Apakah Suzuki Ignis Akan Menyusahkan Toyota Agya Baru?

Apakah Suzuki Ignis Akan Menyusahkan Toyota Agya Baru?

Jakarta - Kehadiran Ignis yang rencananya akan diluncurkan Suzuki April 2017 mendatang dianggap beberapa pihak sebagai pesaing produk di segmen Low Cost Green Car (LCGC) seperti Toyota Agya dan Datsun Go+ Panca.

Update: Toyota Agya 2017 meluncur 7 April 2017

Ya, hal itu wajar, pasalnya Ignis hadir dengan menggunakan mesin berkapasitas 1.2 liter dimana kabar beredar bila Toyota juga akan meluncurkan Agya terbaru dengan menggunakan mesin bersilinder dan kapasitas sama.

Mendengar hal itu, Executive General Manager Marketing Toyota Astra Motor (TAM) Fransiscus Soerjopranoto menyatakan bila pihaknya tidak merasa bila Suzuki Ignis jadi pesaing Toyota Agya terbaru.

Biaya perawatan Agya

"Saya rasa tidak ya, karena akan berbeda dan juga segmentasi pasarnya juga beda. Kamu juga belum tahu kan Agya baru itu seperti apa, jadi kami tidak khawatir dengan kehadiran Ignis," terang Fransiscus di sela acara Safety Workshop yang digelar Toyota di Jakarta.

Fransiscus mencontohkan, saat Suzuki meluncurkan Ertiga hybrid diesel di tanah air, Toyota tidak mencoba melakukan langkah serupa dengan meluncurkan Avanza bermesin diesel. Karena menurutnya selera akan produk dan keinginan masyarakat itu berbeda.

"Contohnya, kemarin Suzuki meluncurkan Ertiga hybrid diesel kami biasa-biasa saja. Walau kami dengar Suzuki diesel itu bagus di India, tapi kan beda, pasar kendaraan roda empat di India dan indonesia tidak sama,” tambahnya.

City car Suzuki Ignis

Dari bocoran yang Oto.com raih, spesifikasi Ignis terbilang lebih lengkap karena memang bukan mobil LCGC. Mobil model mini Crossover ini kabarnya sudah dilengkapi dengan fitur seperti lampu projector, LED DRL (day-time running light/lampu siang), pengatur audio pada palang kemudi, sistem infotainment SmartPlay dengan koneksi Android Auto, Apple CarPlay dan MirrorLink serta Climate Control otomatis.

Pada bagian dapur pacu, Ignis hadir dengan mesin bensin 4-silinder 1.2 liter berkode K12. Mesin tersebut juga digunakan pada Suzuki Baleno baru dan bertenaga 82 hp serta torsi puncak 113 Nm. Harga Suzuki Ignis termurah diperkirakan sekitar Rp 139 juta (Jabodetabek).

Sementara Agya terbaru akan menggunakan mesin Toyota Calya empat silinder berkapasitas 1.2 liter berkode NR yang mampu menghasilkan daya hingga 88 tenaga kuda, dengan harga yang terkatrol sekitar 5 hingga 10 juta.

Nah, sekarang katakanlah Anda punya budget untuk memiliki salah satu dari keduanya. Pilih mana? Harga Toyota Agya yang katanya terkatrol 10 juta (termahal saat ini Rp 139 juta) menjadi 149 juta, atau tambah lagi uang Rp 20 juta untuk mendapatkan Ignis termahal seharga Rp 169 juta?

Ok, Agya tetap lebih murah dan memiliki nama besar Toyota. Tapi Ignis bisa memberikan nilai lebih berupa fitur, ground clearance. Sedangkan kualitas, kami yakin keduanya tidak jauh berbeda. Berikan pendapat Anda di kotak komentar di bawah.

Baca Juga: Ini dia harga Suzuki Ignis 2017

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil