• Wishlist

Resmi, New York Auto Show 2020 Batal!

Resmi, New York Auto Show 2020 Batal!

Pandemi corona (COVID-19) rupanya belum mereda. Dampaknya masih terus menggerogoti banyak hal termasuk gelaran otomotif dunia. Dari Amerika Serikat, New York Auto Show 2020 yang sudah ditunda akhirnya resmi batal dilangsungkan tahun ini. Ajang ini dijadwal ulang tahun depan.


Negara pimpinan Donald Trump itu memang terdampak COVID-19 paling parah. Data hingga Senin (25/5) siang tercatat ada 1,68 juta orang terpapar virus ini. Sedangkan jumlah kematian sudah mencapai angka 99.300 orang. Alhasil, berbagai kegiatan yang melibatkan orang banyak harus ditunda atau dibatalkan.


New York Auto Show 2020 sendiri awalnya direncanakan April kemudian diundur menjadi 28 Agustus – 7 September. Hanya saja kondisi yang belum membaik memaksa penyelenggara untuk menjadwal ulang tahun depan. Pandemi mengubah Javits Convention Center, lokasi penyelenggara pameran, saat ini menjadi rumah sakit sementara untuk menangani pasien COVID-19.


Baca Juga: Jajaran Mobil Gagal Unjuk Gigi di Geneva Motor Show 2020


Marck Schienberg, president of the Greater New York Automobile Dealers Association, organisasi pelaksana pameran yang sudah berusia 120 tahun itu mengatakan, panitia maupun peserta membutuhkan waktu untuk menyiapkan acara. “Karena situasi yang tidak jelas lantaran virus, kami merasa tidaklah bijaksana tetap menggelar acara di 2020 ini,” kata dia seperti dilansir Automotive News.


Panitia memutuskan pameran akan digelar 2 – 11 April 2021. New York Auto Show bergabung dengan daftar acara otomotif yang harus mengalah karena virus corona. Geneva Motor Show menjadi ajang pertama yang dibatalkan, kemudian disusul Detroit Auto Show dan Paris Motor Show yang diatur ulang menjadi akhir September atau awal Oktober. Gelaran lain yang juga harus absen adalah Concours d’Elegance di Pebble Beach, California. Beijing Auto Show 2020 ditunda hingga September.


Kondisi ini tentunya menghawatirkan, karena motor show menjadi ajang para pabrikan memperkenalkan model dan teknologi baru mereka. Namun coronavirus telah menjungkirbalikkan sebagian besar industri otomotif. Mulai dari kegiatan motorsport hingga manufaktur. Pabrik-pabrik otomotif baru saja memulai kembali produksi mereka setelah sempat ditutup beberapa waktu.


Tadinya, New York Auto Show tahun ini menjadi ajang tampilnya beberapa model baru termasuk Ford Bronco Sport. Langkah antisipasi bahkan sudah diambil beberapa brand. Audi dan Mercedes mengumumkan sebelum pembatalan acara bahwa mereka tidak akan ikut serta. Sepertinya para pabrikan mengkalkulasi ulang strategi mereka. Apakah ikut serta dengan mengeluarkan biaya besar atau menghemat dengan memperkenalkan produk mereka lewat virtual. (Raj)


Sumber: Automotive News


Baca Juga: GIIAS 2020 The Series Tetap Digelar, Catat Jadwalnya!

    • Overview
    • Tentang Kami
    • Kontak Kami
    • Others
    • Kebijakan Privasi
    • S&K
    • Dapatkan di Google Play
    • Tersedia di App Store