• Wishlist

Program SATRIA Toyota Indonesia Temukan 20 Atlet Muda Berpotensi

Program SATRIA Toyota Indonesia Temukan 20 Atlet Muda Berpotensi

Program athlete scouting SATRIA (Satukan Bakat Negeri Kita) sukses dapatkan 20 atlet muda. Mereka merupakan atlet dari berbagai cabang olahraga, yang berhasil melewati serangkaian seleksi dari Toyota Indonesia. Nantinya mereka mendapat dukungan penuh untuk meneruskan karir.


SATRIA sendiri diluncurkan pertama kali pada Agustus 2019. Ia menjadi salah satu bentuk kontribusi Toyota dalam mendukung perkembangan olahraga nasional. Program tak hanya diramaikan proses seleksi, tapi juga diadakan workshop di beberapa kota. Prosesnya dilakukan tiga mentor, yakni Richard Sambera, mantan perenang; Dr. Nino Susanto, tokoh dalam olahraga disabilitas di Indonesia; dan Eko Widodo, wartawan olahraga senior.


Atlet dari program Toyota SATRIA


Dalam waktu enam bulan, ketiganya mencari atlet muda potensial, yang tak hanya berprestasi olahraga, tapi juga punya semangat yang mencerminkan nilai “Start Your Impossible” dalam dirinya. Terpilihlah 20 atlet yang berasal dari berbagai daerah dan cabang olahraga, seperti atletik, angkat besi, balap sepeda MTB, selancar, renang, taekwondo dan judo. Terdapat pula atlet paralimpik dari bidang atletik, renang, boccia, dan tenis meja.


Adapun dukungan yang diberikan disesuaikan kebutuhan masing-masing atlet, seperti sokongan untuk mengikuti turnamen/kejuaraan di tingkat nasional atau internasional, training, alat-alat olahraga, maupun program mentoring & coaching. Ini diberikan Toyota selama setahun, agar mereka dapat mewujudkan impiannya pada 2020 ini.


Baca Juga: Alphard dan Vellfire 2020 Diimbuhi Fitur Baru Toyota Safety Sense, Harga Naik


Tak hanya dukungan dalam pengembangan kemampuan atlet, nantinya dipilih 6 orang. Mereka yang terpilih bakal diberi kesempatan berkunjung ke Olympic Games & Paralympic Games Tokyo 2020. Kunjungan ke event olahraga internasional 4 tahunan ini bertujuan menambah wawasan para atlet muda diharapkan pula dapat memotivasi dan menginspirasi, untuk menjadi wakil Indonesia di ajang Olympic atau Paralympic Games di masa depan.


Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto menyebut, Toyota tidak hanya berkomitmen pada pengembangan industri otomotif nasional, tapi juga pengembangan masyarakat Indonesia. "Semoga SATRIA dapat berkontribusi positif terhadap pengembangan atlet dan olahraga nasional. Kami berharap para atlet ini mempunyai semangat Start Your Impossible yang memacu mereka, agar tak pernah menyerah menghadapi tantangan, sehingga dapat mencapai cita-citanya sebagai juara," ujar Henry dalam keterangan resminya. (Hfd/Tom)


Berikut nama-nama atlet muda cabang Olympic :

1. Thika Rachmania (Taekwondo) dari Jawa Tengah

2. Muhammad Akbar (Renang) dari Bengkulu

3. Brigitta Maria Andrea Gunawan (Renang) dari DKI Jakarta

4. Shilsy Rintri Ramadhani (Triathlon/Lari) dari Sumatera Barat

5. Farrel Ezrabaswara Wihandoyo (Triathlon) dari DKI Jakarta

6. I Made Pajar Ariayana (Surfin) dari Bali

7. Azra Queisha (Wall Climbing) dari Banten

8. Mutiara Oktarani Nurul Al Pasha (Atletik) dari DI Yogyakarta

9. Aditya Fajar Putu Soekarno (Cycling BMX) dari DI Yogyakarta

10. Jasmine Azzahra Setyobudi (Cycling BMX) dari Sumatra Selatan

11. Abraham Usyor (Judo) dari Papua

12. Luluk Diana Tri Wijayaba (Angkat Berat) dari Jawa Timur

13. Natasya Mahdalita (Hammer Throw) dari DKI Jakarta


Cabang Paralympic :

1. Agnes M Yowey (Renang) dari Papua

2. Fajar Tri Hadi (Renang) dari DKI Jakarta

3. Rifki Mamudin (Tenis Meja) dari Jawa Barat

4. M. Afrizal Syafa (Boccia) dari Jawa Tengah

5. M. Bintang Satria (Boccia) dari Jawa Tengah

6. Cici Juliani (Tenis Meja) dari Kalimantan Barat

7. Firza Faturahman (Atletik) dari Jawa Timur


Baca Juga: Wabah Corona Belum Pengaruhi Produksi Daihatsu dan Toyota