Resmi! Honda dan Sony Bangun Perusahaan Mobil Listrik

Resmi! Honda dan Sony Bangun Perusahaan Mobil Listrik

Kendaraan listrik atau Electric zvehicle (EV) adalah masa depan mobilitas yang menjadi pilihan berbagai perusahaan otomotif. Salah satunya Honda. Informasi terkini, Honda Motor Co., Ltd. dan Sony Group Corporation mengumumkan kerjasama bisnis mereka dengan meresmikan Sony Honda Mobilty Inc, 16 Juni 2022 lalu.

Persiapan kehadiran perusahaan ini sebenarnya sudah diumumkan pada awal tahun. Tepatnya dengan penandatanganan MOU pada Maret 2022 lalu. Kehadiran perusahaan hasil kolaborasi dua perusahaan besar ini untuk mendukung penjualan kendaraan listrik serta sebagai penyedia jasa untuk menunjang kebutuhan mobilitas di masa depan. Lini bisnis baru perusahaan ini akan menghasilkan teknologi terdepan dalam hal lingkungan, keselamatan, penunjang mobilitas masyarakat, riset struktur bodi kendaraan serta layanan purna jual.

Honda yakin dengan kapabilitas serta pengalaman Sony yang ahli dalam bidang telekomunikasi, jaringan, teknologi yang menunjang mobilitas masyarakat sehari-hari ini sejalan dengan visi dan misi Honda juga. Aliansi Honda Sony ini akan bermarkas di Tokyo, Jepang dan beroperasi pada tahun ini dengan menargetkan dapat memulai produksi serta penjualan global kendaraan listrik pada 2025 mendatang.

Toshihiro Mibe, Director, President, Representative Executive Officer and CEO, Honda Motor Co., Ltd. mengatakan Honda terus menghadapi tantangan baru di bidang lingkungan, keselamatan dan teknologi untuk menjadi pendorong perubahan dalam hal mobilitas dan kekuatan yang mendukung orang-orang di dunia mencoba melakukan sesuatu berdasarkan inisiatif mereka sendiri.

Honda Sony

“Kami sangat senang telah menandatangani perjanjian dengan Sony, yang memiliki kekuatan dalam teknologi digital canggih untuk menghadapi tantangan baru. Sejak diumumkan pada bulan Maret, banyak orang telah mengungkapkan harapan mereka untuk lini bisnis ini dimana kami akan berusaha untuk menciptakan nilai baru melalui perpaduan yang dibawa oleh kombinasi industri kami kedepannya,” ucap Mibe dalam keterangannya.

Kenichiro Yoshida, Representative Corporate Executive Officer, Chairman, President and CEO, Sony Group Corporation mengatakan berdasarkan visi Sony, perusahaan mempunyai inisiatif dalam bisnis mobilitas yang berpusat di tiga bidang, keselamatan, hiburan dan kemampuan beradaptasi. Bersama Honda, Sony dapat memulai lini bisnis baru bersama-sama untuk terus berkontribusi pada evolusi mobilitas.

“Kami akan terus berkontribusi dengan menggabungkan teknologi lingkungan dan keselamatan mutakhir Honda, kemampuan pengembangan mobilitas, teknologi pembuatan bodi kendaraan dan pengalaman manajemen layanan purna jual, dengan keahlian kami dalam pencitraan, penginderaan, telekomunikasi, jaringan. dan teknologi hiburan,” ucap Yoshida.

Yasuhide Mizuno, Representative Director, Chairman and CEO of Sony Honda Mobility Inc. (Planned) and Senior Managing Officer of Honda Motor Co., Ltd. mengatakan perusahaan baru ini berencana untuk sepenuhnya memanfaatkan aset teknologi yang dimiliki kedua perusahaan di bidang yang berbeda, seperti teknologi penginderaan Sony dan kemampuan pengembangan mobilitas Honda. Ini untuk mewujudkan mobilitas dan layanan yang dapat memimpin era mobilitas baru.

Honda Sony

Sony dan dunia otomotif sebenarnya bukan pemain baru. Perusahaan yang terkenal dengan teknologi hiburannya ini pada ajang Consumer Electronic Show 2020 (CES) memperlihatkan mobil konsep Vision-S 01 dan 02. Ketika itu, Sony sudah mengungkapkan produksi kendaraan ini akan dilakukan pada 2022.

Desainnya digarap serius dengan kerja sama perusahaan otomotif seperti Magna International, Continental AG, Elektrobit, Benteler dan Bosch. Produk ini hadir dengan teknologi terkini masing-masing perusahaan dan menjanjikan pengendalian otonom sebagai layanan tercanggihnya. Perbedaan kedua model konsep ini adalah Vision-S 01 lebih ke arah sedan dengan kapasitas empat penumpang, Vision-S 02 lebih ke arah SUV (Sport Utility Vehicle) dengan kemampuan angkut tujuh penumpang.

Soal dimensi, Vision-S memiliki panjang 4,9 meter, lebar 1,93 meter dan tinggi 1,65 meter dengan panjang sumbu roda mencapai 3,03 meter. Kaki-kakinya menggunakan pelek berukuran 20 inci dibalut ban 255/50R20 di depan dan 275/45 R20 di belakang dengan berat kendaraan sekitar 2.480 kilogram. Semua data ini didukung dengan penggunaan suspensi udara double wishbone baik di depan dan belakang.

Untuk penggerak, Vision-S 02 menggunakan sistem all wheel drive berkat penggunaan dua motor listrik di depan dan belakang. Masing-masing motor listrik itu menghasilkan tenaga sekitar 268 hp atau 200 kilowatt. Kecepatan maksimalnya diklaim bisa mencapai 400 kilometer per jam.

Fitur keamanannya pun termasuk canggih. Sony menggunakan 40 sensor di kendaraan dengan sensor utama pada SONY CMOS image sensor untuk terus bekerja memonitor sisi keselamatan kendaraan. Fitur otonomnya termasuk kehadiran highway assist yang memiliki fungsi menjaga jarak keamanan dengan kendaraan lain, menjaga kendaraan tetap pada jalur dengan nama fitur lane change decision aid system (LCDAS), serta melihat apakah ada ruang untuk mendahului kendaraan lain. Fitur valet parking juga membantu untuk mencari ruang parkir dan melakukan manuver parkir yang aman secara otomatis. Tambahan lainnya, Vision-S memiliki fitur in cabin monitoring yang memonitor ekspresi dan gestur pengemudi untuk memperhitungkan tingkat konsentrasi dan lelah selama mengemudi.

Pada pertengahan April 2022, Honda Motor Co., Ltd. menyampaikan rencana lanjutan terkait visi elektrifikasi di masa depan, dimana Honda mengumumkan rencana meluncurkan hingga 30 mobil berbasis listrik secara global hingga tahun 2030. Total 30 mobil listrik tersebut terdiri dari berbagai segmen kendaraan, mulai dari mini-EV komersial hingga model-model pada segmen premium. Honda juga telah merencanakan jumlah volume produksi lebih dari 2 juta unit secara global per tahunnya. (STA/RS)

Baca juga: Test Drive: Mengajak Honda HR-V RS Turbo Berdansa di Sirkuit Mandalika

Jual mobil anda dengan harga terbaik

Pembeli asli yang terverifikasi Pembeli asli yang terverifikasi
Listing gratis Listing gratis
Daftarkan mobil Anda

IIMS Hybrid 2022

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil

Artikel Mobil dari Carvaganza

Artikel Mobil dari Zigwheels

  • Motovaganza
  • Tips
  • Review
  • Artikel Feature