jakarta-selatan

AMMDes Bakal Diekspor ke 49 Negara di Afrika dan Asia

  • 15 Apr, 2019
  • 3169 Kali Dilihat

Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) besutan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia, (KMWI) siap diekspor. Diluncurkan saat Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 lalu oleh Presiden Joko Widodo, kendaraan anak bangsa ini, mendapat respons yang positif dari negara luar.


Langkah besar ini ditandai dengan penandatangan Letter of Intent oleh PT Kreasi Mandiri Wintor Distributor (KMWD), perusahaan pendistribusi AMMDes-KMW bersama PT Repindo Jagad Raya, pengekspor di acara “The 2nd AMMDes Summit and Exhibition”. Nantinya, ditargetkan 10 ribu unit dikirim hingga 2023 ke 49 negara di Afrika dan Asia.


AMMDes


Namun, ketika ditanya negara mana saja yang akan menerima unit dalam tahap awal, KMWD belum bisa memaparkan dengan jelas. Menurut Rio Sanggau, Presiden Direktur KMWD, pihaknya perlu menggodok lebih dalam agar bisa menentukan destinasi ekspor, sekaligus varian unitnya.


“Jadi itu kan total 5 tahunan (rencana ekspor), kami harus bicara lebih detail. Negara mana yang jadi prioritas. Soalnya permintaan negara satu dengan yang lain berbeda,” ucapnya saat diwawancara Oto.com di ICE (Indonesia Convention Exhibition) BSD, Tangerang, Senin (15/04).


Ammdes di ICE


Selain penandatangan kerjasama ekspor, event juga dimanfaatkan untuk aktivitas serah terima unit AMMDes Ambulance Feeder kepada United States Agency for International Development (USAID). Dua kendaraan yang diterima USAID bakal digunakan untuk pelayanan kesehatan. Hal ini menjadi bentuk pembuktian, AMMDes mempunyai fungsionalitas yang mampu memenuhi beragam kebutuhan.


“Tentunya ini satu hal yang luar biasa. Apalagi ini ada kepercayaan dari USAID untuk mengganti nama AMMDes menjadi ambulance pedesaan,” ungkap Airlangga Hartarto, Menteri Perindustrian Republik Indonesia dalam kesempatan yang sama.


 


The 2nd AMMDes Summit and Exhibition


Event yang menjadi momen besar bagi AMMDes, diselenggarakan oleh Kementerian Perindustrian Republik Indonesia dan PT Kreasi Mandiri Wintor Indonesia (KMWI). Beragam kegiatan dihadirkan, seperti : seminar dengan tema “Peningkatan Peran AMMDes Dalam Mendorong Percepatan Pembangunan Ekonomi Pedesaan”, Focus Group (FGD) dengan topik “Pengembangan Bisnis Model AMMDes dan Perluasan Kerjasama Pengembangannya”, serta pembahasan “Pengembangan Research, Design and Development AMMDes dan Komponen Pendukung Dalam Rangka Meningkatkan Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN)”.


“Kegiatan ini menjadi langkah awal membangun komitmen untuk mendukung pemanfaatan dan kerja sama pengembangan AMMDes-KMW,” ucap Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Kemenperin, Putu Juli Ardika.


Dengan adanya perhelatan yang merupakan kelanjutan dari kegiatan 2018 lalu ini, diharapkan dapat mendorong peningkatan pemanfaatan AMMDes untuk memenuhi berbagai kebutuhan kegiatan ekonomi masyarakat pedesaan. (HFD/IND)


Baca Juga: Pilihan keluarga Indonesia dari waktu ke waktu

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Populer

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi