Pilihan Mobil Honda 2023 dengan Bujet Rp300 Jutaan

Pilihan Mobil Honda 2023 dengan Bujet Rp300 Jutaan

 

KEY TAKEAWAYS

  • Dana Rp300 jutaan bisa memboyong mobil Honda dengan kelengkapan Honda Sensing

    Kalau mau yang paling murah, sudah tersedia di WR-V RS tak sampai Rp310 juta
  • Sajian mobil di Rp300 jutaan kian menarik. Saat ini, pabrikan sudah memberikan banyak fitur mutakhir dalam rentang harga itu.  Honda punya banyak pilihan. Bahkan tersedia dari jenis dan segmen berbeda. Jika punya bujet segini, sudah bisa menikmati kecanggihan Honda Sensing. Berikut adalah rekomendasi dari kami.

     

    Honda WR-V

    WR-V

    WR-V merupakan model terbaru Honda yang bersaing di segmen SUV kompak. Pesaingnya ada Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Ia mendebut November 2022 setelah setahun dipamerkan dalam bentuk konsep bernama SUV RS. Terdapat tiga varian bisa dipilih. Namun kami sarankan Honda WR-V RS 1.5L with Honda Sensing  seharga Rp309,9 juta. Ia adalah mobil Honda dengan Honda Sensing termurah.

    Struktur andalan Honda yakni G-Con + Ace dengan side impact beam di balik bodi. Panjang mobil 4.060 mm, lebar 1.780 mm, tinggi 1.608 mm dan jarak sumbu roda 2.485 mm. Kemampuan menjelajah berbagai karakter jalan disokong ground clearance 220mm. Berkat penggunaan pelek 17 inci berbalut ban 215/55 mm.

    Urusan desain, Honda berhasil membuatnya atraktif. Tampang gagah karena grille dan intake masif, ditambah bentuknya bulky. Padahal ukurannya tidak terlalu besar. Cladding kontras bodi menyempurnakan tampilan SUV dan banyak permainan silver dan kromium untuk memunculkan kesan mewah.

    Di balik kap tersimpan enjin berkode L15ZF berkonfigurasi 4 silinder, berkubikasi 1,5 liter dan berteknologi i-VTEC. Honda dikenal sering menyematkan jantung mekanis powerful. Bila dibandingkan pesaingnya, WR-V jadi paling bertenaga. Output tertinggi mencapai 121 PS di 6.000 rpm dan momen puntir optimal 145 Nm di 4.300 rpm. Seluruh energi dorong disalurkan ke roda depan melalui sistem pemindah gigi CVT, yang diklaim halus dan hemat bahan bakar.

    Spesifikasi di atas masih ketambahan fitur Advanced Driving Assistance System (ADAS) yang memanfaatkan sensor dan radar. Pabrikan menyebutnya Honda Sensing, terdiri dari Collision Mitigation Brake System (CMBS), Road Departure Mitigation System (RDM), Lane Keeping Assist System (LKAS), Adaptive Cruise Control (ACC) dan Auto-High Beam. Ia melengkapi perangkat standar seperti 6 kantung udara, hill start assist, Anti-lock Braking System, Electronic Brakeforce Distribution, Braking Assist dan Honda Lane Watch.

    Kenyamanan dalam kabin dipenuhi lewat head unit 7 inci yang dapat terhubung smartphone menggunakan Android Auto atau Apple CarPlay. Fitur remote engine starter sudah tersedia, termasuk fungsi Auto AC.

     

    Honda BR-V

    All New Honda BR-V

    Honda BR-V generasi baru mendapat banyak penyempurnaan. Gaya global sudah diterapkan, sehingga mirip-mirip model Honda lainnya. Grille yang biasanya dipenuhi palang tebal kini ketambahan kisi-kisi horizontal lebih pipih. Hidung BR-V tak lagi mancung kesannya mengotak. Sebenarnya kalau melihat WR-V, gayanya senada.

    Meski begitu, secara dimensi ia lebih besar. Dimensinya 4.490 mm x 1.780 mm x 1.685 mm (PxLxT). Ground clearance sama seperti WR-V, 220 mm. Artinya mobil bisa diajak menjelajah bebas. Kami pun sempat mengujinya lewat petualangan di Pulau Sulawesi. Di mana perjalanan sejauh 1.900 km kami tempuh dengan berbagai karakter jalan, mulai menanjak, rusak sampai tanpa aspal.

    Enjin BR-V sejatinya sama dengan WR-V. Ini sudah digunakan lebih dulu pada model lama. Tak ada perbedaan output. Namun, terdapat pilihan transmisi manual. Sesuai dana Rp300 jutaan, bisa pilih:

    • Honda BR-V E CVT - Rp305,3 juta
    • Honda BR-V Prestige CVT - Rp327,6 juta 
    • Honda BR-V Prestige CVT with Honda Sensing - Rp348,6 juta

    Fitur memadai, termasuk adanya Honda Sensing. Kemudian Remote Engine Start, Honda Lane Watch, kamera belakang, 6 kantung udara, Vehicle Stability Assist dan sejumlah perangkat standar. Overall BR-V bisa jadi pilihan buat keluarga besar. Apalagi bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang banyak berkat luas bagasi dapat dimaksimalkan dengan melipat baris ketiga dan kedua.

    Baca Juga: Siapa yang Unggul, Honda HR-V SE atau Hyundai Creta Prime IVT?

     

    Honda City Hatchback RS

    Honda City Hatchback

    Berangkat dari sedan kemudian ditransformasi menjadi bentuk hatchback. Bahkan sepintas ia mirip model wagon berkat wajah mancung khas sedan, bokong besar dan ground clearance rendah. Mobil ini memang memiliki jarak terendah dengan permukaan tanah sebesar 135 mm. Dimensinya 4,349 mm x 1,748 mm x 1,488 mm (PxLxT), terasa pas untuk melintas di daerah perkotaan.

    Pengguna masih disuguhkan ruang kabin lapang, walau hanya mampu menampung 5 penumpang. Apalagi City Hatchback punya fleksibilitas pengaturan jok. Ada opsi Ultra Seat yang merebahkan sandaran jok depan hingga rata lantai dan menyambung ke kursi belakang. Hasilnya sebuah kursi malas yang memungkinkan pengguna menyandarkan kaki. Ini masih bisa dilapangkan dengan menurunkan sandaran jok belakang dan ini merupakan mode Long untuk membawa barang berukuran panjang. Mode lain yakni Tall dan utility, cocok untuk membawa barang dalam berbagai ukuran.

    Gaya sporty dan elegan dimilikinya. Tampang depannya bak sedan-sedan Honda dengan palang tebal kontras bodi dan lampu tajam. Tatanan sudah kekinian. Sementara belakangnya bergaya hatchback dengan kaca belakang sedikit melandai. Nuansa sporty makin kental lantaran adanya diffuser dan bumper besar mengotak. Secara keseluruhan wujudnya cocok untuk semua karakter, baik muda maupun senior.

    Terdapat tiga varian ditawarkan:

    • Honda City Hatchback RS M/T - Rp333,6 juta
    • Honda City Hatchback RS CVT - Rp343,6 juta
    • Honda City Hatchback RS CVT with Honda Sensing - Rp362,6 juta

    Ketiganya diperkuat mesin sama dengan WR-V dan BR-V. Pakai 1,5 liter empat silinder i-VTEC penghasil 121 PS dan torsi 145 Nm. Jadi tak perlu kuatir soal performa. Bila tak biasa transmisi CVT bisa memilih manual berbanderol lebih terjangkau. Fiturnya juga tak berbeda. Head unit lebih besar berukuran 8 inci, sehingga tampilan lebih jelas. Rear View Display juga bisa disetel mau wide, normal atau top saja. Honda Sensing terdapat di varian tertinggi.

     

    Honda City Sedan

    All New Honda City

    Jika ingin mobil lebih berkelas bisa memilih model sedan Honda, yakni City. Ia belum lama ini juga diperbarui. Sebagai model yang cukup lama melantai di pasar otomotif Tanah Air, berbagai ubahan signifikan diberikan. Proporsi desain misalnya lebih enak dipandang. Wajah diberikan palang tebal melintang tersepuh kromium, menyatu dengan lampu tajam. Bukaan sebagai penyedot udara tersemat di banyak area termasuk grille-nya. Sementara belakang ada nuansa coupe dengan atap melandai hingga ke ujung. Lampu kombinasinya lebih kompleks membentuk pola atraktif.

    Tubuhnya berukuran 4.553 mm x 1.748 mm x 1.467 mm (PxLxT). Sebagai sedan tentu ground clearance tak tinggi, setara versi hatchback. Ia ditawarkan dalam satu varian seharga Rp373,9 juta. Lagi-lagi jantung mekanisnya sama seperti tiga model di atas. Tapi desainnya tentu memberikan pengalaman mengemudi berbeda. Mobil lebih menyenangkan untuk dikendalikan karena lebih stabil.

    Memang faktor ini menjadi salah satu fokus. Soalnya fitur tak selengkap lini lain, lantaran tidak ada Honda Sensing. Tapi ia punya paddle shift, peningkat keseruan ketika duduk di depan kemudi. Selain itu, fitur tertanam sudah cukup memberikan kenyamanan. Apalagi nuansanya tetap terasa mewah dan ingat ini adalah sedan. Ada prestige tersendiri.

    Adapun fitur standarnya seperti head unit 8 inci dengan koneksi smartphone, Vehicle Stability Assist, Hill Start Assist, 6 kantung udara. Bila dirasa tampilan masih kurang, Anda punya opsi untuk menambah aksesoris Modulo untuk eksterior.

     

    Honda HR-V

    all new Honda HR-V

    Opsi terakhir adalah HR-V. Kalau dibandingkan dengan model terdahulu, Honda merombak total. Kita ketahui mobil ini seperti punya tubuh pipih, terutama karena komposisi tiap segmen bodi. Dimensinya 4.385 mm x 1.790 mm x 1.590 mm (PxLxT). Ditambah penyematan komponen senada seperti headlamp, foglamp dan intake. Kemudian grille tak terlalu besar terlihat mendominasi karena pola dalam bingkai berbalut kromium. Belakang pun sama. Reflektor tipis memanjang selebar badan, dipadukan lampu kombinasi tajam. Makin premium lantaran sein menyala secara sequential.

    Sebenarnya ia memiliki varian penggendong Honda Sensing. Namun, harganya melebihi dari bahasan kali ini. Hanya dua tipe yang masuk, yakni, Honda HR-V S CVT senilai Rp364,9 juta dan Honda HR-V E CVT Rp384,9 juta

    Walau begitu, ia sudah melingkupi seluruh kebutuhan pengguna. Fitur safety contohnya ada ABS, EBD, BA, Hill Start Assist, Hill Descent Control, 4 kantung udara, Rear Parking Camera, Parking Sensor, Walk-Away Auto Lock. Sektor kenyamanan disediakan head unit 7 inci terkoneksi smartphone, Auto AC, Paddle Shift, Remote Engine Start dan Eco Assist. Sama seperti City Hatchback, setelan jok fleksibel untuk menyediakan ruang bagasi optimal.

    Jantung pacu varian di rentang Rp300 – Rp400 juta menggunakan 1,5 liter DOHC i-VTEC. Semburannya 121 PS dan torsi 145 Nm. Bila Anda mau merogoh kocek lebih dalam, mesin didapat lebih bertenaga mencapai 177 PS dan momen puntir 240 Nm. (HFD/ODI)

     

    Baca Juga: Pilihan Mobil Low SUV 7-Seater yang Cocok Buat Mudik

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Honda

    • Honda Brio
      Honda Brio
    • Honda HRV
      Honda HRV
    • Honda WR-V
      Honda WR-V
    • Honda BRV
      Honda BRV
    • Honda Civic Type R
      Honda Civic Type R
    • Honda CRV
      Honda CRV
    • Honda Mobilio
      Honda Mobilio
    • Honda City
      Honda City
    • Honda City Hatchback
      Honda City Hatchback
    • Honda Civic RS
      Honda Civic RS
    • Honda Accord
      Honda Accord
    Mobil Honda

    IMOS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Honda Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Honda

    Artikel Mobil Honda dari Carvaganza

    Artikel Mobil Honda dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Review
    • Artikel Feature