Mencoba Performa Truk Hyundai Xcient dan Mighty

Mencoba Performa Truk Hyundai Xcient dan Mighty

Hari ini (22/11) PT Hyundai Oto Komersial Indonesia, mengajak kami mencicipi dua produk pertama mereka. Kedua truk itu, Hyundai Xcient dan Mighty. Kami mencicipinya di area proyek pembangunan perumahan Citra Indah City, Cileungsi, Bogor.

Hyundai Xcient untuk pasar Indonesia tersedia dalam dua jenis : dump truck dan tractor head. Unit yang kami uji tipe dump truck yang dimuati tanah dengan bobot sekitar 10 ton. Pengetesan dilakukan di jalan aspal, beton dan tanah.

Hyundai truk test drive4-06

Truk berpenggerak 6x4 memakai mesin turbodiesel 4-silinder berkapasitas 10,0 liter. Tenaga yang dihasilkan 380 PS pada 2.000 rpm dengan torsi puncak 1.696,5 Nm pada 1.200 rpm. Performanya ini disalurkan melalui transmisi manual 16-percepatan (high/low gear).

Truk yang diklaim sanggup mengangkut beban seberat 40 ton, ternyata sangat mumpuni. Meski baknya diisi beban, tapi truk sanggup merayap naik di tanjakan. Melaju di jalan aspal dan beton, tanpa usaha berarti truk mudah menyentuh 70 kpj.

Hyundai truk test drive1-05

Posisi berkendaranya memberikan visibilitas yang baik. Bahkan saat melakukan manuver di jalam sempit atau berjalan mundur sewaktu parkir. Pergerakan setir juga ringan untuk ukuran truk. Begitupun dengan pedal koplingnya. Memindahkan tuas transmisinya juga tak repot.

Selain Xcient dump truck, kami juga merasakan performa light duty cargo truck Mighty. Truk ini punya kemampuan angkut yang lebih kecil. Saat diuji bak Mighty diisi 200 sak semen dengan total bobot 8 ton.

Hyundai truk test drive5-03

Mighty juga tersedia dalam 2 jenis, EX-5 dan EX-8. Unit yang kami uji EX-8 yang memakai 6 ban. Truk light duty ini bermesin turbodiesel 4-silinder berkapasitas 4.0 liter. Tenaganya 130 PS pada 2.900 rpm dengan torsi 372,6 Nm pada 1.800 rpm. Mighty memakai transmisi manual 5-speed.

"Kami luncurkan tahun depan. Saat ini masih dalam tahap pengenalan. Kami juga mengadakan roadshow ke beberapa pertambangan dan berikan kesempatan konsumen untuk mencoba langsung kemampuannya," ujar Iki Wibowo, Director PT Hyundai Oto Komersial Indonesia.

Berapa harganya? "Belum. Masih kami cari value for money yang terbaik untuk konsumen Hyundai Truck Indonesia," tutupnya. (RS/Odi)

Baca Juga: Hyundai Kembangkan Airbag Pertama Untuk Sunroof

      • Overview
      • Tentang Kami
      • Kontak Kami
      • Others
      • Kebijakan Privasi
      • S&K
      • Dapatkan di Google Play
      • Tersedia di App Store