Toyota GR Corolla Morizo Edition dan GR Corolla RZ, Varian Paling Sporty

Toyota GR Corolla Morizo Edition dan GR Corolla RZ, Varian Paling Sporty

Toyota baru saja memperkenalkan model Gazoo Racing (GR) Corolla RZ dan GR Corolla Morizo Edition. Toyota GR Corolla Morizo Edition adalah varian ekslusif. Sedangkan GR Corolla RZ adalah trim baru.

KEY TAKEAWAYS

  • Berapa harga Toyota GR Corolla Morizo Edition dan GR Corolla RZ?

    Belum ada informasi soal harga model GR Corolla ini. Namun Toyota berencana untuk mulai memasarkannya di musim gugur tahun ini
  • Model GR Corolla Morizo Edition hadir di Amerika Serikat. Mobil ni adalah trim teratas yang mengutamakan impresi berkendara bertenaga alias paling sporty dari model GR Corolla. Model ini juga dikembangkan secara langsung oleh Presiden Toyota Motor Corp, Akio Toyoda. Toyoda kerap membalap menggunakan nama alias, Morizo. Ini alasan mengapa model ini menggunakan nama tersebut.

    Lantas apa yang membedakan dua model untuk dua pasar otomotif berbeda ini? Kita tidak akan terlalu membicarakan GR Corolla RZ karena ini sebenarnya adalah penyempurnaan dari model yang sudah hadir.

    Soal dimensi, GR Corolla RZ dan Morizo berbagi ukuran yang sama. Panjangnnya 4.410 mm, lebar 1.850 mm dengan tinggi 1.480 mm. Tinnggi Toyota GR Corolla Morizo sedikit lebih rendah, yakni 1.475 mm. Mobil ini menawarkan jarak sumbu roda 2.640 mm dan bobotnya 1.470 kg (RZ) dan 1.440 kg (Morizo Edition).

    Toyota GR Corolla RZ and Toyota GR Corolla Morizo Edition

    Perbedaan signifikan ada di Morizo Edition. Kini bobot kendaraan dikurangi, torsi mesin diperbesar dan transmisinya dibuat lebih optimal. Sensasi kecepatan di tikungan juga dibuat lebih sempurna dengan penggunaan monotube shock absorber dan ban performa sport. Ban ini lebih lebar 10 mm dari model standar untuk meningkatkan stabilitas dan performa pengereman.

    GR Corolla Morizo ini hanya menyediakan dua tempat duduk yang membuatnya menjadi mobil sport murni. Baris belakang dibuat kosong yang membuat bobot kendaraan berkurang 30 kg. Meski anehnya bentuk kendaraan empat pintu tetap dipertahankan dan Toyota menggantikan baris kedua dengan penambahan struktur penguat rangka.

    Soal mesin, GR Corolla menggunakan mesin 1,6 liter tiga silinder turbo berkode G16E-GTS. Untuk RZ tenaganya mencapai 304 ps pada 6.500 rpm dan torsi 370 Nm pada putaran 3.000 sampai 5.550 rpm.

    Tenaga Morizo sama dengan RZ. Namun torsinya ditingkatkan dari 370 Nm menjadi 400 Nm. Ini juga membuat akselerasinya meningkat dengan tenaga tersedia di putaran mesin menengah. Mesin ini menggunakan transmisi manual enam percepatan iMT. Transmisi dibuat lebih padat terutama di gigi rendah untuk meningkatkan performa dan sensasi berkendara. Tenaganya disalurkan ke empat roda lewat teknologi penggerak GR Four 4WD System electronic multi plate clutch 4WD dengan tiga mode berkendara.

    GR Corolla Morizo Edition specs

    Kedua mobil ini menggunakan teknologi yang sama. Di depan menggunakan cakram berventilasi berukuran 18 inci aluminium dengan 4 kaliper, sedangkan di belakangnya menggunakan cakram 16 inci dengan dua kaliper.

    Toyota juga membuat rigiditas bodi kendaraan meningkat. Ini dilakukan dengan menambah 3,3 meter bahan adhesif dan penguatan bodi kendaraan. Interiornya menggunakan jok semi bucket yang akan menopang badan dengan nyaman saat berkendara. Ini termasuk saat memasuki tikungan yang membuat pengemudi merasakan daya tarik G-Force yang besar. Pewarnaan bagian dalam menggunakan warna hitam. Bahan ultrasuede mewah hadir untuk kenyamanan di sisi lingkar kemudi dan konsol tengah.

    GR Corolla Morizo Edition cabin

    Toyota hanya menyediakan satu warna eksklusif untuk model Morizo ini yakni Matte Steel. Selain itu konsumen juga akan mendapatkan tanda tangan Morizo di kaca depan untuk menandai model istimewa yang dikembangkan langsung oleh bos Toyota. Penanda lainnya untuk Morizo Edition adalah pelek BBS forged alumnium 18 inci dengan ornamen pada hub logo Toyota GR dan penggunaan ban 245/40 R18 Michelin Pilot Sport Cup 2.

    Belum ada informasi soal harga model GR Corolla ini. Namun Toyota berencana untuk mulai memasarkannya di musim gugur tahun ini. Khusus untuk edisi Morizo, unitnya akan dibuat terbatas dan konsumen yang menginginkannya harus mengikuti undian untuk dapat membawa pulang GR Corolla sporty ini. (STA/RS)

    Baca juga: Toyota Fortuner dengan Sentuhan Hybrid Sedang Disiapkan

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    GIIAS 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature