Pininfarina Rancang Sedan dan SUV Pertama Asli Vietnam

Pininfarina Rancang Sedan dan SUV Pertama Asli Vietnam

Vietnam segera punya mobil nasional. Di bawah induk Vingroup, yang dikelola miliuner Pham Nhat Vuong, nama Vinfast akan menjadi merek perdana dari Vietnam. Pabrik perakitan sedang disiapkan, terletak di Hai Phong, sebuah kota pelabuhan dekat Hanoi. Kapasitas produksinya tak main-main. Mereka menargetkan 500.000 kendaraan pertahun pada 2025. Ambisinya ingin menjadi pabrikan terdepan di ASEAN. Ada 5 pabrik yang sedang dibangun di atas lahan 335 hektar. Mobil listrik menjadi salah satu produk yang dibuat.

Diwartakan Forbes Asia, Pham berencana meningkatkan investasi sampai senilai $1,5 miliar untuk Vinfast. Menambah dana pinjaman dari Credit Suisse untuk memulai proyek besar ini.”Kami memiliki passion untuk membangun merek mobil Vietnam yang mampu berkompetisi di pasar dunia. Kami juga ingin mengembangkan industri yang dapat menolong industri lain di Vietnam,” kata Pham.

Tahap pertama proyek, Vinfast menargetkan produksi 100.000 kendaraan pertahun. Termasuk di dalamnya merakit motor listrik, sementara mobil listrik belum dalam jangka waktu dekat. Vingroup mencatat, Vietnam masih memiliki rasio kepemilikan mobil yang rendah, hanya 23 kendaraan per 1.000 orang. Bandingkan dengan negara tetangga terdekat, Thailand, yang rasionya 204 kendaraan dan negara berkembang lain mencapai 400 kendaraan.

Vinfast juga sudah menandatangani kerjasama dengan beberapa supplier besar di industri otomotif, seperti Bosch dan Siemens. Kabar terbaru, Vinfast menunjuk rumah Pininfarina untuk mendesain mobil pertama mereka. Rumah desain beken asal Italia itu, bertanggung jawab merancang model sedan dan SUV yang direncanakan tampil di Paris Motor Show tahun ini. Keputusan diambil berdasarkan desain konsep terbaik dari 20 rancangan yang ditawarkan berbagai rumah desain ternama lainnya.

Untuk memilih desainnya, juga menggunakan proses voting yang melibatkan 62.000 partisipan. Sehingga lebih transparan agar calon konsumen Vinfast mendapatkan desain yang sesuai keinginan termasuk cocok dengan selera dan karakteristik Vietnam. Pininfarina yang ahli merancang mobil-mobil eksotik, memiliki orisinalitas yang terkadang tak dimiliki rumah modifikasi lain. Namanya juga yang sudah besar maka tak heran terpilih untuk mendesain mobil pertama Vinfast.

Untuk mempercepat proses, Vinfast juga berencana membeli blueprint mesin mobil dan sistem mekanikal utama dari desainer papan atas asal Eropa maupun Amerika. Mantan executive vice president General Motors, James B. DeLuca, ditunjuk Vingroup menjadi general manager. DeLuca bertanggung jawab terhadap operasional, konstruksi dan pengembangan segmen sedan dan SUV. (Odi/RS)

Baca juga: Survey Membuktikan, Mesin Internal Combustion Konvensional Masih Dibutuhkan

Sumber: Paultan

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil