aerokit eksklusif RS juga terpampang di City hatchback. Seperti Rear Bumper with Diffuser, Fog Garnish, serta Front Bumper Lower Mesh Grille. Kombinasi perangkat aerodinamika itu menurut pabrikan, telah dikembangkan melalui pengujian pada terowongan angin. Dan dikerjakan oleh Honda Research & Development di Sakura, Jepang. Mereka pula yang mengembangkan Formula-1 untuk tingkat aerodinamika kian baik.

Kelengkapan

Fitur canggih melekat padanya. Anda bisa mendapat Remote Engine Start. Fungsinya dapat menghidupkan mesin kendaraan dan A/C secara otomatis, sebelum memasuki kendaraan. City Hatchback RS merupakan model pertama di kelasnya yang memiliki fitur ini. Sebelumnya dibawa Honda untuk model-model premium di Accord, Civic, juga CR-V.

Honda City Hatchback RS

Di dalam kabin, panel instrumen didesain pakai Sporty Meter Cluster with Red Accent. Sistem terintegrasi dengan head unit 8 inci Advanced Capacitive Touchscreen Display Audio. Smartphone juga dapat mudah ditautkan pada bagian audio melalui fitur Smartphone Connection. Untuk mendendangkan musik, mobil dilengkapi delapan buah speaker. Posisi ada di depan dan belakang kabin serta Auto AC with Red Illumination. Fitur canggih lain pun disematkan, seperti Multi-Angle Rear View Camera. Ada tiga tampilan tersedia: Normal View, Wide View, and Top View untuk membantu Anda saat parkir mobil.

Berbagai fitur kekinian menyesuaikan dengan gaya hidup anak muda tak terlupa. Konsumen mendapat One Push Ignition System, Cruise Control, Audio Steering Switch dan Hands-free Telephone (HFT) Switch berikut Voice Recognition. Agar kesan elegan didapat. Honda membekali kabin berupa Leather Door Lining with Red Stitches pada pintu samping, setir maupun Shift Knob. Kabin juga dilapisi Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats plus aksen merah. Mobil menerapkan fungsi ultra seat. Jadi Anda dapat mengatur empat mode berbeda pada kursi depan dan belakang. Terdiri dari Utility Mode, Tall Mode, Refresh Mode dan Long Mode.

Honda City Hatchback RS

"Jadi, segmen hatchback merupakan salah satu lahan dengan pertumbuhan tertinggi di Indonesia. Honda juga menjadi brand yang memiliki tempat kuat di market ini. Kami telah mempelajari kebutuhan model yang lebih sporty untuk pelanggan di segmen ini. Dan kami yakin City hatchback RS bisa diterima dengan baik oleh konsumen Indonesia. Kemudian melanjutkan nilai-nilai warisan Honda di pasar hatchback," pungkas dia.

Misal Anda berminat, unit sudah bisa dipesan di seluruh jaringan diler resmi. Pabrikan menyediakan enam pilihan warna. Di antaranya Phoenix Orange Pearl, Rallye Red, Crystal Black Pearl, Lunar Silver Metallic, Platinum White Pearl. Kemudian opsi varian kelir anyar, Meteoroid Gray Metallic. Tersedia pula aksesoris Modulo. Antara lain Door Visor, Front Under Spoiler, Side Under Spoiler serta Rear Under Spoiler. Sehingga bisa mendongkrak tampilan eksterior.

Honda City Hatchback RS

Yang tak pernah ketinggalan. Honda menawarkan paket perawatan guna menjamin biaya perawatan berkala (parts dan jasa) lebih terjangkau. Serta bebas dari kenaikan harga. Konsumen dapat memilih Paket Hemat 1 (4 tahun / 50.000 km) atau Paket Hemat 2 ( 8 tahun / 100.000 km). Sila dipilih sesuai dengan kebutuhan. (Alx/Tom)

Baca juga: Tertangkap Basah, Inikah Wujud Generasi Keenam Honda CR-V?