Cina Perpanjang Pembebasan Pajak Mobil Listrik Sampai 2020

Cina Perpanjang Pembebasan Pajak Mobil Listrik Sampai 2020

Sebagai bagian dari upaya mengurangi dampak emisi karbon yang sangat tinggi, pemerintah Cina berlakukan peraturan bebas pajak bagi setiap pembelian mobil jenis New Energy Vehicles (NEV). Kebijakan ini diambil, untuk mengalihkan konsumen dari mobil bermesin pembakaran ke mobil hybrid dan mobil listrik.

Pengisian listrik mobil

Peraturan itu sebetulnya berakhir di 2017 ini. Namun Kementerian Keuangan Cina merilis pernyataan, kebijakan pembebasan pajak atas NEV diteruskan hingga akhir 2020.

Dengan peraturan itu, mobil yang memanfaatkan tenaga listrik sebagian  seperti plug-in hybrid, full listrik hingga fuel cell, dibebaskan dari pajak terhitung 1 Januari 2018 hingga 31 Desember 2020.

Kebijakan dilakukan sejalan dengan rencana peraturan tentang kuota mobil listrik yang wajib dipenuhi setiap pabrikan di negeri Panda. Mulai 2019, 10 % dari total penjualan selama setahun setiap pabrikan wajib berjenis NEV. Angka yang ditetapkan Kementerian Perindustrian dan Teknologi Informasi Cina ini ditingkatkan menjadi 12% pada 2020.

Perpanjangan kebijakan pembebasan pajak NEV, memancing produsen mobil global untuk mengembangkan kendaraan listrik di Cina. Maklum, negara itu adalah pasar otomotif terbesar dunia saat ini. Walau begitu, hampir setiap pabrikan merasa, pemerintah setempat perlu menyiapkan skema insentif agar kebijakan ini bisa disambut baik konsumen.

Kementerian Keuangan menjawab, kebijakan itu sudah cukup sebagai dukungan pemerintah dalam inovasi dan pengembangan teknologi mobil listrik di sana. Terbukti banyak produsen lokal yang tumbuh dan berkembang di sana. Produsen mobil listrik BYD Co Ltd, misalnya, saat ini sukses menjalin kerjasama dengan perusahaan otomotif dunia seperti Ford dan Nissan dalam pengembangan mobil yang ramah lingkungan khusus pasar otomotif Cina.

Meski menjadi pasar otomotif terbesar dunia, penjualan mobil di Cina tahun ini mengalami penurunan drastis dibanding tahun sebelumnya. Tetapi penjualan NEV justru meningkat 51,4% sepanjang Januari hingga November 2017, diprediksi dapat mencapai target penjualan 700 ribu NEV yang mereka canangkan awal tahun. (Rs/Van)

Sumber : Autoblog

Baca Juga : PLN Siapkan Ragam Layanan Tunjang Kendaraan Listrik

GIIAS 2021

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil