Alternatif Crossover Sepantaran Daihatsu Rocky yang Menarik untuk Dipinang

Alternatif Crossover Sepantaran Daihatsu Rocky yang Menarik untuk Dipinang

Adalah permainan fitur dan sensasi pengoperasian paling modern jadi nilai jual Daihatsu Rocky. Belum lagi pemanfaatan platform dan enjin anyar sehingga membedakan ia dari kontestan Daihatsu lain. Jelas menambah keistimewaan, semua dibungkus gaya SUV yang sedang digandrungi banyak orang.

Susuk pemikat lantas disudahi oleh kekuatan reputasi merek dan harga. Dengan tebusan Rp 200-250 jutaan Anda bisa bawa pulang sebuah crossover perkotaan hasil kolaborasi Daihatsu dan Toyota. Didukung pula penetapan harga sesuai relaksasi PPnBM periode pertama – meski besar kemungkinan terdapat penyesuaian saat nanti kebagian unit. Tinggal pilih varian sesuai kebutuhan, opsi termurah saat ini bahkan tampaknya tidak menjadi masalah.

Kendati begitu, ia berlaga di pertarungan crossover yang sarat akan fitur keren tanpa bikin kantong jebol. Sama-sama dibungkus gaya tangguh berdimensi kompak pula, cocok untuk solusi modis dan kekinian dalam berkomutasi. Untuk itu sebelum memutuskan beli Rocky, simak dulu alternatif berikut ini sebagai bahan pertimbangan.

Toyota Raize

Toyota Raize GR Sport

Sebagai produk kolaborasi tentu terdapat alternatif dari merek sebelah. Siapa lagi kalau bukan Raize sebagai perwakilan Toyota di segmen ini. Melirik strategi posisi produk Daihatsu-Toyota pada umumnya, Raize cenderung mengisi pasar kelas menengah ke atas. Tawarkan potensi perbekalan lebih banyak ketimbang trim tertinggi Rocky. Tentu ada rupa, ada harga.

Baca juga: Ingin Beli Toyota Raize 1.0 Turbo, Skema Cicilan Mulai Rp 4 Jutaan

Rentang harga Raize saja sudah lebih tinggi ketimbang Rocky. Standar tipe 1.0T G single tone diberi label mulai dari Rp219,9 juta sampai 1.0T GR Sport TSS di angka Rp 263,7 juta. Tambah lagi sekitar Rp 2,2 atau 2,3 juta untuk menikmati visual eksterior two-tone. Sebagai perbandingan, model keluaran Daihatsu sendiri dilego di angka Rp 214,2 sampai 236,1 juta saja. Ingin warna paling istimewa, topnya tinggal tambah Rp 3,5 juta saja.

Kurang lebih isi gudang persenjataan kasta terendah 1.000 cc turbo tergolong sama. Namun akan lain cerita ketika melirik varian kelas atas Toyota. Tipe GR Sport misalnya, tawarkan bumbu penyedap berupa bodikit serta penegasan sensasi berkendara lewat pelapis fabric dan kulit serta paddle shifter. Juga peranti seperti AC otomatis ditanamkan.

interior Raize

Diferensiasi paling besar terletak di kemampuan asisten berkendara trim tertinggi. Raize membawa perbekalan Safety Sense paling lengkap pada trim GR Sport TSS. Termasuk di dalamnya Adaptive Cruise Control, Rear Crossing Traffic Alert, dan Blind Spot Monitoring. Merupakan tambahan dari standar Advanced Safety Assist Daihatsu yang sudah membawa Pre-Collision System, Front Departure Alert, Lane Departure Assist, dan Pedal Misoperation Control.

Lebih dari itu, Raize GR Sport TSS juga menyiapkan perlindungan airbag enam titik. Sedang peranti penunjang keselamatan berkendara seperti Vehicle Stability Control, ABS, sensor parkir, kamera mundur sudah menjadi standar di seluruh model 1.000 cc turbo.

Kia Sonet Smart

Kia Sonet Smart

Kia Sonet boleh dibilang menjadi pionir di pasar ini. Menggebrak segmen SUV dengan segudang kehebohan fitur berkelas dan banderol relatif murah. Memang potensi terhebat ada di trim tertinggi dan terbilang jauh dari Daihatsu Rocky termahal. Tepatnya diberi label Rp 289 juta untuk Premiere iVT berbanding label Rp 236,1 juta pada Rocky 1.0 R TC CVT ASA. Kendati begitu, Kia sediakan banyak opsi untuk dipilih sesuai bujet.

Menyesuaikan banderol tertinggi Rocky, Anda bisa memilih Kia Sonet Smart. Dapat dibawa pulang dengan membayar Rp 238,5 atau Rp 251,5 juta (OTR Jakarta). Betul, nominal itu lebih mahal dan Sonet tidak diramaikan hingar bingar peranti bantuan mengemudi nan canggih. Tapi bukan berarti jauh lebih payah. Minimal, Kia siapkan enjin jauh lebih bertenaga sebagai ganjaran. Unit empat silinder 1.500 cc sanggup gelontorkan output 115 PS dan torsi 144 Nm. Jauh lebih besar dari jantung 1.000 cc turbo Rocky yang lontarkan 97,9 PS dan momen puntir 149 Nm.

Kia Sonet Smart

Fitur pendukung kenyamanan juga sebetulnya atraktif walau Sonet Smart merupakan varian tengah. Sebut saja penerangan LED komplet sakelar otomatis, akses modern Keyless Entry, sampai Start/Stop Button. Dalam kabin, nuansanya tak kalah kekinian seperti panel instrumen digital, Automatic Climate Control, sampai head unit lengkap fungsi integrasi smartphone. Satu kekurangannya, pelipatan bangku belakang kurang praktis dengan model bench seat utuh.

Safety features cukup komprehensif untuk standar masa kini. Perlindungan tersedia termasuk dual SRS Airbag, ABS+EBD, Electronic Stability Control, Hill Assist Control, sampai bantuan kamera plus sensor mundur.

Review Nissan Magnite

Nissan Magnite

Nissan Magnite tampil bersebelahan dengan Rocky di ring tinju ini. Dapat dipandang melalui komposisi bodi, mesin, dan harga secara garis besar. ia dilego mulai dari Rp 214,8 juta hingga 244,8 juta tanpa pengenaan diskon PPnBM. Berarti, diekspektasikan bakal menjadi opsi crossover bermesin seliter turbo yang paling terjangkau sekaligus cukup lengkap di waktu mendatang.

Unit pacu tiga silinder 1.000 cc turbo jadi sorotan utama. Mengacu momen kedatangan, ia merupakan yang pertama menghidupkan aransemen enjin ini. Pun dari segi ekstraksi tenaga, potensi Magnite sedikit lebih baik. Sanggup mengail tenaga hingga 100 PS dibarengi puncak kekuatan memuntir di angka 160 Nm. Tersedia dua penyalur daya manual lima percepatan atau CVT.

Magnite

Agak disayangkan, daya tarik fitur pendukung berkendara Magnite justru kurang memikat. Ketimbang Rocky, Raize, atau Sonet terlihat kurang ‘greget’. Nilai jual malah terdengar seperti gimik moderat ketimbang pemancar nilai jual istimewa. Contoh head unit touchscreen berisi fungsi Android Auto dan Apple CarPlay yang dapat pula menampilkan imaji kamera 360 derajat. Terpasang peranti kabin seperti instrumentasi digital hingga ke panel AC otomatis. Jelas tidak semenarik perbekalan royal Sonet atau duo Raize dan Rocky.

Yep, jangan berharap bawa peranti secanggih ADAS. Kendati begitu minimal seluruh varian sudah kebagian alat perlindungan komprehensif. Termasuk Dual SRS Airbag, kamera mundur, dan penjaga stabilitas seperti ABS+EBD, Traction Control System, dan Hill Start Assist. Sementara kalau melirik trim termahal, ada tambahan berupa pemantau tekanan angin ban dan Around View Monitor. (Krm/Tom)

Baca juga: Teliti Varian Termurah Daihatsu Rocky, Dapat Apa Saja?

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil