Mobil-Mobil Keren yang Sayangnya Hanya Dibuat untuk Pasar Jepang

Mobil-Mobil Keren yang Sayangnya Hanya Dibuat untuk Pasar Jepang

Pabrikan Jepang selain membuat kendaraan yang laris manis juga terkenal dengan idealimenya. Ini terkait dengan keputusan mereka memproduksi beberapa model, yang ironisnya justru terkenal dan laris manis, namun hanya untuk konsumen pasar Jepang saja. Kita tentu kenal dengan istilah Japanese Domestic Market alias JDM. Artinya, model mobil tertentu hanya dijual untuk pasar domestik Jepang dan tidak bakal ditemui di negara lain.

Bicara mobil-mobil JDM, bagi yang awam pasti terbayang Kei car mungil. Irit, gampang parkir, yang turun wanita muda cantik, atau bapak-bapak tanpa gairah hidup. Tapi bagi yang paham, macam kami dan Anda, bakal muncul dari benak, mobil-mobil kencang hanya ada di Negeri Matahari Terbit itu. Bagi pemilik mobil Jepun, terbayang model modifikasi JDM dengan pelek Enkei, Rays Engineering, aksesoris mobil asli buatan sana dan sederet hal lain bisa bikin bos kita ngambek karena melamun di tengah pekerjaan.

Kali ini kami ingin bahas soal mobil hebat yang hanya dibuat khusus untuk pasar lokal Jepang. Hebat di sini maksudnya legendaris. Entah mobilnya legendaris tapi modelnya macam kotak sepatu, atau juara ‘jiwa dan raganya’. Ada banyak sebetulnya. Tapi supaya tidak terlalu panjang, ini beberapa mobil 'JeDe eiM' only yang bikin ngiler. Mobil-mobil di bawah ini adalah hasil obrolan dengan beberapa orang penyuka mobil tua bikinan Jepang yang ada di daftar impian mereka dan saya.

Nissan Stagea Autech 260RS

Nissan Stagea Autech 260RS

Ini mobil yang membuat saya berdebat dengan penggemar tulen Nissan. Tidak perlu disebutkan namanya, karena dia cuma paham mobil Jepang adalah Nissan. Lainnya bukan apa-apa. Saat dia menunjukkan Stagea Autech 260RS ini, "Mobil angkutan mayat?" adalah pertanyaan pertama terlontar.

Keki, teman saya langsung bilang dengan nada tidak enak, lihat speknya! Ok, ternyata selain body dengan fitur aerodinamika dan overhang (jarak dari spakbor ke ujung bemper) belakang yang kepanjangan macam kereta anumerta, Stagea ini dibekali mesin RB26DETT tein turbo. Jantung mekanis yang sama bisa Anda temukan di GT-R generasi R33. Menghasilkan tenaga 280 PS (276 hp). Lebih dari itu, penyalur tenaga juga dicomot dari mobil jagoan itu. Transmisi 5-speed manual menghantarkan tenaga ke semua roda. Tidak lupa ada LSD untuk pendistribusian torsi. Jadi, pada dasarnya ini adalah GT-R R33 versi station wagon? Mungkin. Yang pasti ternyata bukan mobil jenazah.

Yap Stagea 260RS Autech Version adalah mobil Nissan Stagea yang dituning oleh Autech. Selain soal mesin di atas, unit itu juga punya banyak perangat yang membuat mulut menganga. Sebut saja rem Brembo, alloy wheels 17 inci keluaran BBS, protektor di bagian bawah bodi, suspensi yang diupgrade, stabilizer khusus di bagian suspensi belakang, Autech bodykit seperti sideskirt, front bumper, dan tailgate spoiler. Sudah? Belum. Masih ada kemudi R33 GTR dan spesial trim untuk jok. Selama diproduksi 1996-2001 diproduksi sebanyal 1.736 unit.

Baca juga: Toyota Corolla Jadi Mobil Paling Laris di Dunia, Leluhurnya Buktikan Bahwa Atraktif Tidak Harus Sempurna

Nissan Sileighty

Nissan Sileighty

Ini mobil sebetulnya bukan asli bikinan Nissan. Ceritanya begini, saat kepopuleran ajang drift memuncak di era 80-90an di Jepang, mobil favorit para pelaku drift adalah Nissan 180SX. Apesnya, kalau bagian depan rusak untuk memperbaiki akan mahal. Lebih murah kalau depannya diperbaiki menggunakan komponen Nissan Silvia. Mulai dari lampu, fender, kap mesin. Tidak perlu merubah ini itu. Tinggal baut. Gara-gara campur sari itu, muncullah nama SilEighty atau Sil80. Alias Silvia-180SX. Baca pakai bahasa Inggris.

Kepopuleran Nissan Sileighty didorong rumah modifikasi lokal Kid’s Heart. Mereka yang punya ide untuk memasarkan langsung mobil ini setelah meminta izin ke prinsipal Nissan. Gayung bersambut, Sileighty buatan mereka laku 500 unit. Sayangnya, karena populer oleh film kartun, komik dan sebagainya, jumlah beredar lebih dari itu. Jadinya susah membedakan mana bikinan Kid’s Heart dan mana yang apkiran.

Toyota Supra TRD 3000GT

Toyota Supra TRD 3000GT

Jarang dengar? Sama. Pada 1994, saat Toyota mau turun balap GT500 Jepang, TRD, tuner Toyota memperlihatkan versi jalan raya Supra yang ikut balapan tersebut. Apa bedanya? Pautan mesin tidak jauh dengan Supra standar. Tapi mobil ini bisa lebih kencang karena peningkatan aerodinamika dan penurunan bobot.

Awalnya hanya replika dari 1994 JGTC BLITZ Racing Team Supra GT500. TRD meracik ulang bemper depan, belakang, wing dan splitter. Beberapa komponen body diganti dengan carbon fiber reinforced plastic. Lubang di bemper depan mampu menghisap udara lebih banyak untuk keperluan mesin. Kelebihan tekanan udara lantas dilepas melalui ventilasi di kap mesin. TRD menjual bodykit ini sebagai aksesoris resmi. Tapi tunggu, ada juga mobil asli keluar dari pabrik dengan bentuk begitu. Inilah yang dinamakan TRD 3000GT. Hanya ada 35 unit di Jepang. Ini jadi incaran kolektor.

Baca juga: Ini Mobil-Mobil yang Gunakan Mesin Hasil Buatan Yamaha

Honda Civic FD2 Type R Mugen RR

Honda Civic FD2 Type R Mugen RR

My Favorite! FD2 adalah salah satu Civic terbaik menurut saya, setelah Wonder Setrikaan dan Nouva. Apalagi versi mesin 2.0 liter. Tentunya tidak perlu heran kalau akhirnya ada versi Type R. Tapi lebih dari itu, Mugen tergelitik untuk mengoprek versi kencang itu.

Dibuat cuma 300 unit untuk pasar domestik, pembedanya dengan Type R biasa adalah mesin yang tenaganya naik jadi 237 hp. Dari luar, pelek palang tujuh ukuran 18 inci bikinan Mugen, kap mesin aluminium. Interiornya mengedepankan jok Recaro SP-X, short shifter, emblem Mugen di beberapa tempat. Satu lagi, kalau ada mengaku punya mobil ini dengan warna biru/hitam/putih/hijau dangdut dipastikan palsu. Type R Mugen RR hanya keluar dengan warna Merah membara. Alias Milano Red. Kecuali kalau sudah cat ulang.

Ferrari J50

Ferrari J50

Ferrari? Terbatas di Jepang? Kenapa tidak. Justru rasanya aneh jika model satu ini kalau tidak masuk daftar mobil hebat yang hanya ada di Jepang. Yes, kami paham kalau Ferrari adalah mobil dari negara sebelah sananya laut mediterania, dan kami juga yakin, Jepang adalah pasar yang signifikan untuk sang Kuda Jingkrak.

Ceritanya begini. J50 hadir untuk memperingati 50 tahun kehadiran Ferrari di negeri itu. Muncul tahun 2016 dengan berbasis Ferrari 488 Spider. Mesin V8 6,3 liter. Gelindingan tenaga mencapai 689 PS. Lihat saja fotonya untuk membedakan dengan 488 asli. Jangan lupa, ini termasuk Ferrari langka. Hanya ada 10 unit di dunia. Semua ada di Jepang. Entah kalau ada orang Indonesia yang bisa bawa. Paling ujungnya dituntut oleh Ferrari. Atau bea cukai.

Subaru Impreza 22B STi

Subaru Impreza 22B STi

Okelah, Impreza ini masuk karena memang ada di daftar mobil favorit pribadi. Dan bukan cuma dipasarkan di Jepang. Tapi mayoritas dijual di sana, sisanya yang di luar negeri sebagian impor non-resmi. Dibuat 400 unit, laku dalam 30 menit saja saat diluncurkan. Bayangkan salesman yang kaya mendadak hari itu. Karena di Inggris juga populer, dikirim 16 mobil tambahan untuk dipasarkan di sana. Australia juga minta dan diberi 5 unit. Unik untuk Inggris, 50 unit dari 400 itu ternyata diborong oleh IU. Jadi Inggris kebagian 66 mobil.

Impreza 22B muncul tahun 1998 untuk memperingati 40 tahun Subaru, sekaligus kejayaan di arena rally dunia untuk ketiga kalinya. Di dalam ruang mesin dipasang boxer 4-silinder 2,2 liter, lengkap dengan turbocharger. Tenaganya 280 PS, torsi 363 Nm. Jangan lupa ini mobil AWD. Nah, balik lagi ke Inggris, 16 mobil yang diimpor resmi, dimodifikasi oleh Prodrive. Dengan rasio gigi perseneling yang lebih panjang. (Ind/Raju)

Baca juga: Mengenang Kejayaan Si Babi Merah, Saloon Mercedes-Benz yang Mengharumkan nama AMG Lima Puluh Tahun Silam

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil