Moto Guzzi V85 TT Travel, Sajikan Pengalaman Baru Untuk Jelajah Lebih Jauh

  • New Moto Guzzi V85 TT
  • Guzzi
  • New Moto Guzzi V85 TT
  • Moto Guzzi V85 TT Travel
  • V85 TT Travel
  • Moto Guzzi V85 TT Travel
  • Moto Guzzi V7 Vs V85 TT

Saat pertama kali dikenalkan pada 2018, Moto Guzzi V85 TT langsung mencuri perhatian. Berkat penampilan unik dan bergaya retro, ia mendapat atensi dan pengakuan dari berbagai media serta pengendara kenamaan dari seluruh dunia. Desain klasik yang kental mengingatkan kita terhadap Moto Guzzi lawas yang pernah berkiprah di Rally Dakar di era 80an.

Dari pertama kali lahir, V85 TT (Tutti Terrain/All Terrain) membawa tradisi kuat dari Moto Guzzi. Meski bukan motor penggaruk tanah sejati, ia tetap tawarkan kapabilitas lebih di medan beragam. Dirinya juga mampu mengombinasikan gaya terdahulu dengan kelengkapan touring modern. Dalam hal ini, ia layak disebut sebagai pertama dan satu-satunya motor enduro klasik di pasar.

New Moto Guzzi V85 TT

Setelah 2 tahun meluncur secara global, akhirnya Moto Guzzi berikan penyegaran terhadap V85 TT. Motor adventure-tourer ini mendapat penyegaran di sektor mesin, fitur dan varian warna. Selain itu, pihak pabrikan juga merilis V85 TT Travel yang didapuk menjadi tipe tertinggi. Dirinya punya kelengkapan lebih komplit untuk menunjang perjalanan jauh. Untuk pasar Indonesia, harga Moto Guzzi V85 TT Travel adalah Rp 700 juta dan baru dirilis pada awal September 2021.

Moto Guzzi V85 TT Travel sajikan pengalaman baru. Menawarkan kemampuan bertahan terhadap berbagai lingkungan menantang, namun tetap mudah dikendarai. Posisi berkendaranya tegak, untuk memastikan kemudahan bermanuver. Walau tangkinya besar, desain tempat duduk rider tergolong ramping. Menyodorkan kenyamanan untuk pengendara dan penumpang, baik saat digunakan touring jarak jauh maupun dipakai harian. Bicara offroad, ground clearance V85 TT Travel tergolong tinggi, cukup membantu melewati rintangan.

Guzzi

Mengingat model ini telah diberikan pembaruan, serangkai teknologi canggih tersembunyi dalam wujud klasiknya. Di lain sisi, terdapat banyak perbedaan dirinya dengan versi regular. Versi Travel punya banyak komponen penunjang tualang.

Headlamp bermata ganda dengan teknologi LED dibungkus cover bulat jadi pencahayaan utama. Bagian tengahnya masih diisi DRL yang membentuk elang, ciri khas logo ikonik Moto Guzzi. Sepatbor tinggi lengkap dengan under guard (pelindung mesin) berbahan aluminium di bawah. Hand guard, posisi knalpot diposisikan tinggi indikasi motor ini motor adventure.

Guna menunjang aktivitas jelajah, pabrikan mengaplikasikan windshield dengan dimensi lebih tinggi, untuk memberi proteksi kepada rider terhadap terpaan angin. Buat menambah visibilitas perjalanan malam hari atau kabut, diberi cahaya tambahan dari Sharp Focus Fog Lamp di tiap sisinya. Perbedaan dengan tipe reguler terlihat dari subframe berwarna hitam, untuk menunjukkan elemen agresivitas. Serta pannier berdesain eksklusif untuk menyimpan berbagai barang bawaan.

Konsumen Indonesia kedapatan Moto Guzzi V85 TT Travel kelir Sabbia Namib. Warna itu terinspirasi dari warna pasir yang memiliki aksen perunggu berkilau, menegaskan kedekatan motor dengan alam, bahkan termasuk dalam melakukan kamuflase di kondisi lingkungan alam tertentu. Dipadukan dengan tarikan garis merah. Motif inilah yang membuatnya berbeda dengan versi standar.

