SUV Aston Martin DBX Mendebut, Berbanderol Rp 2 Miliar

SUV Aston Martin DBX Mendebut, Berbanderol Rp 2 Miliar

Aston Martin DBX akhirnya debut lewat event Los Angeles Auto Show 2019. Kehadirannya, menandakan manufaktur asal Inggris itu, mulai menggarap pasar SUV untuk pertama kalinya. Ya, sepanjang 106 tahun kiprahnya membuat mobil, DBX model SUV pertama yang keluar dari pabrik. Terlihat Aston Martin ini mengejar volume, mengingat SUV seringkali menjadi segmen paling diminati.

Mengusung platform baru, mesinnya berspesifikasi V8 yang volumenya mencapai 4,0 liter dan berteknologi turbocharged ganda. Ini diambil dari bawaan FB11 dan Vantage. Tapi Aston Martin, mengkonfigurasinya agar menghasilkan tenaga yang lebih mumpuni. Adapun daya dorongnya mencapai 542 hp dan momen puntir 700 Nm. Ia disalurkan ke sistem all-wheel drive melalui pemindah gigi otomatis 9-speed. Memastikan pengendaliannya mantap, diselipkan active centra diff dan rear limited-slip differential elektrik.

Jalur pembuangan gasnya bisa dikontrol, begitu pula silindernya dapat dimatikan untuk menghasilkan tenaga sesuai kebutuhan pengemudi. Dengan bobot 2.245 kg, DBX diklaim dapat melesat dari diam sampai menyentuh 100 kpj dalam 4,5 detik. Sedang kecepatan tertingginya 291 kpj.

Interior DBX menawarkan kemewahan. Terlihat dari penggunaan pelapis kulit full-grain. Kemudian headliner dan penutup panoramic roof berbalut alcantara. Aston Martin pun mengizinkan konsumen memilih desain interior sesuai keinginan. Ada opsi aksen kayu walnut untuk konsol tengahnya. Perangkat hiburan dan informasi ditopang layar sentuh 10,25 inci, dengan koneksi Apple CarPlay terintegrasi. Layar itu juga dapat menampilkan tangkapan gambar dari kamera 360 derajat. Pengemudi turut dibuat nyaman untuk mengetahui informasi terkait kendaraan melalui panel instrumen digital masif sebesar 12,3 inci.

Fungsionalitas mobil yang diproduksi di pabrik St. Athan, Wales, Inggris ini bisa diandalkan. Kapasitas kargo diklaim mencapai 832 liter dengan posisi jok belakang ditegakkan. Masih memungkinkan untuk dimaksimalkan hingga 1.540 liter dengan melipat bangku baris kedua hingga rata lantai.

Guna menambah kesan eksklusif, 500 unit pertama yang dibeli konsumen bakal diinspeksi langsung CEO Aston Martin, Andy Palmer. Bahkan mereka mendapatkan buku pembuatan yang ditandatangani Chief Creative Officer Aston Martin, Marek Reichman; beserta undangan pesta Waldorf Astoria. Sebagai SUV mewah, DBX pun disuguhkan dengan banderol yang tak murah, mulai $ 192.986 atau Rp 2,720 miliaran. Unitnya baru dikirim ke pelanggan di Amerika Utara pada paruh kedua tahun depan.

"DBX sangat menarik dan penting bagi Aston Martin. SUV ini telah membawa perusahaan ke wilayah baru yang menginspirasi. DBX juga menandai momen penting dalam pengiriman fase ketiga dan terakhir dari rencana abad kedua kami," jelas Andy seperti dinukil dari motor1. Com (20/11). (Hfd/Tom)

Sumber: Motor1

Baca Juga: Audi E-Tron Sportback Diperkenalkan, Tak Mirip Mobil Listrik 

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil