Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Launching Renault Kiger, Layanan DIgital Toyota, dan Aplikasi PeduliLindungi

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Launching Renault Kiger, Layanan DIgital Toyota, dan Aplikasi PeduliLindungi

Kehadiran Renault Kiger jadi pembicaraan hangat di Tanah Air pekan ini. Yap. campact SUV dari Renault itu sudah resmi hadir di Indonesia. Ia hadir mengisi segmen yang sebelumnya sudah dihuni Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Nissan Magnite, dan Kia Sonet. Seru? Tentu. Lalu apa saja senjata yang dimiliki Kiger untuk bersaing?

Kondisi pandemi plus perkembangan digital diantisipasi dengan cepat oleh Toyota Astra Motor. Merek melakukan pengembangan di beberapa layanan untuk menghadirkan pengalaman memiliki produk Toyota dengan lebih mudah. Beberapa layanan berbasis mobilitas diperkuat antara lain paket kredit dengan cicilan ringan EZDeal, layanan baru Toyota Trade-In dan yang terbaru, Toyota Official Store Solution (TOSS).

Oh ya, mulai hari ini, aplikasi PeduliLindungi menjadi tambahan syarat bepergian. Kementerian Perhubungan baru-baru ini mendukung penuh penerapan aplikasi PeduliLindungi untuk penggunaan moda transportasi. Ini sebagai salah satu syarat perjalanan transportasi baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian. Seperti apa penggunaannya?

Renault Kiger

Renault Kiger

Telah bertambah satu pemain baru lagi yang meramaikan segmen SUV kompak Tanah Air (27/8). Ialah Renault Kiger, berusaha menyusup pasar dengan banderol mulai dari Rp 275,9 juta (OTR Jakarta). Beberapa dealer bahkan sudah membuka pesenan dengan uang tanda jadi Rp 5 juta saja.

Seperti kontestan lain, nilai jualnya termasuk sederet fitur kelas atas. Yep, fitur jadi nilai jual wajib dalam ring tinju Kiger sebagai SUV 5-seater sepanjang 4 meteran. Contoh dari luar, penerangan utama LED terpasang di area bumper dalam motif kubus es berikut DRL terpisah di sudut kap mesin. Kalau itu terdengar biasa, Kiger menyiapkan Smart Access Card. Remote pintar yang dapat menentukan kapan harus mengunci atau buka kunci secara otomatis berdasarkan jarak.

Kiger masih sedarah dengan Nissan Magnite hanya saja menyuarakan diferensiasi menyeluruh. Memainkan banyak lekuk tajam dan disibukkan oleh cladding hitam, aksen silver, dan tata busana two-tone. Melengkapi lenggok tubuh tangguh, dipasang pelek 16 inci dwiwarna serta roof rail fungsional yang mampu menopang beban sampai 50 kg. Sama halnya dalam kabin, pahatan dibuat berbeda ketimbang rekan seplatformnya itu.

Semua itu terbungkus di atas platform berbagi dalam aliansi, CMF-A+. Menggendong mesin yang saat ini dapat kita temui pada Nissan Magnite yakni unit tiga silinder 1.000 cc turbo. Sajikan potensi relatif besar di kelasnya dengan torehan output tenaga sampai 100 PS dan momen puntir 152 Nm. Putaran lantas tersalur ke roda depan via transmisi CVT sebagai opsi satu-satunya dalam masa peluncuran awal ini. Mendukung berbagai situasi berkendara, tersemat pengaturan mode multi-sense untuk pilihan karakter Normal, Eco, atau Sport.

Ia akan bersaing dengan model yang sudah ada sebelumnya. Termasuk Toyota Raize GR Sport yang cukup tinggi peminatnya

Untuk saat ini Kiger hanya ditawarkan dalam satu varian bertransmisi CVT seharga Rp 278 juta (OTR DKI Jakarta). Namun, ada harga khusus sampai akhir September 2021, didagangkan mulai Rp 275,9 juta. Tapi untuk diketahui, nilai segini lebih tinggi dari Toyota Raize yang varian puncaknya saja dilego mulai Rp 263,7 juta – meski ada kemungkinan akan berubah seiring penyesuaian relaksasi PPnBM. Bagaimana, tertarik? Baca lengkapnya di sini.

Toyota Anton Jimmy

Layanan Digital Toyota

Perkembangan dunia digital mau tak mau harus diikuti semua pihak termasuk para pabrikan. Ditambah situasi pandemi Covid-19 dan pembatasan membuat aktifitas lebih banyak dilakukan di rumah. PT Toyota Astra Motor (TAM) kembali menghadirkan inovasi terutama untuk layanan penjualan produk-produknya melalui inovasi total mobility solution. Ini memungkinkan calon konsumen mendapatkan informasi terkait produk, mudah diakses, aman dan nyaman serta memperkenalkan beragam program inovatif.

Kali ini Toyota melakukan pengembangan di beberapa layanan untuk menghadirkan pengalaman memiliki produk Toyota dengan lebih mudah. Beberapa layanan berbasis mobilitas diperkuat antara lain paket kredit dengan cicilan ringan EZDeal, layanan baru Toyota Trade-In dan yang terbaru, Toyota Official Store Solution (TOSS).

Toyota EZDeal merupakan program pembiayaan dengan cicilan lebih ringan selama 6 tahun. Kemudian ada Trade-In yang dihadirkan sebagai tawaran one stop solution untuk konsumen Toyota. Konsumen bisa menjual mobil lamanya dan membeli mobil baru di bawah layanan satu atap. Sementara TOSS mirip digital marketplace yang sudah familiar digunakan. Konsumen Toyota dapat dengan mudah membeli mobil baru, suku cadang, aksesori, atau paket servis dengan mudah, kapan saja dan di mana saja.

“Tugas kami di Toyota adalah selalu menyiapkan dan melakukan improvement di setiap titik poin prosesnya, baik secara offline maupun sekarang dengan pendekatan digital buat yang ingin prosesnya lebih simple. Pilihan layanan total mobility solution Toyota pun kian lengkap baik program usership, ownership, dan after sales yang semakin menarik dengan benefit yang lebih untuk pelanggan,” ucap Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy. Baca lengkapnya di sini.

Peduli Lindungi

Aplikasi PeduliLindungi

Keputusan pemerintah memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) beberapa waktu lalu dilakukan untuk mengatasi pandemi Covid-19. Meski beberapa wilayah telah diturunkan levelnya, seperti DKI Jakarta dari level 4 ke level 3, namun diharapkan masyarakat tetap membatasi diri untuk beraktivitas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan ketat.

Soal syarat berpergian, baru-baru ini ada aturan baru. Kementerian Perhubungan mendukung penuh penerapan aplikasi PeduliLindungi untuk penggunaan moda transportasi. Ini sebagai salah satu syarat perjalanan transportasi baik darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

Penggunaan aplikasi ini menggantikan syarat menunjukkan surat vaksinasi yang dinilai merepotkan. Penggunaannya cukup mudah. Pelaku perjalanan hanya tinggal mengunduh aplikasi dari app store, kemudian buka aplikasi. Masukkan no identitas kartu tanda penduduk untuk mendapatkan sertifikat vaksin digital. Di dalam aplikasi ini juga dapat memperlihatkan informasi seputar pandemi seperti wilayah merah alias memiliki resiko tinggi penularan virus, riwayat perjalanan dan lainnya.

Penerapan aplikasi PeduliLindungi sudah dimulai lebih dulu di sektor transportasi udara, tepatnya pada Juli 2021 di beberapa bandara. Ini sesuai dengan Surat Edaran Nomor 62 Tahun 2021 tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara Pada Masa Pandemi Covid-19, dimana terdapat satu klausul yang mewajibkan penumpang pesawat udara untuk menggunakan Sistem Informasi Satu Data Covid-19 PeduliLindungi. Seperti apa lengkapnya? Baca di sini. (Raju)

GIIAS 2021

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil