ELECTRIA: 4 Alasan Mengapa Hyundai Kona EV Jadi Opsi Mobil Listrik yang Ideal

ELECTRIA: 4 Alasan Mengapa Hyundai Kona EV Jadi Opsi Mobil Listrik yang Ideal

Populasi mobil listrik kini sedang ramai digaungkan. Salah satunya merek dari Korea Selatan, Hyundai yang cukup ambisius bermain di segmen ini. Kami tertarik membahas Kona EV (Electric Vehicle), SUV kompak yang pada awal 2021 lalu diperbarui oleh pabrikan.

KEY TAKEAWAYS

  • Jarak tempuh Hyundai Kona EV

    Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil listrik ini diklaim mampu terus melaju sejauh 345 kilometer.
  • Pengecasan Hyundai Kona EV

    Mendukung fast charging tipe colokan DC CCS
  • Di pembahasan sebelumnya, kami sudah menceritakan secara detail bagaimana sensasi berkendara dari Hyundai Kona EV. Nah, pada artikel ini kita akan membedah 4 alasan mengapa mobil tersebut layak dijadikan opsi atau pilihan di segmen kendaraan listrik.

    1. Visual dan Akomodasi Bawa Barang

    Ketika konsumen membeli sebuah mobil, hal yang pertama dilihat tentu dari desain. Kona EV punya bentuk dan visual layaknya SUV crossover. DNA itu bisa dilihat pada bentuk grill yang menutup dengan headlight khas-nya dari lampu depan LED mengalir ke DRL pada bagian fascia Hyundai Kona.

    Hyundai Kona EV

    Mengamatinya dari samping, ada sedikit lekukan garis yang diperkuat komponen over fender hitam cukup besar, ini memancarkan identitas gagahnya. Sementara keempat velg pakai ukuran 17 inci dengan desain palang yang bisa dibilang futuristik.

    Baca juga: ELECTRIA: Potensi Hyundai Kona EV untuk Kebutuhan Berkendara Sehari-hari

    Ke belakang, desain gagahnya masih konsisten dengan perpaduan stoplamp LED dengan lampu mundur serta sein yang terpisah di bagian bawah. Detail SUV jelas nampak, misalnya pada bagian bumper belakang hingga lekuk bodi buritan yang sedikit membesar ke samping.

    Soal desain memang selera masing-masing konsumen, ada yang suka atau ada juga yang tidak. Tapi, subjektif saya Hyundai Kona EV punya bentuk dan desain yang khas.

    Hyundai Kona EV

    Pada bagian interior, Hyundai Kona EV punya slot penyimpanan serta kompartemen yang cukup banyak. Misalnya pada konsol tengah ada 2 cup holder dan di masing-masing doortrim tersedia pula tempat penyimpanan baik botol mineral maupun barang berdimensi sedang.

    Untuk membawa barang semisal koper atau tas besar, Hyundai Kona EV juga sudah dilengkapi dengan split folding rear seats atau bangku baris kedua yang bisa dilipat rata lantai. Alhasil, jika pengaturan jok ini diterapkan volume angkut barang menjadi 1,114 liter.

    2. Kemampuan Jarak Jangkau

    Dari lembar spesifikasi, Hyundai Kona EV dibekali motor listrik sinkron bermagnet permanen dengan daya 100 kW atau setara 134 daya kuda yang kemudian dikawinkan dengan baterai lithium-ion polymer 39,2 kWh. Rancang itu mampu pula memproduksi torsi puncak hingga 395 Nm ke bagian roda depan.

    Hyundai Kona EV

    Dalam kondisi baterai terisi penuh, mobil listrik ini diklaim mampu terus melaju sejauh 345 kilometer. Klaim jarak tersebut jauh lebih besar dibandingkan versi sebelumnya yang hanya 289 kilometer. Nah bila mengambil contoh kasus, dari Tangerang menuju Tegal Kona EV masih sanggup berjalan.

    Baca juga: ELECTRIA: Nissan Leaf, Ideal untuk Mobilitas Harian

    Tapi perlu dicatat, angka jarak tempuh hanyalah sebuah klaim dari perusahaan. Dalam kata lain, bisa saja lebih pendek mempertimbangkan kondisi lalu lintas, jumlah penumpang, fitur apa yang dipakai, sampai karakter berkendara si pengemudinya.

    Sistem pengisian baterai dari Kona EV memungkinkan fast charging tipe colokan DC CCS2, pemiliknya bisa mengisi daya dengan mudah di seluruh Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU). Kecepatan pengisian bergantung pada output SPKLU sendiri, namun klaim Hyundai dengan fast charging 100 kW hanya membutuhkan waktu 54 menit untuk mencapai 80 persen kondisi daya baterai.

    3. Performa yang Instan

    Soal performa, dengan spesifikasi di atas, mobil ini diklaim dapat melesat dari 0 hingga 100 kilometer per jam hanya dalam waktu 9,9 detik dengan kecepatan maksimum hingga 155 kilometer per jam.

    Hyundai Kona EV

    Kami sedikit banyak sudah menjajal performanya. Jujur, mengendarai mobil listrik Kona EV sangat mengasyikan, bila menginjak pedal akselerator dalam-dalam akselerasi dari mobil instan, jangan kaget bila badan terasa tertarik ke belakang.

    Hal menarik lainnya, SUV listrik ini menerapkan sistem shift-by-wire yang menghilangkan tuas persneling mekanis dan memungkinkan perpindahan gigi hanya dengan menekan sebuah tombol di konsol tengah. Anda juga bisa mengatur seluruh drive mode: Eco, Normal, dan Sport di bagian tombol tersebut. Lebih praktis dan futuristik.

    4. Ragam Fitur dan Peranti Keselamatan

    Shift-by-wire adalah 1 dari banyaknya fitur berguna yang ada di Hyundai Kona EV. Di dalam interior sudah dilengkapi dengan Heads Up Display (HUD), head unit 9 inci bermodel LCD floating yang sudah mencakup Android Auto dan Apple Carplay.

    Hyundai Kona EV

    Lebih lanjut mobil ini juga sudah dibekali dengan AC full automatic temperature control, heat & cooling seat, push start button with SmartKey plus Immobilizer, electric sunroof, jok elektrik, wireless charging, cruise control, sampai panel meter dengan bentang layar 12,5 inci yang sudah berteknologi TFT.

    Sementara untuk fitur keselamatan, Kona EV sudah berbekal 6 titik airbags, rem ABS+EBD dan kini kedapatan Hyundai Smart Sense berupa lane keeping assist, lane departure alert, blind spot collision assist, rear cross traffic collision assist, sampai forward collision assist.

    Hyundai Kona EV

    Per Agustus 2022, mengacu laman resmi Hyundai, Kona EV dijual dengan banderol Rp742 juta on the road Jakarta. Dia hadir dalam 5 warna pilihan yakni Atlas White, Dive in Jeju, Galactic Grey, Phantom Black, dan Ignite Flame. (KIT/TOM)

    Baca juga: ELECTRIA: Rasa Berkendara Hyundai Ioniq 5, Sensasi Kesenyapan dan Kalkulasi di dalam Kota

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Jelajahi Hyundai Kona Electric

    Model Mobil Hyundai

    • Hyundai Stargazer
      Hyundai Stargazer
    • Hyundai Creta
      Hyundai Creta
    • Hyundai Palisade
      Hyundai Palisade
    • Hyundai Ioniq
      Hyundai Ioniq
    • Hyundai Santa Fe
      Hyundai Santa Fe
    • Hyundai Ioniq 5
      Hyundai Ioniq 5
    • Hyundai Staria
      Hyundai Staria
    • Hyundai Kona Electric
      Hyundai Kona Electric
    Mobil Hyundai

    Jangan lewatkan

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Bandingkan & Rekomendasi

    Tren SUV

    • Yang Akan Datang

    Artikel Mobil Hyundai Kona Electric dari Carvaganza