Euforia dan Optimisme Industri Modifikasi di Ajang IMX 2021

Euforia dan Optimisme Industri Modifikasi di Ajang IMX 2021

Gelaran pameran modifikasi tahunan, Indonesia Modification Expo (IMX) 2021 telah diselenggarakan, Sabtu (2/10/2021). Pameran yang dilaksanakan secara virtual dengan tema Limitless-All Virtual ini digagas oleh National Modificator & Aftermarket Association (NMAA) dengan tujuan menggerakkan dan menggairahkan industri modifikasi Indonesia.

Tahun ini menjadi kali keempat pameran modifikasi IMX dilaksanakan. Meski hanya melalui virtual, pameran IMX 2021 tetap diminati pengunjung. Ini terbukti dengan penjualan puluhan ribu tiket online acara Puncak IMX 2021 dengan 4 persen pengunjungnya berasal dari luar negeri.

Andre Mulyadi selaku IMX Project Director mengungkapkan pihaknya terus berusaha memberikan sesuatu yang berbeda dan segar penuh gagasan dalam tiap penyelenggaraan IMX. Keputusan untuk melakukan pameran virtual sejak awal bertujuan untuk memberi kepastian dan dorongan pada industri modifikasi agar dapat beradaptasi dengan kebiasaan baru tanpa mengurangi esensi dari suatu event.

“Kolaborasi lintas industri turut menopang kesuksesan puncak acara IMX 2021. Sekali lagi kami berterimakasih kepada teman-teman aftermarket dan industri lainnya yang memiliki tekad sama untuk tetap berkarya dan terus berupaya menghadirkan inovasi yang menginspirasi kancah modifikasi secara global,” ujar Andre dalam keterangannya.

Honda City hatchback RS

Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin RI) juga selalu mendukung penyelenggaraan IMX sebagai salah satu pendorong perkembangan dunia otomotif Tanah Air. Tahun ini Kemenperin RI melakukan beberapa aktivasi online di IMX 2021 seperti Power Ace Digimodz dan peluncuran unit All New Gelis.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier, dalam sambutannya mengungkapkan IMX memberikan support yang tinggi untuk industri otomotif dan modifikasi lokal karena sektor ini dinilai dapat menyelamatkan sektor perekonomian Indonesia seraya menghadirkan kreativitas anak bangsa.

“Sejalan dengan perkembangan industri kendaraan bermotor, sektor modifikasi juga mengalami perkembangan sangat positif. Indikator munculnya expo seperti IMX yang memicu perkembangan produk-produk dan bengkel modifikasi. Membuktikan bahwa modifikator Indonesia tidak kalah bersaing di industri secara global,” ucap Taufiek.

Baca juga: Karma Bodykit Version 2, Paket Ganteng Toyota FT 86 Karya Anak Bangsa

IMX 2021

Dalam acara IMX tahun ini terdapat beberapa acara yang menarik perhatian. Ada IMX Digital Market yang menawarkan beragam suku cadang dan aksesori kendaraan dengan menggandeng lebih dari 40 merek. Acara ini bekerja sama dengan market place Shopee dengan harga bersaing.

Kompetisi Live Modz yang menjadi ajang wajib setiap penyelenggaraan IMX. Kompetisi kreativitas modifikasi yang dilakukan tiga car enthusiast Ridwan Hanif, Fitra Eri dan MotoMobi kali ini menyasar Suzuki Katana untuk dirombak. Hasilnya, Restomod Suzuki Katana “Suave” Ridwan Hanif berhasil keluar sebagai pemenang.

Kegiatan lainnya adalah PowerAce Digimodz. Acara ini diinisiasi Kemenperin RI untuk mendorong pengembangan motor roda tiga listrik Power Ace serta penggunaannya untuk UMKM. Ada 127 karya yang masuk dan diseleksi hingga menjadi dua karya yang berhak meraih posisi juara. Power Ace Bengkel Keliling garapan Fairuz Sinatriya asal Surabaya jadi pemenang juara 1 dan konsep Power Ace Bakery Mobile karya Deden Desmahikmawan dari Depok menjadi juara 2.

Toyota FT 86 Karma Bodykit

Ajang IMX 2021 juga menjadi kesempatan bagi Karma Bodykit untuk memperkenalkan Karma 86 Version 2. Bodykit garapan Kiki Anugraha ini tampil lebih segar dengan ubahan di beberapa sektor. Karya anak bangsa ini sudah menyebar hingga pasar Amerika Serikat.

Pemegang merek juga ikut andil dalam acara IMX ini. PT Honda Prospect Motor (HPM) bekerja sama dengan Pengepul Mobil dan NeverTooLavish memperlihatkan City Hatchback RS dengan tampilan modifikasi sporty dengan sentuhan grafiti.

Dalam pameran IMX 2021 ini juga dilaksanakan ajang kontes modifikasi The Ultimate NMAA Top 50. Keluar sebagai pemenang adalah Toyota Hilux Mega Cabin 2015 milik Rangga Polnaja yang mendapatkan gelar The Ultimate. Top 5 ajang ini antara lain BMW F30 dari Yuda Dwi, Nissan GTR R34 Jedm1396, BMW 640 dari Sumitomo Natan dan Nissan S15 Ziko Harnadi.

Acara yang paling ditunggu adalah pemenang SuperGiveawal IMX 2021. Pengunjung IMX 2021 yang memiliki tiket Giveaway/Supergiveaway memiliki kesempatan membawa pulang Honda Integra DA5 Simplicity dari Garasi Drift. Dan yang beruntung adalah Franky Okto dari Tangerang berhasil membawa pulang mobil modifikasi tersebut. (Sta/Raju)

Baca juga: Honda Tampilkan Modifikasi City Hatchback RS dengan Sentuhan Grafiti

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil