Elon Musk Resign Sebagai Pimpinan Tesla!

Elon Musk Resign Sebagai Pimpinan Tesla!

Kabar menggemparkan dari Tesla. Perusahaan pembuat mobil listrik ini, penuh gejolak belakangan. Elon Musk harus undur diri sebagai chairman Tesla Inc. Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) membuat perjanjian dengan Musk. Ia turun jabatan menjadi CEO Tesla. Musk juga setuju menggelontorkan dana US$ 20 juta untuk penalti.

Elon Musk

Namun, siapa yang tak paham Musk. Namanya identik dengan Tesla, yang melambungkan merek kendaraan listrik ternama. Perjanjian ini menandai era baru tata kelola perusahaan untuk Tesla, yang menurut beberapa pemegang saham dikontrol terlalu ketat oleh Musk.

Sebelumnya, SEC mengajukan keluhan di pengadilan distrik federal. Mereka menuduh Musk berbohong tentang kicauannya pada 7 Agustus, yang mengatakan dirinya telah mendapatkan "pendanaan dengan jaminan" untuk menjadikan Tesla sebagai perusahaan privat.

Akhirnya Musk menyetujui untuk tidak mencalonkan kembali atau menerima pengangkatan, sebagai pimpinan selama tiga tahun. Seorang ketua independen akan ditunjuk, sebagai bagian dari perjanjian penyelesaian. Musk diminta mundur sebagai pimpinan Tesla dalam waktu 45 hari.

"Sebagai hasil dari penyelesaian, Elon Musk tidak akan lagi menjadi pimpinan Tesla. Dewan Tesla akan mengadopsi reformasi penting - termasuk kewajiban untuk mengawasi komunikasi Musk dengan investor - dan keduanya membayar denda keuangan. Resolusi ini dimaksudkan untuk mencegah gangguan pasar lebih lanjut dan membahayakan pemegang saham Tesla," jelas Steven Peikin, Co- Director Enforcement Division SEC.

Investor goyah

Tuntutan SEC terhadap Musk mengguncang investor dan mencukur sekitar US$ 7 miliar nilai pasar Tesla di perdagangan New York, Jumat kemarin. Market value-nya hanya US$ 45,2 miliar pada penutupan Jumat. Posisinya kini di bawah General Motors sebesar US$ 47,5 miliar.

SEC menekan Tesla dan Musk soal kontrol yang diperlukan dan prosedur untuk isi cuitan Musk. Namun dalam kaitannya, Tesla tidak memberi komentar dan Musk tidak bisa dihubungi untuk memberikan komentar. Perlu Anda ketahui, Musk termasuk tokoh yang sering bercuit di Twitter untuk mempromosikan Tesla dan mengkonfrontasi kritik.

Pada 28 September 2018, ia hanya menyatakan terimakasih atas suport pada Tesla. “Huge thank you to all Tesla supporters for helping with car deliveries all around the world. You rock!!,” cuitnya.

Penyelesaian ini sekarang tugas jajaran BOD Tesla, yang juga banyak dikritik gagal mengendalikan Musk. Tantangannya, sulit menemukan seorang ketua independen, yang mampu bekerja baik dengan seorang kepala eksekutif, yang sering emosional dan tak terduga itu. Belum jelas juga, siapa yang ditunjuk untuk peran itu. Antonio Gracias, direktur independen saat ini dan CEO Valor Equity Partners, juga dikritik karena terlalu dekat dengan Musk dan perusahaannya. (Alx/Odi)

Sumber: Autonews

Baca Juga: Balap Mobil Listrik Offroad Sedang Digarap

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil