Hyundai Kembangkan Airbag Pertama Untuk Sunroof

Hyundai Kembangkan Airbag Pertama Untuk Sunroof

Airbag penting bagi keselamatan. Makanya mobil premiun memiliki lebih dari dua kantung udara untuk jaminan keselamatan. Tak cukup dengan airbag yang ada, Hyundai Mobis, bagian dari Hyundai Motor Group, mengembangkan sistem airbag baru untuk sunroof. Inilah debut pertama di dunia. Sistem kantung udara untuk sunroof panoramic semakin menjamin keselamatan penumpang di dalam kabin.

Dilansir dari pemberitaan situs Paultan.org, Hyundai Mobis menyelesaikan uji jalan dan sejumlah pengetesan lain untuk airbag sunroof mereka pada bulan ini. Pengujian termasuk ketahanan terhadap panas dan getaran. Teknologi baru itu juga sudah mendapatkan izin untuk diproduksi massal.

Pihak Hyundai Mobis, sebelumnya mengutarakan ide teknologi ini pada konferensi keselamatan otomotif global yang dihelat di Amerika Serikat, Juni lalu. Teknologi itu, kemudian menarik perhatian para institusi besar terkait industri dan keselamatan jalan di sana.

Panoramic roof tucson diesel

Sistem kantung udara sunroof panoramic mengurangi cedera dengan mencegah penumpang terlempar dari sunroof saat mobil terguling, misalnya. Dalam pengujian menggunakan boneka, terlihat airbag pada sunroof mencegah penumpang terempas keluar dan menjadi bantalan kepala saat terjadi kecelakaan. Sistemnya mirip dengan model airbag tirai yang mengembang dari belakang ke bagian depan. Sensor lantas mendeteksi kalau terjadi perubahan dari sudut laju mobil dan kantung udara mengembang otomatis. Saat dihitung, hanya memerlukan waktu 0,08 detik untuk mengembang.

Dijelaskan lebih lanjut, struktur dari kantung udara pada sunroof, jauh lebih rumit ketimbang airbag pada umumnya. Diperlukan riset lanjutan untuk memastikan airbag itu bisa mengembang dengan stabil dan aman saat dibutuhkan. Hyundai Mobis menargetkan model SUV premium sebagai yang pertama mendapatkan kantung udara sunroof panoramic. Mereka juga berniat menjadi pemimpin di bidang airbag canggih.

Saat ini, sebagai yang paling dasar, mobil punya satu airbag untuk pengemudi. Biasanya dua kantung udara di bagian depan dianggap sudah cukup. Mobil lain yang lebih premium, menargetkan pasar untuk mengangkut orang banyak biasanya punya airbag lebih dari dua. Dengan tambahan pada sisi samping dan tirai pada jendela samping. Dengan adanya airbag pada sunroof semakin menjaga nyawa penumpang di dalam kabin saat terjadi kecelakaan. (Tom/Odi)

Baca Juga: Hyundai Cegah Anak Tertinggal di Dalam Mobil

Sumber: Paultan

Model Mobil Hyundai

  • Hyundai Palisade
    Hyundai Palisade
  • Hyundai H100
    Hyundai H100
  • Hyundai Tucson
    Hyundai Tucson
  • Hyundai Ioniq
    Hyundai Ioniq
  • Hyundai Santa Fe
    Hyundai Santa Fe
  • Hyundai Kona
    Hyundai Kona
  • Hyundai H1
    Hyundai H1
  • Hyundai Kona Electric
    Hyundai Kona Electric
  • Hyundai Grand i10
    Hyundai Grand i10
Mobil Hyundai

Coronavirus

Anda mungkin juga tertarik

  • Yang Akan Datang

Video Mobil Hyundai Terbaru di Oto

Oto
Tonton Video Mobil Hyundai