GIIAS 2018: Tonggak Dimulainya Standardisasi Euro 4

GIIAS 2018: Tonggak Dimulainya Standardisasi Euro 4

Selain menampilkan kendaraan baru, Gaikindo juga menjadikan gelaran ini sebagai titik acuan penting bagi industri otomotif Tanah Air. Yohanes Nangoi, Ketua Umum Gaikindo mengaku, bakal menggunakan momen ini untuk deklarasi standardisasi era Euro 4 bagi mesin bensin.

GIIAS 2018

GIIAS 2018 kali ini sangat istimewa. Yang pertama deklarasi yang menandai Indonesia memasuki era Euro 4. Jelas ini merupakan langkah penting untuk pertumbuhan industri otomotif Indonesia. Karena saat ini Indonesia masih termasuk yang menggunakan standar Euro 2, bersama dengan Laos dan Myanmar. Nah, kita harus lebih baik. Kami juga menargetkan standar emisi Euro 4 berlaku buat diesel di Maret 2021,” paparnya.

Untuk diketahui, aturan emisi Euro 4 sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Mobil bermesin bensin berlaku mulai September 2018, sementara diesel efektif pada 10 Maret 2021. Penerapan Euro 4 bertujuan mengurangi pencemaran udara yang disebabkan emisi gas buang kendaraan bermotor.

Penerapan standar emisi Euro 4 ini berlaku di seluruh Indonesia. Lantas bagaimana dengan kendaraan sekarang yang masih mengantongi teknologi standar emisi Euro 2? Jangan khawatir. Kendaraan Anda sejatinya masih bisa menenggak bahan bakar yang sudah sesuai dengan standar emisi Euro 4.

Yohanes juga menilai penetapan standar emisi baru sejalan dengan pengusungan tema GIIAS kali ini “Beyond Mobility”. GIIAS disebut sebagai sebuah gerakan evolusi kendaraan bermotor. Harapanya, alat transportasi menjadi sebuah kontribusi yang dapat mendorong percepatan kualitas kehidupan manusia dan memberikan kontribusi positif bagi masyarakat.

Tahun ini Gaikindo mendorong anggotanya yang juga peserta GIIAS menghadirkan teknologi otomotif masa depan untuk memberikan inspirasi pengunjung pameran. Konsep baru ini dipanerkan pada GIIAS 2018. “Saya kira gelaran kali ini bisa menjadi platform yang sangat pas yang mencerminkan teknologi Beyond Mobility. Semoga bisa juga menjadi tonggak sejarah yang baik bagi industri otomotif kita,” tambah Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo. (Alx/Odi)

Baca Juga: GIIAS 2018: Ada 40 Kendaraan Baru yang akan Meluncur

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil