jakarta-selatan

Rotary Bintaro Buka Cabang di Automotive Exhibition Center Bekasi

  • 08 Feb, 2019
  • 451 Kali Dilihat

Bengkel spesialis AC mobil, Rotary Bintaro, kini merambah wilayah Bekasi. Lokasi dipilih lantaran strategis dan menjangkau pelanggan lebih luas. Apalagi bengkel berada tepat di sebelah Mall Summarecon. Rotary Bintaro, yang dibangun sejak awal 2000 ini, terus berkembang. Dengan cabang baru, kini mereka punya enam tempat.



Di antaranya Rotary Bintaro Veteran, Ciledug, Kedoya, Serpong, Rawamangun dan Bekasi yang baru saja diresmikan. Lantas apa saja yang ditawarkan oleh bengkel AC mobil ini? Yang paling utama sistem servis yang dijanjikan tidak ribet dan efisien.


Pengerjaan servis dan perbaikan pendingin mobil turut bertransformasi. Dari cara bongkar pasang manual alias konvensional, menjadi lebih canggih dengan bantuan alat modern. Jika dulu membersihkan AC perlu banyak waktu, kini bisa dilakukan lebih cepat dan akurat. Kesalahan pemasangan dan human error diminimalisasi.


Sebab mekanik yang bekerja, dibantu oleh mesin yang terkomputerisasi. Misalnya Lax flusing machine, cooling machine, fogging machine, endoscopy machine dan ozon machine. Menurut Kelvin Ong, Kepala Cabang Rotary Bekasi, pengerjaan servis ringan bisa dilakukan dalam tempo 20 menit hingga satu jam saja.



“RBK punya alat untuk perbaikan AC mobil sangat lengkap dan bisa dilakukan cepat. Dulu pelanggan kami bisa menunggu sangat lama, hanya untuk pembersihan saja. Kini bisa ditunggu. Tapi kalau untuk mobil dengan kondisi kerusakan parah, tetap kami sarankan untuk menginap mobilnya. Apalagi merek Eropa. Sebab sistem AC mereka lumayan rumit dan mesti hati-hati pengerjaannya. Lalu biayanya bisa mencapai Rp 400 ribu sampe dengan jutaan. Bergantung pada jasa dan tingkat kerusakan AC mobil,” Kelvin menjelaskan.


Perawatan AC Mobil


Untuk perawatan AC mobil paling dasar, mengganti oli kompresor secara rutin. Menurut Kelvin, baiknya diganti tiap 20 ribu kilometer. Atau setidaknya setahun sekali. Tujuannya, agar pelumasan tetap terjaga dan AC lebih awet. Jika oli kompresor kehilangan daya lumasnya, pelan-pelan cairan berubah menjadi zat asam. Hal ini bisa mengakibatkan panas berlebih pada kompresor.


Inilah manfaat dari flusing machine. Tanpa harus melakukan pembongkaran komponen AC. Takaran oli yang diisi ke dalam kompresor juga sangat akurat, sesuai standar AC mobil Anda. Jadi risiko kerusakan komponen lain akibat pembongkaran berkurang.


Lalu di dalam sistem AC mobil terdapat evaporator sebagai komponen penting. Fungsinya untuk mendinginkan hawa panas. Letaknya di bawah dasbor mobil, yang menyebabkan rentan terkena debu dan kotoran. Ia harus dibersihkan rutin 20.000 km atau setahun sekali. Namun dengan cooling machine, pembersihan dilakukan tanpa membongkarnya.


Cairan pembersih khusus dimasukkan dalam mesin, kemudian disemprotkan melalui slang bertekanan tinggi ke bagian evaporator. Alat ini dilengkapi kamera untuk melihat kebersihan evaporator. Canggih bukan? (Alx/Odi)


Baca Juga: Jarang Diketahui, Ini Peran Penting Katup Ekspansi AC

kali dibagikan

Promo Populer di Jakarta Selatan

Mobil Pilihan

  • Populer
  • Terbaru
  • Yang Akan Datang
  • Komparasi