• Wishlist

McLaren 600LT Spider Menandai Produksi Mobil yang ke-20.000

McLaren 600LT Spider Menandai Produksi Mobil yang ke-20.000

McLaren Automotive merayakan perakitan mobil ke-20,000. Selebrasi digelar di McLaren Production Centre (MPC) Woking, Surrey. Unit yang menjadi milestone ialah 600LT Spider, setir kanan dengan warna Chicane Grey dari lini Sports Series. Edisi yang menjadi babak baru kiprah McLaren Longtail dan semua slot produksi varian Coupe telah terisi.



Tonggak sejarah terbaru, kata perusahaan, merepresentasikan pencapaian yang sangat signifikan. Tentunya sejak delapan tahun, McLaren road-car pertama keluar dari Production Centre pada Juli 2011. Sementara produksi McLaren mencapai lebih dari 4,800 mobil sepanjang tahun lalu. Untuk memenuhi permintaan global yang terus meningkat, hasil produksi tetap dipertahankan pada kisaran 5,000 unit saban tahun. Sampai tahun berikutnya bakal terus dipertahankan, meski perkembangan permintaan pasar.


Untuk diketahui, McLaren Automotive saat ini memiliki lebih dari 2,300 orang pegawai. Ragam mobil yang diproduksi kian bertambah. Bahkan brand bespoke dari divisi khusus, McLaren Special Operations (MSO), memberikan proporsi kontribusi yang besar. Meski tak disebut komposisinya berapa, tahun lalu Group McLaren mengantongi laba £1,2 miliar.


Tahap awal pergantian produksi kedua pada 2016, sanggup memenuhi permintaan global yang meningkat. Pabrikan mengatakan, produksi naik dua kali lipat. Dari sekitar 10 mobil menjadi lebih dari 20 mobil saban hari. Lebih dari 90 persen mobil McLaren diproduksi di Woking, lalu dipasarkan ke lebih dari 32 negara di seluruh dunia.


“Pencapaian kami atas produksi 20,000 unit mobil adalah tonggak sejarah penting bagi McLaren Automotive. Tahun lalu kami merakit lebih dari 4,800 unit mobil. Dan kami berencana mempertahankan produksi sekitar 5,000 kendaraan per tahun kelak. Jujur saja, permintaan atas produk kami terus berkembang. Namun kami bertujuan untuk menyeimbangkannya (antara suplai dan deman). Tujuannya tak lebih, untuk menjaga eksklusifitas dari merek yang spesial ini,” terang Mike Flewitt, Chief Executive Officer McLaren Automotive.


Jens Ludmann, Chief Operating Officer, McLaren Automotive menambahkan. “Ini merupakan bukti dari kerja keras, dedikasi dan komitmen dari para pegawai McLaren Production Centre kami. Saat ini pabik mampu memproduksi 20 kendaraan per hari dari beragam jenis tipe dan varian kendaraan,” imbuhnya.


Sekadar info tambahan. McLaren Production Centre didesain oleh Foster + Partners, sebuah perusahaan arsitek besar di Inggris. Dalam menukangi rancangan pabrik, mereka membutuhkan waktu 14 bulan. Dimulai dari pemaparan ide hingga berlanjut aktualisasi. Dari 2010 sampai 18 Juli 2011. Barulah mobil pertama, McLaren 12C, diluncurkan dan disetujui untuk dipasarkan. (Alx/Odi)


Sumber: McLaren


Baca Juga: Mengenang Ayrton Senna, McLaren P1 GTR Disulap Bergaya Formula 1