Mobil Listrik Weltmeister Asal Cina Segera Masuk Indonesia, Jagokan SUV EX5-Z

Mobil Listrik Weltmeister Asal Cina Segera Masuk Indonesia, Jagokan SUV EX5-Z

Industri otomotif yang gemuk di Indonesia terus menarik perhatian pabrikan mobil asal Cina. Jika sebelumnya ada merek Morris Garage, Wuling Motors, DFSK, sekarang giliran produsen mobil listrik WM Motors yang tertarik meramaikan segmen mobil setrum di Tanah Air.

Informasi ini datang dari keterangan resmi yang OTO.com terima jika WM Motors telah mempersiapkan kerjasama untuk melakukan ekspansi bisnis perusahaan ke luar dari Cina dengan fokus menyasar pasar Asia Pasifik. Mereka akan berafiliasi dengan WM Motor Asia Pacific (WMAP) yang berbasis di Jakarta, Indonesia.

"Pembentukan WMAP membawa kepercayaan diri dan rasa percaya yang sangat besar terutama kepada produk, pelayanan dan pengalaman kendaraan berbahan energi baru," kata Direktur & CEO, Yedi Sondy. WMAP.

Ia melanjutkan jika pasar ASEAN memiliki peluang lebih luas untuk mengembangkan kendaran elektrifikasi yang mana beberapa negara memang masih mempersiapkan ekosistem kendaraan listrik. Permasalahan soal dampak emisi juga menjadi tantangan di kawasan ini.

"Ini tidak hanya sekedar mobil, ini adalah EV, ini adalah solusi baru energi untuk menjawab mobilitas dan mempercepat langkah kita di masa depan," tambah dia.

Weltmeister EX5-Z

Masuk tahun depan?

Yedi Sondy memang belum mengatakan kapan pastinya merek mobil Weltmeister akan resmi diniagakan di Indonesia, namun secara tersirat merek mobil ini akan siap berkompetisi di pasar domestik. Lantas kapan? Dari beberapa informasi yang kami himpun, Weltmeister akan memasuki pasar Indonesia pada tahun depan dengan menghadirkan jenis SUV listrik W5 atau yang lebih dikenal EX5-Z di Cina. Ini jadi varian pertama yang akan dikenalkan ke publik.

Sebelumnya mobil ini sempat terpergok sudah mendarat di Indonesia dan sedang melakukan bongkar muat di sebuah pelabuhan peti kemas. Melihat fisiknya memang identik dengan EX5-Z namun masih menganut jenis setir kiri. Rumor yang beredar, ini adalah mobil display yang kemungkinan besar akan dipajang atau diperkenalkan di pameran otomotif Indonesia, bisa jadi memanfaatkan lantai GIIAS 2021 nanti.

Kabar lainnya merek mobil Weltmeister akan menggandeng perusahaan otomotif Hascar yang lebih dulu menaungi MG dan Jeep di Indonesia. Ini bisa dilihat dari unggahan sebuah akun Instagram dengan nama @wmmotor.asiapacific yang menuliskan nama Hascar dan caption "Kami siap ambil bagian menyelamatkan bumi,"

Baca juga: Bocoran Lengkap Harga Daihatsu Terios yang Mendapatkan Peningkatan Fitur

Weltmeister EX5-Z

Lebih dekat dengan Weltmeister EX5-Z (W5)

Berdasarkan laman resmi Weltmeister Motor, SUV EX5-Z dihadirkan dalam dua tipe berbeda, pertama varian 400 dan 520. Keduanya dibedakan soal kemampuan jarak tempuh.

Weltmeister EX5-Z 400 mengaplikasikan baterai berkapasitas 52,5 kWh yang diklaim pabrikan bisa menjelajah hingga 400 kilometer. Adapun untuk Weltmeister EX5-Z 520 disuntik baterai dengan kapasitas 69 kWh yang mana jarak tempuhnya lebih jauh atau sekitar 520 kilometer. Keduanya sama-sama menggunakan jenis baterai Lithium-Ion.

Dengan racikan baterai dan komponen listrik lainnya, mobil tersebut memproduksi tenaga maksimal hingga 215 daya kuda dan torsi puncak mencapai 315 Nm. Terkait durasi pengecasan setidaknya butuh waktu 30 menit untuk mengisi daya dari 20 persen menuju 80 persen.

Untuk lama pengisian tadi jika pemilik menggunakan sistem pengecasan fast charging dengan tipe DC berspesifikasi 120 kiloWatt. Sementara untuk pengisian daya normal menggunakan daya 6,6 kiloWatt, namun pengisian akan lebih lama sekitar 9 jam.

Sebagai mobil listrik yang mengimpretasikan sebuah kendaraan masa depan, Weltmeister EX5-Z juga dibekali banyak fitur dan teknologi canggih. Ya, terdiri dari fitur keselamatan, fitur kenyamanan, sampai bantuan pengemudi alias teknologi adaptive.

Beberapa contohnya adalah fitur ABS, EBD, Airbags, Adaptive Cruise Control, Intersection Collision Avoidance, sampai yang lainnya. Nah, masih mengutip laman resminya, mobil ini juga sudah mengantongi sertifikat uji tabrak bintang lima yang dilakukan oleh Chinese NCAP.

Terkait banderolnya, di pasar Cina untuk memiliki Weltmeister EX5-Z konsumen harus mengeluarkan dana 149.800 yuan atau sekitar Rp 330 jutaan. Harga itu disebutkan sudah termasuk dengan insentif atau relaksasi dari pemerintah setempat. (Kit/Raju)

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by WM Motor Asia Pacific (@wmmotor.asiapacific)

 

Sumber: wm-motor, instagram

Baca juga: Mobil Listrik Asal China Weltmeister Segera Dijual di Indonesia, Ini Bocorannya

GIIAS 2021

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil