jakarta-selatan

Napak Tilas Jejak si Fenomenal, Yamaha NMax

  • 26 Feb, 2019
  • 6145 Kali Dilihat

Yamaha NMax memang fenomenal. Buktinya bisa dilihat sendiri. Skutik bongsor 150 cc itu, pasti sering terlihat melintas di jalanan Indonesia. Bahkan popularitasnya terus meningkat sejak diluncurkan, kian hari semakin banyak NMax berpindah ke tangan konsumen. Saking larisnya, awal 2018 sempat diumumkan jadi model manufaktur yang paling banyak dibeli.


Meski begitu, NMax minim penyegaran. Sejak diluncurkan empat tahun silam, tak ada perubahan berarti. Hanya penambahan tabung pada suspensi belakang yang paling terlihat. Sisanya hanya warna dan tekstur jok. Namun kabarnya, Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah menyiapkan NMax baru untuk 2019 ini. Rumornya malah tak lama lagi bakal diluncurkan. Untuk menyambut versi anyarnya, kita lihat kilas balik perjalanan NMax di Indonesia.


Peluncuran Perdana Yamaha NMax 



Empat tahun lalu, tepatnya 10 Februari 2015, diluncurkan okeh YIMM. Kelahirannya mendapat banyak sorotan, lantaran kala itu cuma ada Honda PCX versi impor yang bermain di segmen skutik bongsor. Apalagi, NMax yang diproduksi lokal bisa dilabeli harga jauh lebih murah dari PCX impor. Sontak langsung mencuri perhatian banyak orang. Pertama kali meluncur, NMax dibekali harga Rp 27,4 juta. Harga itu sudah termasuk mesin 155 cc dengan variable valve actuation (VVA) dan pengereman ABS.


Varian Murah Dihadirkan


Tak beberapa lama, YIMM menambah varian baru. Pada 22 Juni 2015, lahir Yamaha NMax non-ABS atau versi hemat. Harganya Rp 23,5 juta. Beda fiturnya cuma tanpa ABS, sedang sisanya sama. Kelahiran NMax tanpa ABS jadi titik start melonjaknya penjualan NMax di Indonesia.


NMax Dapat (Sedikit) Pembaruan


 


Hampir dua tahun berkiprah, akhirnya diberikan penyegaran ringan. Penutup 2016, YIMM mengoprek warna bodi dan bahan jok NMax agar semakin memikat konsumen. Kala itu, jok NMax dipermanis dengan kombinasi tekstur kulit dan satin.


Sementara warna, khusus NMax berkelir merah diberi sentuhan matte pada bagian bodi, Cover side boomerang berubah menjadi matte grey dari sebelumnya berwarna silver. Handle jok belakang juga sama, menjadi matte grey. Sedang peleknya dilabur hitam.


Untuk NMax hitam tetap memakai balutan glossy. Bagian Cover side boomerang dan handle jok belakang seragam dengan warna merah, yakni matte grey. Pelek juga sama, jadi hitam. Sedang pilihan NMax abu-abu cuma berganti warna pelek saja.


Laris Dibeli Konsumen



Pada 2017, NMax berhasil masuk sebagai salah satu dari lima motor terlaris di Indonesia. Hasil itu dari data yang dikeluarkan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Semester pertama 2017, NMax terjual sampai 104.600 unit. Hasil yang hebat, mengingat harga NMax melebihi Rp 20 juta. Sementara motor lain yang masuk lima besar penjualan adalah motor kecil termasuk Yamaha Mio M3, Honda Beat, Honda Vario dan Honda Scoopy. Semuanya tak ada yang semahal NMax.


NMax Ganti Shock Absorber


Mbaknya Nmax 2018


Hasil penjualan baik, YIMM akhirnya mendengarkan keluhan konsumen. NMax diberi penyegaran yang lumayan signifikan di akhir 2017. Pada 9 Desember 2017, ia dibekali suspensi belakang bertabung. Ini sebagai jawaban YIMM yang mengantongi banyak keluhan soal kerasnya bantingan NMax. Selain itu, penyegaran kedua juga untuk mengantisipasi kelahiran PCX lokal yang waktu itu hendak diluncurkan. Agar daya saingnya meningkat melawan PCX baru rakitan lokal.


Yamaha NMax 2019


Sudah empat tahun NMax beredar di Indonesia. Sayang tanpa ada penyegaran yang berarti. Misalnya dari segi eksterior, fitur maupun mekanisnya. Padahal tak sedikit yang menanti perubahan atau faceliftnya. Menanggapi itu, tampaknya YIMM punya rencana lain, menyajikan NMax yang baru. Ya, rumornya di paruh 2019 lahir NMax baru dengan banyak ubahan. Sayangnya belum bisa dikonfirmasi, apakah benar-benar baru atau facelift besar. Tapi dari isu yang beredar, bakal ada mesin Blue Core generasi anyar yang dipadankan dengan smart motor generator (SMG) dan stop start system (SSS).


Sementara keran informasi lain masih ditahan oleh pihak YIMM. Masih penasaran dengan Yamaha NMax baru? Desainnya seperti apa ya yang bakal diaplikasikan pada skutik 155 cc Yamaha itu? Kita nantikan saja bocoran informasi dan peluncurannya. (Tom/Van)


Baca Juga: Jelajah Tangguh Corsa Platinum M5 Bersama JMC

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian Nmax 2019

  • Standard | Rp26,3 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp2,7 Juta
    Angsuran Rp1,15 Juta
    Tenor 35 Months
  • ABS | Rp30,2 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp3,1 Juta
    Angsuran Rp1,29 Juta
    Tenor 35 Months

Video Yamaha Nmax 2019

Lihat video terbaru Yamaha Nmax 2019 untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi