Sigra Jadi Tulang Punggung Penjualan Daihatsu Sepanjang Kuartal ke-1 2022

Sigra Jadi Tulang Punggung Penjualan Daihatsu Sepanjang Kuartal ke-1 2022

Daihatsu mencatatkan total penjualan yang positif sepanjang kuartal pertama 2022. Kenaikan penjualan secara ritel menjadi 46.946 unit atau naik 55 persen jika membandingkan pada periode yang sama di 2021 yang hanya 30.310 unit.

Selama 3 bulan dari Januari hingga Maret penjualan mobil Daihatsu ditopang oleh LCGC (Low Cost Green Car) Sigra, Grand Max Pikap, dan all new Daihatsu Xenia. Rinciannya untuk Sigra terjual sebanyak 11.856 unit atau berkontribusi 25 persen, sementara Gran Max pikap membukukan 10.456 unit atau 22 persen, dan Xenia terbaru 6.215 unit atau menyumbang penjualan sebesar 13 persen.

KEY TAKEAWAYS

  • Penjualan terbanyak Daihatsu 2022

    Daihatsu Sigra, Gran Max Pikap dan Daihatsu Xenia
  • Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Daihatsu Sales Operation (AI-DSO), Hendrayadi Lastiyoso mengatakan capaian ini mendekati penjualan normal Daihatsu sebelum adanya pandemi COVID-19.

    Daihatsu Sigra

    "Daihatsu bersyukur, dapat menutup penjualan Kuartal I 2022 dengan raihan positif yang didukung juga oleh semua pihak terkait. Semoga capaian baik ini dapat terus berlangsung, dan penjualan otomotif nasional bisa terus meningkat dibandingkan tahun sebelumnya," kata Hendrayadi.

    Bila membandaingkannya per model antara kuartal pertama 2022 dengan 2021, masih dijelaskan Hendrayadi, model kenaikan tertinggi merek mobil ini dipegang oleh Xenia yang mengalami kenaikan signifikan sebesar 17 persen, atau lebih dari 2,5 kali lipat menjadi 6.215 unit dari sebelumnya 2.260 unit.

    Boleh dibilang perolehan itu tak lepas dari strategi peluncuran tampilan serta fitur baru yang ditanamkan pada mobil sejuta umat tersebut. Sementara untuk model LCGC Daihatsu Sigra naik 71 persen atau menjadi 11.856 unit.

    Daihatsu GranMax Pickup

    Selain top 3 penyumbang penjualan terbesar Daihatsu tadi, di posisi ke-4 ditempati oleh Ayla dengan angka penjualan sepanjang Januari sampai Maret 2022 dengan catatan 5.355 unit atau berkontribusi 11 persen. Lalu urutan ke-5 disumbang oleh Terios dengan angka 4.728 unit atau kontribusinya sebanyak 10 persen.

    Posisi ke-6 ditempati oleh Daihatsu Grand Max model mini bus dengan total penjualan 4.029 unit (9 persen), posisi ke-7 Daihatsu Rocky sebanyak 3.215 unit (8 persen), dan di posisi terakhir adalah hasil penjumlahan dari model Luxio serta Sirion sebanyak 789 unit atau menyumbang penjualan sebesar 2 persen saja.

    Data sementara berdasarkan laman resmi Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) pada Januari sampai Februari 2022 Daihatsu masih konsisten menempati urutan ke-2 market share secara wholesales dengan menguasai penjualan 20,2 persen. Seperti biasa merek saudaranya Toyota menempati urutan pertama dengan menguasai penjualan 28,9 persen. Posisi ke-4 serta ke-5 diisi Mitsubishi dan Suzuki dengan market share 13,5 persen dan 13,4 persen. (KIT/RS)

    Baca juga: Diklaim Sudah Laku 500 Unit, MG 5 GT Stimulan Penjualan Sedan di Tengah Tren SUV

    Jual mobil anda dengan harga terbaik

    Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
    Listing gratis Listing gratis
    Daftarkan mobil Anda

    Model Mobil Daihatsu

    • Daihatsu Ayla
      Daihatsu Ayla
    • Daihatsu Sigra
      Daihatsu Sigra
    • Daihatsu Xenia
      Daihatsu Xenia
    • Daihatsu Terios
      Daihatsu Terios
    • Daihatsu Rocky
      Daihatsu Rocky
    • Daihatsu Sirion
      Daihatsu Sirion
    • Daihatsu Gran Max PU
      Daihatsu Gran Max PU
    • Daihatsu Gran Max MB
      Daihatsu Gran Max MB
    • Daihatsu Luxio
      Daihatsu Luxio
    Mobil Daihatsu

    IIMS Hybrid 2022

    Anda mungkin juga tertarik

    Video Mobil Daihatsu Terbaru di Oto

    Oto
    Tonton Video Mobil Daihatsu

    Artikel Mobil Daihatsu dari Carvaganza