Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Diskon PPnBM, VW T-Cross dan Mercedes-Benz GLC Buatan Wanaherang

Top 3 Berita Mobil Minggu Ini: Diskon PPnBM, VW T-Cross dan Mercedes-Benz GLC Buatan Wanaherang

Kejelasan mengenai produk-produk apa saja yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Ditanggung oleh Pemerintah (PPnBM DTP) akhirnya terjawab. Menteri Perindustrian Republik Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

KEY TAKEAWAYS

  • LCGC yang dapat PPnBM

    Daihatsu Ayla, Daihatsu Sigra, Toyota Agya, Toyota Calya, Brio Satya
  • Kendaraan penumpang mesin 1.500 harga Rp 200 - Rp 250 juta yang dapat PPnBM

    Daihatsu Xenia, Toyota Avanza, Daihatsu Terios, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, Mitsubishi Xpander, Honda Brio RS, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga, Suzuki Ertiga Sport, Suzuki XL7
  • Harga Volkswagen T-Cross

    Rp 488 juta on the road Jakarta
  • New Mercedes-Benz GLC Night Edition rakitan lokal Wanaherang

    Dibanderol Rp1,13 miliar off the road
  • Sementara itu, PT Garuda Mataram Motor (GMM) resmi memperkenalkan produk baru Volkswagen (VW) T-Cross di Indonesia. Perkenalan yang dilakukan secara virtual, Rabu (23/2/2022), ini disebutkan untuk mengisi produk SUV kompak premium yang saat ini kosong. Produk dengan banderol harga Rp 488 juta on the road Jakarta ini punya banyak fitur menarik.

    PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia juga resmi meluncurkan new GLC 200 Night Edition secara virtual pada hari ini, Kamis (24/2/2022). Berstatus rakitan lokal atau CKD (Completely Knocked Down) di pabrik perakitan Wanaherang, Bogor, mobil itu dijual dengan banderol Rp1,13 miliar off the road. Choi Duk Jun, Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia mengatakan, pihaknya optimistis dengan kehadiran new GLC facelift yang dilengkapi teknologi terkini dan desain eksterior sporty dan dinamis. Harapannya SUV premium itu semakin bisa diterima oleh konsumen Tanah Air.

    daihatsu rocky

    Daftar Penerima PPnBM

    Kejelasan mengenai produk-produk apa saja yang mendapatkan relaksasi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Ditanggung oleh Pemerintah (PPnBM DTP) akhirnya terjawab. Menteri Perindustrian Republik Indonesia telah mengeluarkan Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 852 Tahun 2022 tentang Kendaraan Bermotor Dengan Pajak Penjualan Atas Barang Mewah Atas Penyerahan Barang Kena Pajak Yang Tergolong Mewah Ditanggung Oleh Pemerintah Tahun Anggaran 2022.

    Dalam Kepmen tersebut disebut daftar produk yang mendapatkan relaksasi PPnBM. Ini termasuk di dalamnya segmen LCGC dan kendaraan dengan rentang harga Rp 200 juta sampai Rp 250 juta yang mendapatkan kemudahan tersebut.

    Untuk segmen LCGC atau kendaraan hemat energi dan harga terjangkau (KBH2), PT Astra Daihatsu Motor menghadirkan model Ayla dan Sigra. Tercatat produk LCGC ini memiliki kandungan lokal sebanyak 85 persen. Untuk model LCGC Toyota yakni Agya dan Calya, dalam daftar juga disebutkan diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor. Sama seperti produk kembar tersebut, Agya dan Calya memiliki kandungan lokal sebanyak 85 persen.

    Model LCGC dari Honda yakni Brio Satya juga mendapatkan kemudahan relaksasi PPnBM tersebut. Dalam Kepmen disebutkan Brio Satya memiliki kandungan lokal sebesar 91 persen.

    Berlanjut ke daftar kendaraan bermotor angkutan orang untuk pengangkutan kurang dari 10 orang termasuk pengemudi untuk semua kapasitas silinder sampai dengan 1.500 cc. Dalam daftar ini terdapat beberapa model yang dikenal seperti Xenia dan Avanza. Ada juga Terios, Raize dan Rocky, Mitsubishi Xpander, Honda Brio RS, Honda Mobilio, Suzuki Ertiga dan XL7. Cek daftar lengkapnya di sini.

    Volkswagen T-Cross

    Volkswagen T-Cross

    PT Garuda Mataram Motor (GMM) resmi memperkenalkan produk baru Volkswagen (VW) T-Cross di Indonesia. Perkenalan yang dilakukan secara virtual, Rabu (23/2/2022), ini disebutkan untuk mengisi produk SUV kompak premium yang saat ini kosong. Seperti yang sudah diinfokan Oto.com, produk dengan banderol harga Rp 488 juta on the road Jakarta ini sudah bisa dipesan mulai hari ini.

    Ahmad Badawi, Head of Sales, PT GMM mengatakan SUV ini diimpor secara utuh dari India. Ia memiliki tampilan tegas yang menonjolkan garis desain VW. Penggunaan sentuhan chrome yang melimpah pada bagian grille depan tiga dimensi menjadi salah satu ciri khas T-Cross. Teknologi lampu LED dengan DRL serta stoplamp LED menambah kesan modern dari SUV ini serta penggunaan pelek two tone 17 inci mempertegas tampilan kokohnya.

    Bagian interiornya menjanjikan pengendalian dan pengendaraan yang nyaman dan tanpa halangan berkat posisi duduk yang lebih tinggi. Jarak sumbu roda 2.651 mm berkontribusi menjadikan interior T-Cross terasa lapang dan luas. Desain dashboardnya nampak modern berkat kehadiran lampu ambient dan juga penyematan jok kulit berventilasi di baris depan. Perhatian utama hadir pada panel instrumen digital dengan ukuran 8 inci serta AC digital otomatis dengan tombol sentuhan.

    Soal performa mesin, T-Cross menggunakan mesin 1.0L TSI dengan transmisi otomatis enam percepatan. Produk ini hanya ditawarkan dalam satu varian dan menghasilkan tenaga sebesar 115 ps pada putaran 5.000 hingga 5.500 rpm dan torsi puncak 178 Nm pada putaran 1.750 sampai 4.500 rpm. Berdasarkan klaim VW, T-Cross memiliki catatan konsumsi 16,44 kilometer per liter. Baca selengkapnya di sini. Kami juga membahas siapa saja lawannya di Indonesia.

    GLC Night Edition

    New Mercedes-Benz GLC Night Edition

     

    PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia resmi meluncurkan new GLC 200 Night Edition secara virtual, Kamis (24/2/2022). Berstatus rakitan lokal atau CKD (Completely Knocked Down) di pabrik perakitan Wanaherang, Bogor, mobil itu dijual dengan banderol Rp1,13 miliar off the road. New GLC 200 Night Edition versi 2022 rakitan lokal yang masuk dalam kelas SUV premium itu sudah bisa dipesan dan tersedia di diler resmi Mercedes-Benz per hari ini.

    Secara keseluruhan, tampilan GLC facelift ini masih mempertahankan DNA lama namun agar ada unsur kebaruan beberapa detail pun direvisi. Hasilnya, visual dari SUV premium tersebut semakin sporty dan dinamis. Sesuai tema Night Edition yang diusung, terlihat beberapa sisi mobil ini tampil dengan sentuhan aksen kelir hitam glossy seperti di bagian apron depan, apron belakang, grill, side skirt, underguard hingga kaca spion.

    Tidak hanya itu saja, beberapa bagian lain juga tampil dengan balutan warna hitam seperti pada list pintu, dan kaca bagian belakang yang membuat tampilan GLC Night Edition bukan hanya gagah tapi juga lebih elegan. Nah, Untuk mempertegas kesan gagah pada SUV ini, pabrikan membekali GLC Night Edition dengan velg AMG 5 twin-spoke berukuran 20 inci yang juga dibalut warna hitam glossy berpadu silver.

    Bila tertarik memboyong New Mercedes-Benz GLC Night Edition rakitan lokal ini, SUV premium tersebut dihadirkan dalam 3 opsi warna bodi. Pilihannya adalah Polar White, Obsidian Black, dan terakhir Light Grey. Baca soal spesifikasi dan fitur lengapnya di sini(Raju)

     

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    • Yang Akan Datang

    Video Mobil Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil

    Artikel Mobil dari Carvaganza

    Artikel Mobil dari Zigwheels

    • Motovaganza
    • Tips
    • Review
    • Artikel Feature