V85 TT Travel

Prioritas yang dilakukan Moto Guzzi pada model baru ini yaitu memenuhi standar emisi Euro 5. Mesin Flying V, atau disebut transversal 90° V-twin yang ikonik tetap bertahan. Spesifikasinya berkubikasi 853 cc dengan dua katup per silinder. Namun ada sedikit penyesuaian di pushrod and rockers timing cams. Dan berkat pembaruan komponen itu, tenaga yang keluar lebih presisi dan dapat menghasilkan torsi lebih besar pada rpm rendah. Akselerasinya lebih baik dibanding model sebelumnya.

Secara spesifikasi yang digendongnya, ia mampu mengeluarkan tenaga maksimal 80 Hp pada 7.500 rpm dan torsi puncak menyentuh 82 Nm di 5.000 rpm. Powernya itu dikawinkan dengan gearbox enam kecepatan yang dikirim ke roda belakang melalui penggerak poros, bukan rantai konvensional atau penggerak sabuk. Komponen macam itu tentu saja berdampak positif, karena bisa mengurangi kerugian mekanis, pengiriman daya lebih baik, dan peningkatan efisiensi mesin.

Selanjutnya sektor electronic engine control Moto Guzzi V85 TT Travel juga dirancang ulang agar menghasilkan kinerja lebih bagus. Termasuk dua mode berkendara baru sebagai tambahan dari tiga opsi sebelumnya. Total disediakan lima modus berkendara, yakni Strada (Jalan), Pioggia (Hujan), Off-road, Sport, dan Custom. Sport dan Custom adalah tambahan terbaru.

Sepeda motor ini juga dilengkapi dengan throttle Ride-by-Wire, penghangat handle gas, cruise control, kontrol traksi variabel, dan ABS dua channel yang dapat dimatikan. Pengaturan semua paket elektronik itu terdapat di tiap konsol setang, bersama dengan cluster instrumen TFT 4,3 inci yang informatif.

Motor asal Italia ini juga sekarang disematkan fitur konektivitas. Unit dapat terkoneksi dengan platform multimedia ‘Moto Guzzi MIA’ yang memungkinkan menghubungkan smartphone dengan kendaraan. Di situ bisa menampilkan fitur maps, notifikasi telepon serta pesan, mendengarkan lagu, sampai menyambungkannya dengan perangkat komunikasi intercom. Impresi berkendara jadi menyenangkan dan siap diajak berjelajah lebih jauh.

V85 TT

Kaki-kakinya juga tak luput dari sentuhan para insinyur. Tugas suspensi pada sepeda motor tualang ini ditangani oleh garpu upside down 41 mm di depan, dan monoshock di belakang. Kedua komponen itu diberikan penyetelan preload dan redaman. Sementara pengereman mengandalkan cakram ganda 320 mm di depan dengan empat kaliper tipe radial dari Brembo. Belakangnya pakai disc brake 260 mm yang dijepit single piston.

Di varian V85 TT Travel , pabrikan melengkapinya dengan pelek ruji yang lebih ringan 1,5 Kg dari V85TT lama, dan sudah kompatibel dengan ban tubeless. Ukurannya tetap sama, 17 inci di belakang, dan 19 inci di depan. Dirinya juga diberi ban baru yang lebih tangguh ketika dipakai riding. Pakai kulit bundar dari Michelin tipe Anakee Adventure untuk pengendaraan di kondisi ekstrem.
Seluruh paket ini membuat Moto Guzzi V85 TT Travel layak dijadikan opsi bagi Anda yang mencari motor adventure yang tak cuma punya ketampanan berkarakter namun performa serta fitur menjanjikan. (ADV)

Baca Juga: Cara  Unik Tawarkkan Aprillia dan Moto Guzzi di Diler Premium Motoplex

Jelajahi Moto Guzzi V85 TT Travel

Model Motor Moto Guzzi

  • Moto Guzzi V7 III
    Moto Guzzi V7 III
  • Moto Guzzi V7 Stone
    Moto Guzzi V7 Stone
  • Moto Guzzi V85 TT Travel
    Moto Guzzi V85 TT Travel
  • Moto Guzzi V7 III Racer
    Moto Guzzi V7 III Racer
  • Moto Guzzi V85TT
    Moto Guzzi V85TT
Motor Moto Guzzi

Anda mungkin juga tertarik

Video Motor Moto Guzzi V85 TT Travel Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Motor Moto Guzzi V85 TT Travel

Bandingkan & Rekomendasi

Tren Adventure Touring