Toyota Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Triple Helix Hadapi Era EV

Toyota Tegaskan Pentingnya Kolaborasi Triple Helix Hadapi Era EV

Toyota Indonesia bekerja sama dengan Universitas Diponegoro (Undip) Semarang mengadakan seminar nasional dengan tema "100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission". Seminar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati 50 tahun keberadaan Toyota Indonesia hingga menuju 50 tahun mendatang berkontribusi bagi industri otomotif nasional. Aktivitas seminar ini juga bagian dari upaya mendukung dan mewujudkan cita-cita pemerintah mencapai target masa depan Indonesia Bebas Emisi.

KEY TAKEAWAYS

  • Toyota dan Universitas Diponegoro gelar seminar

    Bertemakan "100 Years of Indonesia Automotive Industry, Realizing Indonesia Net-Zero Emission"
  • "Aktivitas seminar nasional ini harapannya dapat menjadi wadah diskusi komprehensif yang membantu dan mendukung akselerasi Indonesia mencapai target Net Zero Emission. Hal tersebut tentunya dapat terwujud melalui sinergi bersama antara institusi pendidikan, generasi muda, dan industri khususnya industri otomotif nasional," ucap Warih Andang Tjahjono, Presiden Direktur PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN).

    Kolaborasi tiga pihak yakni pemerintah, akademisi dan industri, yang disebut Toyota sebagai Triple Helix. Ketiganya menjadi elemen penting untuk mendukung target Indonesia Net Zero Emission pada 2060. Beberapa diantaranya dilakukan melalui aktivitas kehidupan yang lebih hijau maupun pembangunan ekonomi nasional yang merata.

    TMMIN

    Baca juga: Lima Merek Jepang Bekerja Sama Kenalkan EV di Pulau Bali

    Bagi Indonesia yang mengincar posisi sebagai pemain global, netralitas karbon akan menjadi penggerak utama perubahan di masa depan untuk sektor kehidupan. Generasi muda Indonesia nantinya yang memimpin pada era ini.

    Toyota meyakini mahasiswa sebagai generasi muda dapat disiapkan lebih awal dalam mengambil inisiasi gerakan hijau. Oleh karenanya, institusi perguruan tinggi memegang peranan strategis dalam mengembangkan, mengkaji, dan menyiapkan generasi muda sebagai sumber daya manusia penerus berdaya saing tinggi.

    Paparan seminar nasional dibuka oleh Direktur Mitigasi Perubahan Iklim Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI, Emma Rachmawati yang menjelaskan mengenai komitmen pemerintah untuk mewujudkan target net zero emission termasuk strategi apa saja yang sudah dilakukan pemerintah Indonesia.

    TMMIN

    UNDIP menghadirkan Kepala Department Perencanaan Kota dan Wilayah Fakultas Teknis Mesin, Prof.Dr.Ing.Wiwandari Hadayani ST,MT,MPS yang memberikan perspektif global tentang net zero emission, komitmen, kontribusi dan pencapaian Indonesia maupun industri yang bisa dilakukan. Wiwandari juga memberikan penjelasan mengenai strategi negara lain yang bisa dijadikan contoh dan diaplikasikan ke dalam negeri. Peran akademis lewat penelitian dalam mendukung strategi implementasi target bebas emisi maupun tantangan dikemudian hari juga dibahas.

    Strategi Toyota dalam mencapai pengurangan emisi lewat multi pathway memberikan kontribusi pada semua pihak dalam memerangi emisi karbon. Berbagai teknologi elektrifikasi yang bisa diakses semua pihak dapat mempercepat pengembangan ekosistem kendaraan listrik yang terintegrasi dari hulu ke hilir. Langkah strategi ini bertujuan agar Indonesia menjadi pemain global produsen kendaraan listrik dan berperan dalam supply chain pasar internasional.

    Aktivitas seminar nasional ini merupakan satu rangkaian dalam peluncuran xEV Center yang dilaksanakan pekan lalu. Kehadiran xEV Center diharapkan dalam merealisasikan sinergi positif universitas dan sektor industri otomotif. Kontribusi strategis para generasi muda sebagai pelopor dalam kegiatan pembelajaran serta penelitian teknologi elektrifikasi, energi hijau dan mobility di Indonesia merupakan langkah awal untuk persiapan ekosistem elektrifikasi di Indonesia.

    TMMIN

    "Kami ingin terus berkontribusi bagi masa depan netralitas karbon Indonesia lewat peningkatan kapabilitas SDM nasional yang sejalan dengan filosofi kami "Make People Before Make Product". Pengembangan generasi muda saat mengenyam pendidikan menjadi momen penting bagi universitas di Indonesia agar dapat berperan aktif dalam mempersiapkan serta mengembangkan kemampuan maupun pengetahuan mahasiswa dalam teknologi hijau sehingga berkontribusi di industri era elektrifikasi," ucap Bob Azam, Corporate Affairs External Director PT TMMIN. (Sta/Tom)

    Baca juga: Toyota Resmikan Fasilitas xEV Center, Pusat Studi Kendaraan Elektrifikasi

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature