jakarta-selatan

Budget Rp 20 Jutaan, 5 Skutik Terbaru Ini Bisa Jadi Pilihan

  • 21 Nov, 2018
  • 1935 Kali Dilihat


Segmen skutik kian tinggi peminatnya. Faktor kemudahan berkendara menjadi dasar motor bertransmisi otomatis memiliki daya saing. Tak heran jika para produsen berlomba, terus menghadirkan produk di segmen ini. Bahkan modelnya dibuat menyasar seluruh lapisan masyarakat, dari yang sangat terjangkau sampai bertabur fitur.


Kali ini kami hadirkan pilihan 5 skutik terbaru di Indonesia, yang memiliki banderol antara Rp 18 juta sampai Rp 23 juta.


1. Yamaha FreeGo (Rp 18,5 juta – Rp 22,5 juta)


FreeGo, skutik terbaru Yamaha Indonesia. Walau tak masuk ke dalam keluarga Maxi, skutik yang meluncur di Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2018 menawarkan berbagai fitur.



Contohnya bagasi di bawah jok yang memiliki kapasitas mencapai 25 liter. Ruang bagasi ini lebih besar dari NMAX. Ini bisa didapat berkat pindahnya tangki bahan bakar ke lantai deck. Konfigurasinya juga mengizinkan pengendara mengakses tutup tangki tanpa perlu turun dari motor, lantaran posisinya berada di depan. Selain itu, ada power socket untuk mengisi daya smartphone.


Jantung mekanisnya berkapasitas 125cc berteknologi BlueCore dan Smart Motor Generator. Membuat FreeGo memiliki performa mumpuni dan akselerasi starter awal yang halus. Keluaran tenaganya sebesar 9,5 ps pada 8.000 rpm dan torsi 9,5 Nm di 5.500 rpm.


Skutik ini ditawarkan dalam tiga varian. Yang tertinggi FreeGo S dengan ABS (anti-lock braking system). Adanya fitur ABS meningkatkan performa pengereman dan pengendalian ketika mengalami insiden. ABS hanya tersedia di varian tertinggi dengan banderol Rp 22,5 juta.


2. Yamaha Lexi (Rp 20,15 juta – Rp 23 juta)


Skutik bongsor ini masuk keluarga Yamaha Maxi. Artinya, Lexi bersanding bersama lini skutik premium Yamaha : NMax, XMax dan TMax. Secara desain, Lexi punya ciri khas Maxi yang besar nan mewah.



Mesin yang diusung berkapasitas 125cc berteknologi VVA, sehingga keluaran tenaganya mencapai 11,9 PS pada 8.000 rpm dan torsi 11,3 Nm. Penyematan VVA mampu memberikan kontrol keluaran tenaga yang stabil. Performanya juga didukung oleh sistem pendingin cairan, agar suhu mesin stabil. Efisiensi bahan bakar juga ditunjang oleh fitur start & stop system (SSS), yang mengizinkan skutik ini mematikan mesin ketika berhenti sesaat.


Fitur yang dimilikinya juga terbilang lengkap. Seperti adanya soket power di depan. Kemudian smart key hanya ada di varian tertinggi, Lexi S. Performa pengendalian dan kenyamanan turut dibantu suspensi model tabung di belakang. Di sisi kepraktisan dan keamanan, Lexi varian tertinggi sudah memakai smart key system yang dipadu fitur immobilizer dan answer back system untuk memudahkan pengendara mencari posisi parkir motor. Walau begitu, Lexi tak memiliki rem ABS seperti FreeGo.


3. Honda Vario 125 (Rp 19,2 juta – Rp 20 juta)


Vario 125 Ditawarkan dalam dua varian, CBS dan CBS-ISS. CBS sendiri berarti combi brake system, atau fitur yang mengizinkan pengendara melakukan pengereman pada kedua ban melalui satu tuas. Sedangkan ISS adalah idling stop system, fitur untuk mematikan mesin ketika berhenti sesaat.


kelebihan honda vario 125 dari Yamaha Lexi


Skutik Honda ini punya jantung mekanis satu silinder 125 cc, yang bisa menyemburkan torsi 10,8 Nm pada 5.000 rpm dan 11,1 PS di 8.500 rpm. Untuk menyalakan mesin, Vario 125 sudah mengusung teknologi ACG starter, sehingga suaranya lebih halus.


Fitur lain yang dimiliki seperti bagasi bawah jok yang punya daya tampung 18 liter. Cukup untuk memuat satu helm dan beberapa perlengkapan berkendara. Walau belum keyless, tapi Vario 125 sudah punya fitur alarm untuk mencegah pencurian.


4. Honda Vario 150 (Rp 22,6 juta)


Secara fitur Vario 150 tak jauh berbeda dengan model bermesin 125cc. Tetapi ada beberapa kelebihan seperti sistem keyless untuk menyalakan dan mematikan mesin tanpa anak kunci. Ini semakin diperkuat dengan fitur alarm.


All new Vario 150 2018


Vario 150 hanya punya satu varian dengan empat pilihan warna dan desain yang elegan serta sederhana. Untuk jantung pacunya punya kapasitas ruang pembakaran 150cc, dengan keluaran tenaga sebesar 13,1 ps di 8.500 rpm dan torsi 13,4 Nm pada 5.000 rpm.


5. Honda Scoopy (Rp 18,3 juta)


Skutik satu ini punya daya tarik tersendiri, modelnya yang retro. Desain ini cocok untuk konsumen muda atau mereka yang ingin bergaya. Pilihan warnanya saja sampai 7 varian.



Walau tampil dengan gaya retro, Scoopy sudah menggunakan teknologi dan fitur terkini. Guna menunjang kenyamanan pengendara, seperti : bagasi bawah jok 15,4 liter, power socket di dalam kotak konsol, ISS, CBS, alarm dan answer back system. Urusan performa, mesin yang digunakan berkapasitas 110cc. Meski mesinnya tak besar, tetapi tenaga yang dihasilkan cukup mumpuni, 9,1 ps pada 7.500 rpm dan torsi 9,4 Nm di 6.000 rpm. Jantung pacunya juga hemat bahan bakar. (Hfd/Van)


Baca Juga: Beli Yamaha Cash Dipersulit? Laporkan!

kali dibagikan

Harga dan Promo Varian FreeGo

  • Standard | Rp18,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp1,9 Juta
    Angsuran Rp1,12 Juta
    Tenor 23 Months
    Lihat Promo
  • S | Rp19,7 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp2 Juta
    Angsuran Rp1,19 Juta
    Tenor 23 Months
    Lihat Promo
  • S ABS | Rp22,5 Juta (OTR)
    DP (mulai dari) Rp2,3 Juta
    Angsuran Rp1,35 Juta
    Tenor 23 Months
    Lihat Promo

Video Yamaha FreeGo

Lihat video terbaru Yamaha FreeGo untuk mengetahui bagaiamana mesin, desain, konsumsi BBM, performa & lainnya.

Motor Yamaha Pilihan

  • Populer
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi