Penjualan Mobil Honda 50 Persen Lewat Online, Hasil Juni 2020 Naik Signifikan

Penjualan Mobil Honda 50 Persen Lewat Online, Hasil Juni 2020 Naik Signifikan

Angin segar berembus ke Honda Prospect Motor (HPM). Menurut catatan perusahaan, tren positif pemasaran terjadi untuk kali pertama dalam tiga bulan terakhir. Sepanjang Juni 2020, mereka merekam penjualan retail sebanyak 2.488 unit di Tanah Air. Capaian ini meroket 93 persen dibanding jualan pada Mei hanya 1.291 unit. Angka dua bulan lalu amblas 89,5 persen dikomparasi periode sama tahun lalu, lantaran COVID-19.


“Maksudnya hasil 50 persen itu tidak murni dari digital. Misal konsumen yang melihat web kami, media sosial, data leads terkonfirmasi dan jaringan diler. Tapi asalnya dari online. Walau transaksi secara offline di diler, maka kami anggap jalur awalnya ialah dari digital dan masuk dalam prosentase tadi,” jelas Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor, dalam update penjualan secara virtual (9/7).


Kalau dibedah lebih dalam. Kontribusi terbesar penjualan Juni berasal dari Honda Brio sebanyak 1.314 unit. Ia menyumbang hingga 52 persen dari total gapaian seluruh lini model. Selain itu, Honda HR-V tersalur ke konsumen sebanyak 343 unit, Jazz sebesar 293 unit, CR-V sejumlah 192 unit dan Honda Mobilio terkumpul 164 unit.


Baca Juga: Honda Jepang Merilis CR-V Black Edition, Harga Mulai Rp 445 Jutaan


Sementara itu BR-V terjual 66 unit dan Civic Hatchback sebanyak 52 unit. Versi Civic Sedan mencatat torehan 26 unit disusul Honda Accord 20 unit, City hanya 14 unit dan Honda Odyssey cuma 4 unit. Di sisi lain, target ekspor mobil di dua negara 6.800 unit setahun. Namun karena COVID-19 pasar terkoreksi tipis. Mayoritas Brio yang dikapalkan untuk Filipina dan Vietnam.


Honda Mobilio


“Capaian penjualan pada Juni ini didorong oleh mulai meningkatnya aktivitas masyarakat di sebagian besar wilayah Indonesia. Juga indikator makro ekonomi yang relatif positif saat ini. Kontribusi besar datang pula dari pembeli mobil pertama di segmen LCGC. Apalagi didukung oleh lembaga pembiayaan yang saat ini sudah lebih meringankan pembelian dengan cara kredit. Meskipun kondisi saat ini masih belum sepenuhnya stabil. Kami optimis pencapaian selama Juni akan menjadi awal yang baik untuk mulainya pemulihan pasar otomotif di Indonesia,” imbuh Billy.


Beri Kemudahan


Honda pun mengaku berusaha memberikan kemudahan dan keringanan kepada konsumen yang ingin melakukan pembelian mobil. Khususnya melalui program penjualan online. Tak hanya itu, baru-baru ini mereka meluncurkan kampanye #HondaHopefuel. Gagasan ini merupakan upaya dalam menumbuhkan harapan dan tetap mendukung mobilitas sehari-hari para konsumen. Diklaim menyuguh berbagai inovasi layanan yang disiapkan Honda untuk era baru saat ini.


Baca Juga: Skema Kredit Honda Brio 2020, Bisa Dicicil Rp 2 Jutaan Sebulan


Berbagai layanan itu meliputi home service untuk perawatan mobil ringan hingga perawatan berkala. Pickup service guna perawatan berkala dan perbaikan yang memerlukan peralatan khusus. Honda experience bertujuan membantu konsumen saat berada dalam keadaan darurat selama 24 jam.


“Kami akan terus melakukan evaluasi hasilnya. Menurut pandangan kami, media digital itu makin dikenal masyarakat dan memudahkan. Rencana penjualan online bakal terus dikembangkan. Namun untuk menganalisis market yang belum stabil ini, jujur cukup sulit. Kalau berdasar Gaikindo torehan tahun ini 600 ribuan unit. Ke depan masih belum ada proyeksi pasti. Tapi kami tetap mengupayakan pelayanan terbaik. Target kami saat ini menjaga market share nasional di kisaran 14,3 persen,” ungkap dia.


Promo Digital


Dalam program platform digital, tersedia New Normal Package Value. Berlaku bagi tiap pembelian online untuk Honda Brio, Mobilio, BR-V serta HR-V. Konsumen langsung mendapatkan hingga Rp 15 juta dan Anda dapat melakukan pembayaran dengan metode cicilan 0. Plus diberi tambahan cashback.


Untuk menambah gairah market. Konsumen dijanjikan mendapatkan bonus berupa gratis biaya perawatan berkala (Jasa + parts s/d 50.000 km atau 4 tahun). Namun hanya khusus untuk pembelian Brio, Mobilio, Jazz, BR-V, HR-V juga Honda CR-V. Seluruh promo ini berlaku selama periode Juni sampai Juli 2020. Syarat & ketentuan berlaku. Guna menjaring lebih banyak konsumen. HPM membuka official store sejumlah situs e-commerce. Promo-promo tetap ditawarkan. (Alx/Odi)


Baca Juga: Honda Prospect Motor Berikan Servis Gratis pada 2.226 Mobil Dokter di Indonesia

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store