• Wishlist

Penjualan Mobil Listrik BMW Tembus 100 Ribu Unit

Penjualan Mobil Listrik BMW Tembus 100 Ribu Unit

Produsen mobil mewah asal Jerman, BMW, berhasil mencapai target penjualan mobil listrik. Sepanjang 2017, tercatat lebih dari 100 ribu mobil listrik BMW terjual di seluruh dunia. Seperti yang diungkap oleh Reuters, jumlah ini meningkat 60% dibanding tahun lalu yang hanya 62.255 unit. Bahkan 2018, BMW menyebut angka penjualan mobil listrik tumbuh lebih signifikan lagi.


gedung baterai BMW


BMW memang memiliki divisi khusus untuk menangani mobil listrik miliknya. Divisi BMW i dan BMW iPerformance, menghasilkan mobil listrik seperti BMW i3 dan BMW i8. Penjualan mobil bertenaga listrik, juga didukung oleh peningkatan penjualan mobil bermesin plug-in hybrid. Pada 2017 ini, misalnya, sekitar 22% dari BMW Seri-5 yang terjual di Amerika Serikat adalah plug-in hybrid. Bahkan di Inggris, dua per tiga BMW Seri-3 yang terjual bermesin plug-in hybrid.


September lalu produsen mobil yang bermarkas di Munich, Jerman ini mencanangkan membuat 12 mobil full electric hingga 2025. Daya jelajah mobil-mobil listrik, nantinya bisa menempuh 700 km. Kemampuan yang didapat lantaran BMW telah menjalin kerjasama dengan perusahaan pembuat baterai listrik jenis solid state, Solid Power.


penjualan mobil listrik BMW


Baterai jenis ini memiliki konduktor dari material solid bukan liquid atau gel seperti yang digunakan oleh baterai Lithium-Ion saat ini. Selain lebih murah biaya produksinya, lebih ramah lingkungan dan memiliki faktor keselamatan yang lebih baik dibanding baterai Lithium-Ion. Baterai ini juga dapat diisi ulang dalam waktu yang lebih singkat serta memiliki kapasitas daya yang lebih besar, sehingga dapat menempuh jarak tempuh yang lebih baik.


“Saat ini mobil listrik menjadi indikator keberhasilan kami,” ujar Chief Executive Officer BMW, Harald Krueger. Ekspansi mobil bermesin listrik dijalankan oleh BMW ke seluruh dunia. Tidak terkecuali Indonesia. Belum lama ini BMW Indonesia menjalin kerjasama dengan PLN (Perusahaan listrik Negara) untuk membangun infrastruktur Sarana Pengisian Listrik Umum (SPLU) atau charging station untuk mobil listrik. Langkah yang dilakukan sebagai upaya untuk mendorong kemudahan konsumen BMW i8 bertenaga listrik di Indonesia dalam mengisi ulang energi baterai mobilnya. (RS/Odi)


Baca Juga: BMW Sedang Garap Suara Untuk Mobil Listrik