12 Sedan dan Hatchback Paling Populer di 2020 Versi OTO.com (Bagian 2)

12 Sedan dan Hatchback Paling Populer di 2020 Versi OTO.com (Bagian 2)

Pada akhir tahun 2020, tepatnya bulan November ditandai dengan diluncurkannya dua mobil pure listrik oleh pabrikan Hyundai. Keduanya adalah Ioniq Electric dan Kona Electric. Langkah Hyundai cukup mengejutkan, dan tampaknya sinyalemen bahwa manufaktur Korsel tersebut sangat serius menekuni industry Electric Vehicle di sini.

Tapi tak kalah menariknya adalah kehadiran New Toyota Yaris 2020. Pasalnya, tadinya diramalkan Yaris bakal dirilis di sini dalam versi SUV, meski pupus sudah harapan itu karena Toyota malah merilis crossover Corolla Cross. Nampaknya, pasar mobil elektrifikasi di Indonesia bakal semakin ramai baik yang mengadopsi powertrain hybrid, plug-in hybrid atau pun pure listrik atau disebut juga Battery Electric Vehicle (BEV).

Nah, ini 6 model bagian kedua.

BMW M8 Coupe Competition

BMW M8 Coupe Competition

Harga: Rp 6,749 miliar (off the road)

Harganya memang bikin kita tertegun. Pada saat diluncurkan bulan Agustus, BMW M8 Coupe Competition bersamaan dengan M8 Gran Coupe Competition. Keduanya menjadi flagship BMW M dengan dilengkapi beragam fitur baru serta paling mewah. Desain bodi dibuat sangat atraktif dan memiliki aura sporty yang sangat kental. Grille khas BMW Kidney Grille terpampang di depan dengan lampu depan Adaptive LED berteknologi BMW Laserlight.

M8 Coupe Competition ini berdesain bodi dua pintu, sedangkan versi Gran Coupe Competition empat pintu. Bodinya dilaburi material karbon sehingga aksen balapnya begitu kuat. Velg alloy Star-spoke style 813 M Bicolour, Jet Black membikin mobil menjadi terlihat terkesan kuat dan agresif. Konfigurasi mesin V8 TwinPower Turbo 4.4 liter. Mampu menyemburkan tenaga 621 hp dan torsi 750 Nm. Girbok otomatis Steptronic 8 percepatan dengan fungsi Drivelogic menyalurkan tenaga dari mesin ke seluruh roda. Sistem penggerak roda mengaplikasikan xDrive yang juga terpakai X5M dan X6M.

Ragam fitur canggih yang tertanam di antaranya Parking Assistant Plus yang diperkuat kamera 360 derajat, Dynamic Stability Control (DSC), Lane Departure Warning, Lane Change Warning dan Front Collision Warning dengan intervensi rem. Masih ditambah Crossing Traffic Warning belakang, Rear Collision Prevention dan Emergency Stop Assistant.

Baca juga: 12 Sedan dan Hatchback Paling Populer di 2020 Versi OTO.com (Bagian 1)

New Toyota Yaris 2020

New Toyota Yaris 2020

Harga: Rp 263,4 juta – Rp 301,4 juta

Dirilis pada September lalu, Toyota Yaris paling anyar ini tak mendapatkan banyak perubahan. Rombakan difokuskan pada penampilan wajah dan jumlah kantung udara (airbag). Pada bagian depan, pabrikan memberikan sentuhan baru pada grille dan intake depan.

Grille depan dibuat bergaya trapezium lebar dengan model jaring. Memang tampak depan menjadi terlihat lebih fresh. Lampu depannya sekarang sudah LED, posisi DRL dipindah ke dalam headlight. LED juga sudah merambah pengaplikasiannya pada stop lamp (lampu rem) di belakang. Untuk velg masih seperti yang lama, dual tone 16 inci. Paddle shift masih tetap ada untuk tipe TRD. Terpatri pula di dalam kabin MID 4,2 inci, enam speaker, keyless entry dan tombol engine start-stop. Pengaturan untuk pendingin kabin sudah digital. Untuk memudahkan parkir dan meningkatkan keselamatan, tipe TRD sudah dilengkapi kamera belakang.

Fitur-fitur menarik yang teraplikasi di Yaris facelift ini di antaranya Hill Launch Assist, Anti-lock Brake System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD) dan BA (Brake Assist). Untuk jantung pacu, ditanamkan engine 4 silinder segaris Dual VVT-I 1.5 liter. Menyemburkan 105 hp pada 6.000 rpm dan torsi 140 Nm pada 4.200 rpm. Ditemani oleh girboks CVT 7-speed yang menyalurkan energi ke roda depan.

New Suzuki Ignis 2020

New Suzuki Ignis 2020

Harga: Rp 171 juta – Rp 200 juta

Salah satu model yang membuat OTO.com terpikat. Diluncurkan bulan April, New Suzuki Ignis mendapatkan peremajaan pada sisi eksterior. Sentuhan desain baru disematkan pada bumper depan dan diffuser, grille, fog lamp dan bezel, serta desain bumper belakang. Versi facelift juga sudah mendapat kit baru juga berupa rear reflector dan diffuser.

Pada bagian kabin mendapat transformasi beupa new seat cover design dan tampilan kunci baru. Dimensiny tak menapat perubahan, masih tetap sama dengan sebelumnya yaitu 3.700 mm x 1.690 mm x 1.595 mm (PxLxT). Mesin pun tetap mengandalkan K12M 4 Cylinder 16 Katup berkapasitas 1.197 cc, tenaga 83 PS pada 6.000 rpm, torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

New Ignis hadir dengan 2 tipe yaitu GL dan GX dengan pilihan transmisi manual 5-percepatan dan Auto Gear Shift (AGS). Selain itu, New Ignis juga tersedia dalam 9 pilihan warna menarik. Setelah ini kita akan bahas detail ubahan Suzuki New Ignis.

Baca juga: Sejarah Mercedes-Benz Sebagai Pionir Mesin Diesel di Mobil Penumpang

All-New Audi A6 2.0 TFSI

All-New Audi A6 2.0 TFSI

Harga: Rp 1,490 miliar

PT Garuda Mataram Motor (GMM) sebagai APM meluncurkan Audi A6 dalam dua varian dalam waktu bersamaan. Sama seperti pabrikan lain, dilakukan secara virtual mengingat pandemic COVID-19 yang belum mereda. All-New A6 2.0 TFSI ini dirilis bersamaan dengan All-New Audi A6 3.0 TFSI. Keduanya merupakan generasi kedelapan A6 dengan sejumlah ragam evolusi yang disematkan manufaktur.

Pada eksterior, rupa grille memiliki desain baru berupa single frame lebih lebar dan lebih rendah. Membuat terkesan lebih pipih. Lubang pada bumper dibuat menjadi mengotak, tapi membuat terlihat lebih kekar. Terdapat enam pilihan warna untuk kelir A6 teranyar ini; Brilliant Black, Ibis White, Typhoon Grey, Floret Silver, Carat Beige, dan Firmament Blue.

Interior sedan besar ini sangat mewah dan elegan. Tentu juga lapang. Tersedia dalam dua pilihan warna, yaitu Black dan Okapi Brown. Kesan mewah itu juga dikuatkan oleh paket pencahayaan lighting package dan contour ambient lighting package. Untuk infotainment dipusatkan pada layar sentuh berukuran 10,1 inci yang juga berfungsi sebagai perangkat navigasi. Untuk engine, disokong 4 silinder segaris turbocharge 2.0 liter. Hasilan tenaganya 190 hp dan torsi 320 Nm. Diintegrasi dengan girboks otomatis S-Tronic 7-speed.

Hyundai Ioniq Electric

Hyundai Ioniq Electric

Harga: Rp 624,8 juta – Rp 664,8 juta

Terobosan yang layak mendapat jempol pantas diberikan pada Hyundai. Mobil listrik diluncurkan secara berbarengan dengan Hyundai Kona Electric oleh APM PT Hyundai Motors Indonesia. Terdiri dari dua varian yakni Prime dengan harga Rp 624,8 juta dan tipe Signature dibanderol Rp 664,8 juta.

Powertrain Ioniq Electric menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan berakselerasi 0- 100 km dalam 9,9 detik.

Powertrain IONIQ Electric menggunakan motor listrik bermagnet permanen dan berefisiensi tinggi sebesar 100 kW (136 PS) yang dipasok oleh baterai lithium ion 38,3 kWh. Motor mengembangkan torsi 295 Nm yang didistribusikan ke roda depan, dan berakselerasi 0-100 km dalam 9,9 detik.

Dalam satu kali pengisian daya (charge), Ioniq Electric mampu menempuh jarak 373 km (berdasarkan NEDC1) dan 311 km (berdasarkan WLTP2 ). Jarak tersebut bisa memenuhi kebutuhan harian dan gaya hidup pemilik. Pengisian daya penuh dapat dicapai dalam 54 menit untuk pengisian nol hingga 80 persen dengan menggunakan stasiun pengisian kendaraan listrikberkapasitas 100 kW.

Fitur-fitur canggih yang terdapat di Ioniq Electric di antaranya ventilated seat (hangat / sejuk), Drive Mode Select (Eco, Eco +, Comfort, Sport), Rear View Monitor with Dynamic Parking Guides, Parking Distance Warning, Blind spot Collision Warning, Rear Cross Traffic Collision Warning, 7 airbag system, dan Tire Pressure Monitoring System.

Baca juga: Mobil-Mobil Unik di Lintasan Balap, dari Rolls-Royce sampai i-MiEV

Mazda3 100th Anniversary Edition

Mazda3 100th Anniversary Edition

Harga: Rp 533,8 juta (OTR Jakarta)

Mazda 3 pertama dirilis untuk pasar nasional di Indonesia di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019 dalam dua model, sedan dan hatchback. Tampil sebagai produk pertama dari lini generasi ketujuh Mazda (7G).

Pada bulan November kemarin, PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) juga meluncurkan Mazda 3 baru, tapi jumlahnya terbatas hanya 20 unit saja. Yang diluncurkan adalah Mazda 3 100th Anniversary Edition dan dirilis ke pasar untuk merayakan hari jadi Mazda yang ke-100 tahun. Untuk memperingati ultah tersebut, pabrikan memproduksi edisi anniversary di hampir semua line-up yang dimiliki yakni Mazda2, Mazda3, Mazda6, CX-3, CX-5, CX-8, Roadster MX-5 dan MX-5 RF. Namun dari sekian banyak model, yang masuk ke Indonesia hanya Mazda 3 100th.

Mazda 3 edisi khusus ini memiliki keistimewaan dibandingkan versi standarnya. Memang bersifat aksesoris, tapi justru punya nilai yang sangat menarik. Seluruh unit hanya mendapat satu pilihan warna Snow Flake White Pearl Mica. Kelir itu menyimbolkan warna passenger car Mazda yang pertama yakni R360 yang dibuat tahun 1960. Bagian velg 18 inci, memakai tutup velg (center hubcap) berlogo khusus 100th Anniversary.

Pada interior juga mendapat tanda-tanda khusus. Kelir kabinnya two-tone mengombinasikan warna putih dengan burgundy. Semua karpet yang terpasang adalah warna burgundy (merah hati) dengan logo khusus 100th anniversary. headrest jok burgundy juga dipasangi logo khusus 1 abad Mazda. Kunci (key fob) juga didesain secara khusus dengan logo 100th anniversary. (Eka/Raju)