Daftar Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang Januari 2021

Daftar Mobil Baru yang Meluncur Sepanjang Januari 2021

Pandemi New Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) memang sukses menggerus penjualan otomotif di musim 2020. Meski demikian, jenama-jenama ini nampak optimis menyambut tahun 2021 dengan merilis model-model barunya. Tak sedikit bahkan yang langsung merilis banyak mobil sekaligus. Walau demikian, ada pula yang memilih menahan produk teranyarnya, dan meluncurkan hanya sekadar fitur. Berikut catatan redaksi kami.

Mitsubishi Pajero Sport Limited Edition

Memulai gebrakan awal tahun dengan produk anyar. Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia merilis edisi terbatas Pajero Sport. Adalah Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition dan Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition.

Edisi terbatas ini sudah bisa didapatkan di seluruh jaringan penjualan resmi Mitsubishi Motors di penjuru Tanah Air. Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition ini dipasarkan dengan harga on the road DKI Jakarta Rp 609 juta. Sementara Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition dilepas Rp 568 juta. Namun angka itu masih lebih murah dari Dakar 4x4 AT senilai Rp 707 juta. Setidaknya bisa menambah referensi pilihan baru bagi konsumen.

Mitsubishi Pajero Sport Dakar 4x2 limited edition Rockford Fosgate

"Untuk memenuhi antusiasme masyarakat Indonesia. Kami menyuguhkan Pajero Sport pada awal tahun 2021 dengan dua pilihan varian. Yaitu Dakar Ultimate 4x2 dan Dakar 4x2. Kedua varian spesial ini dirilis untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang menginginkan kendaraan tangguh. Namun juga memberikan pengalaman berbeda dengan audio premium dari Rockford Fosgate. Kami berharap edisi terbatas ini siap menemani perjalanan Anda untuk menaklukan semua tantangan," terang Naoya Nakamura, Presiden Director PT MMKSI dalam pernyataan resmi (12/1).

Jika diamati dari lekuk tubuh, sekilas tampak sama dari model reguler. Namun Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition tampil dengan beberapa sentuhan aksesori. Misalkan saja sisipan front rear corner garnish, side garnish, rear corner garnish, over fender. Lanjut special emblem Rockford Fosgate, tambahan spare tire cover plus hood emblem.

Agar memberikan nuansa yang berbeda dari model biasa. Pajero Sport Dakar 4x2 Rockford Fosgate Edition tersedia dengan warna putih. Datang berkelir hitam, Pajero Sport Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition tidak kalah tangguh. Ia memiliki imbuhan front rear corner garnish, side garnish, rear corner garnish, over fender yang berwarna hitam. Lantas spesial emblem dari Rockford Fosgate, tambahan spare tire cover plus hood emblem. Sehingga menampilkan kesan garang juga tangguh.

Pajero Sport Limited Edition

Nah, supaya memberi kesan premium. Kabin varian Dakar Ultimate 4x2 Rockford Fosgate Edition menggunakan perpaduan antara warna beige dan hitam. Sedangkan Dakar Rockford Fosgate Edition menggunakan warna full black. Anda jua dapat merasakan powerful entertainment lewat audio Rockford Fosgate. Urusan pemanja telinga ini dibilang superior.

Kalau sistem suara 2-way di mobil biasa hanya pakai sepasang tweeter di depan saja. Pajero Sport edisi terbatas malah lebih komplet. Agar sebaran detail frekuensi low mid dan high tersalur dengan baik. Mitubishi membenami sejumlah peranti audio berupa front speakers: tweeters plus mid range speakers. Sementara di belakang tersisip rear tweeters, rear speakers plus subwoofer guna memberi dentuman bass. Kalau sudah standar pabrikan begini, niscaya konsumen tak perlu pusing merombak perangkat suara mobil. Atau membawanya ke instalatur audio. Kecuali memang Anda gemar memodifikasi dan ikut kompetisi. Itu lain cerita.

Penyuplai daya masih dipercayakan pada mekanical pacu peminum solar, 4N15 2,4 liter Mivec turbocharged and intercooled. Ia bertipe DOHC, 16 valve Direct Diesel Injection. Jantung mekanis menghasilkan tenaga besar mencapai 181 PS sejak 3.500 rpm. Lalu imbuhan Variable Geometry Turbo (VGT) yang mampu mengoptimalkan kinerja turbin. Alhasil mesin semakin kuat, tonjokkan momen puntir sampai 430 Nm di 2.500 rpm. Racikan itu, menurut Mitsubishi, sanggup meningkatkan efisiensi bahan bakar dan mengurangi emisi gas buang CO2. Transmisinya otomatis 8-speed dengan dukungan paddle shift di balik lingkar kemudi. Ini turut mengoptimalkan perpindahan gigi dalam kemudahan berkendara.

Nilai lebih yang diberikan berupa sistem keamanan terpasang lengkap, sama seperti Dakar Reguler. Konsumen disuguhi Lane Change Assist (LCA) dan Rear Cross Traffic Alert (RCTA). Lalu tersedia Adaptif Cruise Control, Blind Spot Monitoring, Autonomous Emergency Braking, Around View Monitor. Juga tertanam Hill Descent Control, Hill Start Assist, Vehicle Stability Control serta tujuh kantong udara.

Suzuki Segarkan Tampilan Carry Pick Up

Siapa sangka, ternyata mobil yang jadi produk perdana Suzuki di 2021 adalah Carry Pick Up. Ya, Suzuki Indomobil Sales (SIS) memilih melakukan penyegaran pada unit andalan yang jadi tulang punggung penjualannya.

Ia alami sejumlah ubahan ringan pada bagian muka, seperti kisi-kisi dan bumper depan. Harganya pun ikut naik, lantaran pabrikan menambah alat pemadam kebakaran ringan (APAR) di model gres. Berikut daftar harganya:

Suzuki Carry Pick Up Terbaru

  • New Carry Pick-Up Flat-Deck Rp 152,5 juta
  • New Carry Pick-Up Wide-Deck Rp 153,5 juta
  • New Carry Pick-Up Flat-Deck AC/PS Rp 161 juta
  • New Carry Pick-Up Wide-Deck AC/PS Rp 162 juta

“Pada 2019 kami meluncurkan Suzuki New Carry dengan desain dan teknologi paling mutakhir. Kehadirannya semakin meningkatkan penjualan. Baik di dalam maupun luar negeri. Di Indonesia Carry pikap mengusai pangsa pasar 61 persen sepanjang 2020. Sedangkan untuk ekspor dipasarkan hampir di 30 negara. Untuk itu kami meluncurkan wajah baru Carry di beberapa bagian. Sehingga makin sesuai dengan kebutuhan market. Kami harap penyegaran ini bisa memenuhi kebutuhan masyarakat pada kendaraan niaga. Terutama kepada pelaku usaha, sebagai penggerak ekonomi Indonesia,” terang Hideaki Tokuda, 4W Managing Director PT SIS secara virtual (21/1).

Wajah anyar Carry pikap terlihat dari ubahan desain front grille dan bumper. Bumper kini mengadopsi bentuk kapak yang disebut sebagai Hatched Axe. Pengaplikasian garis desain itu, klaim Suzuki, memperkuat karakter tegas sebagai kendaraan niaga. Supaya terlihat kokoh serta tangguh untuk digunakan di berbagai medan. Selain ubahan ringan pada sisi eksterior. Guna menunjang faktor keamanan, mobil gres 2021 sudah dilengkapi APAR yang terletak di bawah glove box.

Apar Suzuki Carry

APAR yang digunakan merupakan jenis dry chemical powder dan bersertifikat SNI. Isi serbuk 1 kg dan tabung 1kg (total 2kg). Alasan pemilihan material terkandung menurut pabrikan. Peranti dapat memadamkan kebakaran tanpa menimbulkan dampak terhadap sistem kelistrikan di sekitarnya (korsleting). Pengadaan alat ini – di semua mobil produksi Suzuki lainnya – juga merupakan upaya Suzuki dalam mendukung regulasi pemerintah dalam industri otomotif.

Lantas mengenai dimensi. Bak New Carry Pick Up kini memiliki panjang 2.505 mm, lebar 1.745 mm, dan tinggi 425 mm. Bak belakang sanggup mengangkut muatan seberat 1 ton. Agar isi tetap aman selama perjalanan. Pelanggan dapat memanfaatkan pengait yang ada di sekeliling bak untuk mengikatkan barang. Pengait berjumlah 12 pada tipe FD (Flat Deck) dan 22 pada tipe WD (Wide Deck).

Selain itu, kabin Carry Pick Up punya head unit Single-Din, split seat dengan jok yang tebal. Serta enam tempat penyimpanan barang (termasuk tempat botol dan kantong di belakang jok) di varian AC. Lalu 10 tempat (termasuk tempat botol serta kantong di belakang jok) di varian non-AC. Jadi kelengkapan itu membuat ruang kabin semakin lega untuk menampung tiga orang. Unit penyegaran juga dilengkapi fitur Immobilizer, Air Conditioner, Electric Power Steering (EPS) dan Sliding Seat. Untuk ketersediaan warna tersedia tiga pilihan: putih, silver dan hitam.

Nah, karena hanya terjadi ubahan ringan. Jantung penggerak di semua varian tetap pakai mesin bensin K15B berkubikasi 1,5 liter. Untuk diketahui, mesin tertanam identik dengan miliki Ertiga. Gerak pembakaran empat piston memberi tenaga 97 PS pada 5.600 rpm. Dorongan torsi puncak tersedia 135 Nm pada 4.400 rpm. Jika dilihat dari data angka, Carry anyar lebih perkasa dari mesin G15A lama. Model lawas hanya memproduksi tenaga 78,8 PS pada 5.500 rpm dan torsi 120 Nm pada 3.000 rpm. Besaran tenaga masih terbilang mencukupi sebegai penggerak mobil niaga ringan.

Carry pikap terbaru tetap mengusung konsep I.L.M.U. Yaitu irit bensin & perawatannya, lama umur pakainya, muatnya banyak dan untung di ujung. Dengan tampilan baru. Mereka berharap dapat meraih pangsa pasar 65 persen sepanjang 2021, tanpa menyebut lebih perinci jumlah unit. “Sebagai kendaraan yang sudah menemani kisah sukses jutaan pengusaha Indonesia sejak tahun 1976. Kami harap penyegaran Carry pikal menjadi awal baik mengawali 2021. Tentu dengan semangat baru untuk menggerakkan kembali aktivitas perekonomian masyarakat,” tutup Tokuda dalam pers konferensi daring.

Jeep Gladiator

Setelah memastikan dua jaringan penjualan dengan dukungan layanan 3S (Sales, Service and Spareparts), DAS Indonesia Motor sebagai pemegang merek Jeep di Tanah Air memperkenalkan secara resmi Jeep Gladiator di Indonesia pada Rabu (27/1/2021).

Jeep Gladiator 2020

Jeep Gladiator memberikan pengalaman baru dalam berkendara bagi pecinta Jeep di Indonesia. Model double cab yang khas, serta mampu mengakomodir segala kebutuhan petualang, disandingkan dalam satu kepraktisan melalui model ini. Performa yang dibutuhkan untuk menaklukan segala jenis medan dihasilkan dari mesin hi-tech kami yang disalurkan melalui keempat rodanya,” jelas Dhani Yahya, Chief Operating Officer DAS Indonesia.

Jeep Wrangler Rubicon Gladiator secara tampilan gampang dikenali. Ia tidak seperti Jeep Rubicon lainnya. Meski memiliki fascia depan yang serupa, terdapat bagasi terbuka di bagian belakang serupa dengan truk pick-up. Ia dibangun di atas platform yang sama dengan Jeep Wrangler JL. Gladiator juga SUV pick-up pertama yang dirilis oleh Jeep setelah Comanche yang stop produksi pada 2001. Secara dimensi, panjangnya 5,5 meter dan lebih besar dari versi JL. Saking besarnya, dua motor trail bisa diangkut sekaligus.

Versi bak terbuka kabin ganda Wrangler, dibekali mesin V6 3.6-liter PENTASTAR yang dikawinkan transmisi otomatis 8-percepatan. Mesin tersebut mampu memuntahkan tenaga maksimal 285 hp dan torsi 353 Nm. Tentu saja model ini juga diperkuat dengan penggerak all-wheel drive (AWD) mengingat Jeep Rubicon didesain untuk melewati berbagai medan jalan, baik aspal maupun non-aspal.

Jeep Gladiator 2020

Sebagaimana SUV sejati, Jeep ini memiliki kemampuan off-road mumpuni berkat fitur-fitur Command-Trac 4x4 System, Selec Trac Full Tyme 4x4 System dan Rock-Trac 4x4 System. Sehingga kapabilitasnya di medan lumpur dan tanah tak perlu diragukan.

Selec-speed control membantu pengemudi dalam bermanuver di medan off road. Berbekal teknologi ini pengemudi tidak perlu lagi menginjak pedal gas dan rem, mereka hanya perlu mengontrol mobil agar tetap berada di jalurnya.

Command Trac 4X4 yang merupakan sistem untuk kemampuan off road di segala cuaca. Dukungan sistem shifton-the-fly paruh waktu ini membagi torsi 50/50 antara as roda depan dan belakang agar memiliki ketangguhan untuk daya tarik. Transfer case yang bekerja dengan mulus dalam peralihan dari 2WD hingga 4WD dengan kecepatan hingga 72 kpj.

Dalam meningkatkan jumlah torsi yang ada saat melakukan off road, Jeep Gladiator juga sudah dibekali dengan Rock-Track 4X4 yang memungkinkan mobil ini dapat berjalan pelan untuk lebih mengontrol dan meningkatkan torsi yang tersedia dari ruang mesin untuk menapaki medan off road.

Lainnya, Tru-lok Differential yang memungkinkan pengemudi untuk melakukan penguncian secara elektronik pada bagian depan dan belakang untuk meningkatkan torsi yang maksimum. Bahkan, fitur ini juga mampu memaintain terbaik saat fitur 4W digunakan di kondisi tertentu.

Jeep Gladiator juga menghadirkan fitur OFF-ROAD +, dimana sistem lanjutan ini mampu menyesuaikan secara otomatis mengenai parameter kinerja untuk medan ketika Anda sedang berkendara baik di medan 4-HI (Pasir / Lumpur) atau 4-LO (Rock Crawling).

"Saat ini, banyak konsumen Jeep yang juga memiliki hobby outdoor seperti motor trail, sepeda dan ATV off road. Dengan adanya Jeep Wrangler Gladiator ini diharapkan dapat mengakomodasi kebutuhan tersebut," jelas Dhani Yahya.

Serbuan Pasukan BMW X-Series

BMW X1 X3 X5 2021

BMW Group Indonesia kemarin (28/1) resmi meluncurkan tiga produk SUV “penting” mereka. Bukan model flagship rakitan lokal, SUV kupe, atau kontestan elektrifikasi seperti dugaan awal yang sangat optimis. Meski begitu, jelas ketiganya bersifat krusial dalam line up.

“Pada kuartal satu ini BMW Indonesia memulai kampanye komunikasi dengan menghadirkan tiga model BMW X terbaru, yang dikenal sebagai X-Crew. BMW Group Indonesia memilih BMW seri X sebagai model pertama yang diluncurkan tahun ini untuk memperkuat posisinya sebagai brand terdepan di segmen SAV premium Indonesia sekaligus memenuhi kebutuhan kendaraan yang serbaguna dan tentunya berikan sensasi dan kenyamanan berkendara yang sempurna,” komentar President Director BMW Group Indonesia, Ramesh Divyanathan. Ia pun menjelaskan bahwa perkembangan dan fitur tambahan diadopsi berdasarkan feedback konsumen serta BMW Business Consultant.

Adalah pilihan segar X1, X3, dan X5 yang resmi berkenalan secara digital. Tidak benar-benar baru, pun bukan facelift. Namun setidaknya, eksistensi tiga model ini boleh jadi semakin kuat di pasar. Terlihat lebih menarik sebagai model 2021 sebab dihiasi penambahan varian dan upgrade fitur khusus. Ada pembaruan apa saja?

Varian Baru X1

BMW X1 2021

Seri X1 memang duduk di pintu masuk ke dunia Sports Activity Vehicle (SAV) BMW. Bila sebelumnya hadir dalam format X1 sDrive18i xLine, kini BMW Indonesia datangkan varian lebih rendah. Disebut BMW X1 sDrive18i, ia sontak menjabat sebagai entry level terbaru dengan banderol Rp 760 juta (OTR Jakarta).

Dari luar, diferensiasi varian baru X1 ini mungkin bisa terasa. Dapat dilihat penggunaan aksen kromium dan metalik lebih diminimalisir. Bebas mau menyebutnya lebih sporty atau polosan sebab lebih didominasi cladding hitam. Tapi yang jelas tidak membuatnya jauh lebih rendahan. Lenggokan masih disudahi pelek 18 inci hanya saja menganut desain berbeda yakni Y-Spoke Style 566 dwiwarna. Tetap mengadopsi telapak kaki run-flat pula. Di samping itu, aksen metalik pemanis pun tidak sepenuhnya hilang.

Urusan fitur, headlamp dan lampu kabut LED tak dilengserkan di fasad depan. Bahkan tak ketinggalan gimik premium proyeksi logo X ke tanah. Lalu, fungsi smart entry Comfort Access hadir untuk sajikan akses pintu tanpa perlu interaksi anak kunci plus akses bagasi tanpa sentuhan.

Masuk kabin, paket comfort seat menjadi standar. Suguhkan bantalan tebal, dibungkus material kulit sintetis Sensatec. Dari paket itu pula pengumpang area depan dapat menikmati pengaturan bangku elektris sementara di belakang bisa mendapatkan posisi ideal (sudut rebahan dan pergeseran) secara manual. Lirik ke tengah dasbor, mejeng sarana hiburan 8,8 inci. Fiturnya kekinian, dapat mengintegrasikan smartphone Apple via Apple CarPlay secara nirkabel. Dalam hal bantuan berkendara, X1 sediakan kemampuan parkir paralel otomatis Parking Assistant plus sensor jarak.

Format “sDrive18i” berarti tidak menunjukkan adanya perbedaan potensi performa dari varian xLine. Senjata pencipta velositas berupa enjin tiga silinder 1,5 liter TwinPower turbo. Sanggup melontarkan tenaga 140 hp di 4.400 rpm dengan dorongan klimaks torsi 220 Nm sejak 1.250 rpm. Seluruhnya tersalur ke roda depan via transmisi DCT 7 percepatan.

“Kini dengan hadirnya New BMW X1 sDrive18i, pelanggan setia BMW di Indonesia lebih banyak pilihan, juga membuka peluang baru untuk segmen pelanggan baru. Kendaraan serbabisa ini adalah pilihan sempurna bagi mereka yang aktif, siap bertualang, dan berjiwa muda,” ucap Director of Communication BMW Group Indonesia, Jodie O’Tania.

X3 MakinMewah

BMW X3 2021

Di tahun ini X3 kebagian beberapa penyempurnaan agar terlihat semakin memikat. Masih dalam varian sDrive20i, namun unit kelahiran 2021 tampil sedikit berbeda. Didapat dari pemanfaatan desain sepatu baru bergaya V-spoke style 692 bi-colour. Menambah pesona lewat perpaduan Ferric Grey dan finishing polished.

Tapi bukan itu sorotan utama pengembangan X3 di 2021. Ia dibuat kian mewah dan berkelas lewat berbagai komponen. Mulai saat ini sudah tersedia lubang atap Panorama Glass lengkap roller blind, wind deflector, serta pengoperasian sakelar sekali sentuh. Kesan itu lantas diperkuat finishing interior hitam mengilap berikut aksen pearl chrome dan set kontrol bernuansa besi (galvanic embellisher). Kabinnya akan semakin menggugah pengemudi sebab tertanam peranti pindah gigi paddle shifter.

Fitur bawaan X3 lain tentu tidak terlupakan. Sebut saja Adaptive LED headlight komplit BMW Selective Beam, lampu kabut LED, hingga paket smart entry dan akses bagasi tanpa sentuhan Comfort Access. Termasuk juga dalam kabin seperti display full digital sistem infotainment dan panel instrumen berisi otak iDrive dan konektivitas gawai nirkabel.

Kemampuan memacu tidak berubah sebab mejeng dalam spek sDrive20i. Memanfaatkan enjin empat silinder 2,0 liter TwinPower Turbo untuk memuntahkan tenaga sekuat 184 hp dan torsi 300 Nm. Putaran lantas diterjemahkan ke roda belakang melalui girboks otomatis delapan percepatan. Segala nilai tambahan dan bawaan X3 untuk 2021 ini sendiri dapat ditebus seharga Rp 1,101 miliar.

X5, The Boss Makin Nyaman

Dari ketiga penyesuaian model untuk 2021 ini, sang nama SUV orisinal pabrikan kebagian revisi paling signifikan. Yep, ialah BMW X5 yang sering disebut sebagai “The Boss”. Variannya tetap, merupakan model xDrive40i xLine. Pun tidak akan terlihat berbeda dari luar ketimbang model lama sebab segala ubahan terletak di dalam kabin dan tubuh. Tawarkan kinerja lebih baik untuk memanjakan sekaligus melindungi penumpang. Jika berminat, ia didagangkan seharga Rp 1,771 miliar berstatus On the Road Jakarta.

BMW X5 2021

Sorotan utama adalah peningkatan akomodasi dan kenyamanan. Untuk kali pertama BMW X5 hadir dalam komposisi kabin tiga baris sebagai standar. Kendati begitu, tidak sebatas menyuguhkan ruang ekstra untuk penumpang tambahan. Di samping perannya kini sebagai SUV premium keluarga, ia turut menguatkan nilai tunggangan eksekutif nan nyaman.

Hal ini didapat dari bagaimana BMW Indonesia meningkatkan kenyamanan di baris tengah. Membuat X5 xDrive40i xLine seolah terciprat darah flagship sekelas 7er atau X7. Melekat comfort cushion berupa bantal terbungkus alcantara di headrest. Di samping itu, pengaturan bangku juga elektris. Memungkinkan penumpang mendapatkan posisi duduk ternyaman dalam perjalanan lewat pergerakan sudut rebahan dan pergeseran depan-belakang.

Rasa nyaman dan sensasi premium jelas meningkat dari perbekalan tadi. Belum lagi disudahi trim interior aluminium “Mesheffect” Dark dalam kombinasi headliner cerah. Harus diingat pula ia memiliki atap panoramic besar, membuat sensasinya semakin karismatik. Bahkan belum selesai sampai di situ, sistem audio Harman Kardon sekarang siap memanja telinga lewat 16 speaker, amplifier 464-watt 9 channel disertai setelan equalizer individual.

Itu baru dari segi pemanja dan peningkatan akomodasi kabin. Urusan pendukung keselamatan juga disentuh. Untuk kali pertama X5 kebagian bermacam sokongan berkendara paket Driving Assistance. Termasuk di dalamnya Parking Assistant Plus untuk memudahkan manuver SUV bongsor sepanjang 4.922 mm itu. Di sekujur tubuhnya tersebar kamera untuk hadirkan bantuan pemantau 360 derajat, pandangan lebar panorama view depan dan belakang, tampak atas, hingga 3D view. Bebas mau pilih mode mana untuk mengetahui kondisi di titik blind spot.

Driving Assistance sendiri siapkan kemampuan mitigasi risiko celaka secara aktif. Misal saat bergerak mundur, ia akan memberikan peringatan ketika ada rintangan mendekat dari arah samping berkat Cross Traffic Warning Rear. Dapat pula ia memberikan peringatan ketika berpindah jalur tanpa intensi atau ketika sistem membaca potensi tabrakan frontal. Semua itu tadi termasuk dalam fungsi Lane Departure Warning, Lane Change Warning, dan Front Collision Warning.

Kendati begitu bukan sebatas peringatan sebab ia mampu melakukan tindakan korektif. Contoh ketika tak sengaja berpindah jalur, ada input aktif pada pergerakan kemudi beserta feedback getaran. Jika dibutuhkan, peranti penghela laju pun dapat secara otomatis memberikan bantuan. Cukup canggih bukan? Jangan takut kalau belum biasa sebab kinerjanya tidak memaksa. Sensitivitas dapat disesuaikan bahkan dimatikan secara total.

Bonnet X5 xDrive40i menyembunyikan pencipta velositas enam silinder 2,0 liter TwinPower Turbo. Sama sekali tidak memble, siapkan keluaran daya sampai 340 hp dan puntiran maksimum sekuat 450 Nm. Sangat mumpuni dan pas untuk menggerakkan tubuh X5. Dengan embel-embel xDrive dapat diketahui ia menganut sistem penggerak empat roda, membagikan putaran dari transmisi otomatis Sport Steptronic 8 percepatan.

Seluruh model ini tentu kebagian paket perawatan BMW Service Inclusive selama 5 tahun atau 60 ribu km. Garansi diberikan selama 36 bulan tanpa batasan jarak tempuh. Termasuk juga Tyre Coverage 24 bulan. Dan satu tak ketinggalan, telah disisipkan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) sebagai standar keluaran 2021.

Wuling WISE

Wuling WISEbukanlah nama kendaraan baru seperti Almaz, Confero atau Cortez. Ini adalah jenama fitur layaknya WIND. Ya, Wuling Motors membuka tahun 2021 dengan memperkenalkan inovasi baru. Diberi nama Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE.

Wuling WISE

Teknologi ini mewujudkan ekosistem pintar di mana pengguna dan kendaraannya bisa saling terhubung via koneksi internet, sehingga pengguna dapat melakukan berbagai kendali dari aplikasi pada gawai pintar ataupun head unit.

WISE juga mencakup Advanced Driver Assistance System atau ADAS. Terdiri dari seperangkat fitur yang membantu pengemudi saat berkendara dalam berbagai kondisi dan tentunya meningkatkan keamanan serta kenyamanan.

"Sebagai wujud komitmen kami untuk terus berinovasi dalam memberikan yang terbaik bagi Indonesia dan sejalan dengan semangat Drive For A Better Life, maka kali ini kami hadirkan Wuling Interconnected Smart Ecosystem atau WISE. Dengan adanya teknologi ini, kami berharap dapat menjawab kebutuhan masyarakat di era mobilitas modern dan menyajikan kemudahan dalam berkendara di masa mendatang,” terang Yin Yi, Brand & Marketing Director Wuling Motors dalam keterangan resminya.

Wuling WISE terdiri dari dua bagian utama. Pertama adalah Internet Car. Inovasi ini dapat menghubungkan pengguna dengan kendaraan melalui gawai pintar dan head unit. Barisan fitur yang bisa diatur via gawai pintar terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key. Sedangkan koneksi internet yang terdapat pada head unit ialah Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App. Ketiga fungsi ini didukung WIND yang merupakan voice command atau perintah suara berbahasa Indonesia pertama yang digunakan kendaraam di Tanah Air.

Suhendri Laiman selaku Product Planning Wuling Motors menyatakan, “Pengguna dapat melakukan pengendalian lebih mudah dalam satu genggaman untuk menggunakan fasilitas navigasi, mendengarkan musik dan berbalas pesan. Di samping itu, Inovasi ini juga akan memampukan pengguna untuk selalu mengetahui lokasi kendaraan sehingga keamanannya selalu terjaga dimanapun dan kapanpun.”

Kedua adalah Advanced Driver Assistance System (ADAS). Bahasa mudahnya, ini adalah serangkaian fitur keamanan yang membantu pengemudi agar tetap aman saat berkendara. Beberapa pabrikan lain juga menggunakannya. Seperti Honda dengan istilah Honda Sensing kemudian Toyota yang mengusung nama Toyota Safety Sense.

ADAS terbagi dalam empat kategori besar. Kategori pertama adalah Adaptive Cruise yang terdiri dari Adaptive Cruise Control (ACC), Bend Cruise Assistance (BCA), Traffic Jam Assistance (TJA), dan Intelligent Cruise Assistance (ICA). Kategori selanjutnya ialah Lane Recognition yang didukung fitur Lane Departure Warning (LDW) dan Lane Keeping Assistance (LKA).

Kemudian, kategori ketiga, yaitu Safe Distance & Braking Assistance yang dibekali Safe Distance Warning (SDW), Forward Collision Warning (FCW), Automatic Emergency Braking (AEB), Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA), Collision Mitigation System (CMS). Sedangkan kategori terakhir yakni Automatic Light, diakomodasi melalui Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

“WISE mendukung kebiasaan berkendara yang aman dan bertanggung jawab melalui kehadiran ADAS. Kami berharap, dengan adanya inovasi ini, pengguna dapat semakin mudah berkendara di berbagai kondisi. Seluruh fitur dalam ADAS ini mampu meningkatkan kewaspadaan sehingga dapat mengurangi risiko kecelakaan yang mungkin terjadi,” ujar Danang Wiratmoko, Product Planning Wuling Motors.

Sejauh ini keterangan Wuling menunjukkan jika WISE didukung WIND. Perintah suara ini sendiri meliputi beberapa fungsi yang bisa kita gunakan untuk mengatur beberapa fitur di kendaraan. Dengan mengucapkan ‘Halo Wuling’, kita mengaktifkan voice command untuk mengoperasikan entertainment meliputi musik dan radio, interaction meliputi volume musik, dan tanggal atau waktu. Kemudian ada untuk mengoperasikan aplikasi yang terdapat di head unit, lalu ada vehicle control untuk mengontrol AC, kaca jendela, sunroof, dan telepon.

Belum ada keterangan dimana fitur WISE ini akan digunakan. Saat ini WIND baru terpasang di Wuling Almaz. Apakah WISE akan ditanamkan di SUV tersebut ataukah di model Cortez dan Confero? Kita tunggu kabar berikutnya.

Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition 


Menjelang kelahiran generasi terbarunya, Mercedes-Benz Indonesia menggunakan bulan pertama 2021 ini untuk memperkenalkan edisi khusus C-Class. Mercedes-Benz Distribution Indonesia sebagai pemenang merek Jerman itu melepas dua model sekaligus yang mendapat kosmetik AMG dan emblem Final Edition.

Mercedes-Benz C-Class Final Edition

Ada dua varian Mercedes-Benz C-Class AMG Final Edition yang ditawarkan. Mercedes-Benz C200 AMG Final Edition dijual Rp 920 dan Mercedes C300 AMG Final Edition dihargai Rp 1,02 miliar. Harga tersebut belum termasuk pajak alias off the road. Kedua Final Edition akan tersedia di diler resmi kami mulai Januari 2021.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia, Choi Duk-jun menerangkan, dua model sedan C-Class itu menghadirkan perpaduan antara karakteristik penampilan yang sportif, fitur keselamatan unggulan, dan tingkat fungsionalitas yang tinggi.

Dirakit di pabrik Mercedes-Benz di Wanaherang, C-Class AMG Final Edition disebut telah berevolusi untuk memenuhi kebutuhan sedan luxury pelanggan di Indonesia. "Tampilannya dikombinasikan dengan sporti dan ada banyak fitur keselamatan," kata dia dalam acara virtual, Jumat, 22 Januari 2021.

C 200 AMG Final Edition

Mercedes-Benz C 200 Final Edition

Dari luar, tampilan baru C-Class mendapat kosmetik AMG yang membuatnya tampil sporty ketimbang model standar. Hal ini mewujud lewat karakteristik yang ditonjolkan pada desain lampu depan serta belakang.

Bagian wajah menampilkan diamond radiator grille sebagai standar, tetapi bumper depan telah didesain ulang untuk semua varian. Dengan eksterior AMG, kendaraan ini menggunakan apron depan dengan geometri baru dan desain baru di bagian belakang.

Department Manager Product, Pricing, and Ordering Management MBDI, Radite Erlangga mengatakan C 200 memakai body kit AMG Line yang lebih sporty dengan velg desain AMG-Line palang lima. “Bagasi C 200 AMG Final Edition bisa buka tutup otomatis secara elektronik. Fitur ini tidak ada pada model C200 yang pertama diluncurkan,” kata Radite.

Bicara soal spesifikasi mesin, C 200 AMG Final Edition menggendong mesin berkapasitas 1.991 cc 4 silinder turbo yang mampu menghasilkan tenaga hingga 204 hp pada putaran 5.800 – 6.100 rpm dan torsi 300 Nm pada 1.600 – 4.000 rpm.

C 300 AMG Final Edition

Mercedes-Benz C 300 Final Edition

Sementara itu C 300 AMG Final Edition ditenagai mesin 1.991 cc 4 silinder dengan tenaga maksimal 258 hp dan torsi 370 Nm. Seluruh tenaga dari kedua mobil ini disalurkan melalui pilihan transmisi 9-percepatan Tronic otomatis.

Sama seperti sepupunya, Mercedes-Benz C 300 AMG Final Edition juga menggunakan body kit AMG Line dengan velg Mercedes-AMG C 43. C 300 AMG Final Edition dilengkapi dengan velg light-alloy ukuran 19 inci dengan desain AMG 5-twin-spoke. Pada C 300 AMG Final Edition juga terdapat panoramic sliding sunroof sebagai standar yang membuat kesan visual unik jika dilihat dari luar.

Lampu depan MULTIBEAM LED dengan ULTRA RANGE high beam untuk C 300 AMG Final Edition. Masing-masing lampu depan dilengkapi 84 LED yang dapat dikontrol secara individual. Ini memungkinkan penyesuaian lampu depan yang sangat cepat dan tepat serta dapat dikontrol secara elektronik agar sesuai dengan kondisi lalu lintas.

Untuk model ini, bagian interiornya menggunakan stir dan pedal AMG, dengan trim kayu open pore ash wood, dan ada konsol analog di bagian tengah. "C 300 juga dilengkapi dengan kamera 360 derajat, ada juga sistem suara burmeister dan panoramic sunroof yang memanjang dari depan ke belakang,” tutur Radite.

Kabin Tanpa Ubahan

Mercedes-Benz C-Class Final Edition

Di interior belakang, kedua mobil C-Class 2021 itu terlihat sama. Keduanya memiliki AC belakang, tirai kanan-kiri, power outlet 12V dan armrest. Untuk C 300 Final Edition memiliki AC tambahan di belakang dengan pengaturan suhu dan kecepatan kipas. Tirainya juga otomatis di kaca belakang yang tombol buka-tutupnya di konsol tengah.

C-Class AMG Final Edition baru hadir dengan Active Brake Assist yang sudah disempurnakan sebagai standar. Fitur ini dapat membantu mengurangi potensi dan sepenuhnya menghindari tabrakan dari belakang untuk situasi kendaraan dalam kecepatan rendah, akan berhenti atau ketia ada kendaraan berhenti di depan, dan bahkan ketika pejalan kaki dan pengendara sepeda menyeberang.

Model entry level ini tetap hadir dengan  sistem bantuan mengemudi Mercedes-Benz terbaru yang menawarkan dukungan kooperatif pengemudi, oleh karena itu memberikan tingkat keselamatan aktif yang lebih tinggi, termasuk Blind Spot Assist untuk C 200 AMG Final Edition dan C 300 AMG Final Edition. Varian selanjutnya dilengkapi dengan Active Lane Keeping Assist dan sistem PRE-SAFE sebagai standar.

DFSK Gelora Minibus Mulai Dijual

Awal tahun ini para agen pemegang merek justru menggenjot segmen niaga alias komersial. Suzuki memperkenalkan Carry Pick Up dengan ubahan di bagian wajah. Tak mau kalah, PT Sokonindo Automobile sebagai APM DFSK di Indonesia mengumumkan ketersediaan Gelora Minibus. Konsumen yang berminat sudah bisa melakukan pemesanan di 90 jaringan resmi DFSK yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. DFSK mulai memasarkan minibus ini dengan banderol senilai Rp 185.000.000 (on the road DKI Jakarta).

DFSK Gelora Minibus

Kehadiran DFSK Gelora Minibus melengkapi jajaran kendaraan niaga lainnya seperti DFSK Gelora Blind Vand. PT Sokonindo Automobile berharap, kehadiran DFSK Gelora Mini Bus dapat menggerakan roda perekonomian tanah air di sektor pariwisata, fleet dan sektor lainnya. Sekaligus memperkuat amunisi DFSK untuk bermain di pasar niaga yang cukup gemuk di Tanah Air. Ia berhadapan dengan Grand Max Mini Bus dan Suzuki Carry.

"DFSK dengan bangga mulai memasarkan DFSK Gelora Minibus untuk seluruh konsumen. Kehadiran model Minibus ini juga melengkapi varian Blind Van yang sudah dihadirkan pada akhir 2020 lalu, dan memenuhi janji kami untuk terus melengkapi lini kendaraan yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhan konsumen di Indonesia," ungkap PR & Media Manager PT Sokonindo Automobile, Achmad Rofiqi dalam siaran persnya.

DFSK Gelora Dashboard

DFSK Gelora Minibus sangat cocok menunjang mobilitas penumpang karena didukung dengan kabin yang luas dan nyaman berkat dimensi 4.500 mm x 1.680 mm x 2.000 mm (PxLxT). Sebagai model minibus, DFSK Gelora Minibus memiliki kapasitas maksimal 11 orang penumpang, dengan konfigurasi jok yang fleksibel mulai dari 2/7/9/11 sesuai dengan kebutuhan.

DFSK Gelora Minibus juga memiliki desain yang menarik dengan lampu depan yang berukuran besar. Serta sistem sliding door untuk penumpang baris belakang. Penggunaan pintu geser ini tentunya lebih praktis selain itu juga memudahkan ketika parkir di lokasi sempit.

DFSK Gelora Minibus dan Blind Van

Handalnya DFSK Gelora Minibus ini juga ditunjang mesin DK 1.500 cc DVVT. Hasil pembakaran internal memberi tenaga 109 PS di 6.000 rpm dan torsi 140 Nm diraih sejak 3.200-4.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan ke roda belakang melalui transmisi 5-percepatan manual.

Kelengkapan lain berupa sistem pengereman hydraulic dual circuit braking system. Roda depan ditemani cakram, sedang di belakang berupa teromol biasa. Lalu sebagai penyangga tubuh. Susupensi depan DFSK Gelora memakai McPherson Strut Independent. Penopang roda belakang menggunakan tipe 5 Leaf Spring, Non-independent Suspension with Stabilizer.

Promo DFSK Gelora

PT. Sokonindo Automobile juga memberikan penawaran menarik untuk konsumen DFSK Gelora Minibus. Bagi para konsumen yang melakukan pemesanan pada Januari 2021 akan mendapatkan skema kredit ringan dengan bunga 0%. Selain itu, DFSK juga memberikan keringanan cicilan mulai dari Rp 4 jutaan serta penawaran lain dari mitra DFSK di Indonesia. Tidak sampai disitu saja, konsumen juga berkesempatan mendapatkan hadiah langsung berupa smartphone untuk setiap pembelian kendaraan di awal tahun ini. Hal ini tentu saja menarik konsumen karena dianggap lebih enteng di kantung dan terjangkau.

Dealer DFSK

Gelora Minibus menjadi salah satu kendaraan komersial andalan DFSK. Ia akan bersaing dengan Daihatsu Gran Max Mini Bus yang dijual direntang harga Rp 175,1 juta sampai Rp 191,1 juta. Kemudian ada juga Carry Minibus yang dipasarkan dengan harga mulai Rp 221,8 juta hingga Rp 268 juta.

Di segmen komersial, selain versi Minibus, juga ada Gelora Blin Van yang dijual Rp 169 juta dan Supercab Pick Up dengan banderol Rp 133 juta. Keduanya harga on the road DKI Jakarta. "Jadi segera hubungi para tenaga penjual kami, dan dengan senang hati akan melayani seluruh kebutuhan Anda akan kendaraan DFSK," kata Achmad Rofiqi. (Tim OTO)

Baca Juga: Daftar Motor Baru yang Meluncur Sepanjang Januari 2021

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil